Feed

Waspada, Ini 3 Aplikasi Bahaya Terkait Pemilu 2024



Bloomberg Technoz, Jakarta – Berbagai ancaman bahaya mengintai masyarakat menjelang momentum pemilihan umum (Pemilu) 2024. Tak hanya terkait lingkungan nyata sosial dan politik, tetapi juga di ranah maya melalui beredarnya aplikasi berbahaya yang memanfaatkan hangatnya isu Pemilu saat ini.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan saat ini terdapat tiga malware yang teridentifikasi berkaitan dengan Pemilu dan menghadirkan ancaman serius terhadap keamanan dan privasi data pengguna. Maka itu, BSSN mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap tiga malware dengan ekstensi APK tersebut.

“Mari tingkatkan kewaspadaan kita bersama, menjaga ruang siber Indonesia untuk keamanan diri dan orang-orang yang kita cintai,” demikian tertulis di laman media sosial BSSN, dikutip Minggu (11/2/2024).

Malware merupakan program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer, server, atau jejaring komputer tanpa izin pemiliknya.

Dalam kasus ini, malware berfungsi untuk mengambil informasi dan kredensial dari perangkat yang terinfeksi. Mirip dengan malware sebelumnya yang beredar di masyarakat, salah satu penyebarannya melalui pesan WhatsApp.

Berikut tiga malware terkait Pemilu 2024 dengan ekstensi APK :

  1. CEK DATA PEMILIHAN UMUM 2024.APK dengan waktu pembuatan 31 Januari 2024
  2. Daftar Pemilu 2024.APK dengan waktu pembuatan 8 Juli 2023
  3. Simulasi Pemilu Pilpres 2024.txt.APK dengan waktu pembuatan 28 Januari 2024 





Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed