Connect with us

VIRAL

Viral, Konser Musik di Tangerang Saat Pandemi COVID-19

Viral, Konser Musik di Tangerang Saat Pandemi COVID-19


VIVA – Viral video pertunjukan konser musik di Pasar Lama, Kota Tangerang. Padahal, konser dilarang lantaran pandemi virus COVID-19 belum usai di Tanah Air.

Terkait hal ini, polisi mengaku akan menyelidiki hal tersebut. Kapolres Metro Tangerang Kota, Komisaris Besar Polisi Deonijiu De Fatima mengatakan pihaknya belum mendapati laporan akan hal ini. Menurutnya, bisa saja video tersebut video konser yang sudah lama. Tapi, pihaknya akan menelusuri kejadian dalam video yang viral itu.

“Bisa saja barang-barang lama sengaja dibuat, kami cari tahu dulu, selidiki dulu, anggota di wilayah selidiki dulu,” kata dia kepada wartawan, Senin 12 April 2021.



Source link

Advertisement
Click to comment

VIRAL

Hati-Hati! Ini 5 Fakta Ilmiah Viralnya Semangka Digoreng

Hati-Hati! Ini 5 Fakta Ilmiah Viralnya Semangka Digoreng


Ternyata berbahaya bagi kesehatan

Baru-baru ini, viral video seseorang menggoreng buah semangka di dalam wajan penggorengan. Minyak goreng dalam wajan itu pun langsung meletup begitu potongan buah semangka dimasukkan ke dalamnya. Meski begitu, orang di dalam video itu tetap santai dan lanjut menggoreng sisa potongan buah semangkanya.

Dikutip dari Kompas, ahli gizi menyebutkan bahwa buah semangka yang digoreng seperti itu ternyata berdampak negatif bagi kesehatan. Selengkapnya, simak 5 fakta ilmiahnya berikut ini.

1.

Vitamin yang dikandung semangka jadi hilang


Viral semangka digoreng berbahaya bagi kesehatan | www.kompas.com

Buah semangka mengandung berbagai zat gizi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, C, serta mineral potassium. Namun, manfaat baik dari zat gizi tersebut akan hilang jika buah semangka dipanaskan dalam wajan penggorengan tradisional seperti itu.

Jika dipanaskan, terjadi kerusakan senyawa-senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan” ujar Dwi Budiningsari, ahli gizi di Universitas Gajah Mada.

2.

Menambah kadar lemak dan kalori


Ilustrasi semangka digoreng | bacabaca5home.files.wordpress.com

Tidak hanya menghilangkan vitamin baik, proses penggorengan buah semangka juga mengakibatkan kadar air di dalamnya hilang dan terganti dengan minyak. Parahnya, minyak yang terserap itu pun kemudian menambah kandungan lemak atau kalori dalam buah semangka. Duh, jadi gagal diet deh!

Ruang yang diisi oleh molekul-molekul air akan tergantikan oleh minyak. Kandungan air dalam semangka sebanyak 91-92 persen, sehingga ruang tadi diisi oleh minyak yang banyak pula,” kata Lily Arsanti Lestari, pengajar Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gajah Mada.

3.

Menyebabkan radikal bebas


Semangka digoreng | www.sangatviral.com

Air buah semangka yang masuk ke dalam minyak goreng juga mengakibatkan efek radikal bebas yang buruk bagi kesehatan. Seperti dijelaskan oleh Lily Arsanti Lestari berikut ini.

Karena kandungan air yang tinggi ketika digoreng, air dalam buah akan masuk ke minyak yang dapat menyebabkan minyak lebih mudah terhidrolisis dan teroksidasi menghasilkan radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan” jelasnya.

4.

Dari kategori makanan baik, langsung berubah jadi buruk


Viral semangka digoreng | pangan.sariagri.id

Ahli gizi Dwi Budiningsari menjelaskan terdapat tiga kategori makanan yang dilambangkan dalam tiga warna.

Warna hijau untuk makanan paling sehat yang sebaiknya dimakan setiap hari. Warna kuning untuk makanan sedang yang perlu diwaspadai. Warna merah untuk makanan tidak sehat yang perlu dibatasi dan bahkan dihindari. Karena mengandung kalori, lemak, garam, atau gula yang tinggi.

Maka semangka yang tadinya termasuk kategori hijau akan berubah menjadi kategori merah jika melalui proses penggorengan” kata Dwi.

5.

Digoreng boleh saja, asalkan…


Menurut Lily, buah-buahan seperti semangka boleh saja digoreng. Akan tetapi, buahnya tidak digoreng di wajan penggorengan tradisional seperti yang ada pada video viral itu. Untuk penggorengan buah, sebaiknya dilakukan dengan teknik vacuum frying seperti pada pembuatan kripik buah.

Cara ini terbilang lebih aman, namun tetaplah kurang sehat. Karena zat gizi dalam buah semangka yang digoreng akan mudah rusak dan bahkan hilang. Biasanya, buah yang digoreng menjadi kripik hanyalah salah satu alternatif untuk memperpanjang umur simpannya.

Yang paling baik untuk kesehatan, sebaiknya buah semangka langsung dikonsumsi dalam kondisi masih segar tanpa diolah macam-macam.

Artikel Lainnya

Wah, lumayan ngeri juga ya fakta-faktanya! Mulai sekarang, kalau mau tetap sehat nggak pelu makan yang aneh-aneh ya! Bagaimana menurutmu?

Tags :




Source link

Continue Reading

VIRAL

Bang Sapri Meninggal Dunia, Rizky Billar Bilang Begini

Bang Sapri Meninggal Dunia, Rizky Billar Bilang Begini



Rizky Billar. Foto: Instagram/rizkybillar

jpnn.com, JAKARTA – Aktor Rizky Billar turut berduka atas meninggalnya komedian Bang Sapri.

Kekasih Lesti Kejora itu merasa sangat kehilangan saat tahu Bang Sapri meninggal dunia.

“Kita mungkin baru beberapa bulan kenal, tetapi cukup bagi saya untuk mengenal abang sebagai orang baik, sosok yang ceria, serta totalitas dalam bekerja,” ungkap Rizky Billar melalui akun miliknya di Instagram, Selasa (11/5).

Pesinetron Jodoh Wasiat Bapak itu menilai Bang Sapri sangat disayang oleh sang pencipta.

Rizky Billar tidak ketinggalan mengucap terima kasih kepada mendiang Bang Sapri yang selalu menghibur.

“Bang Sapri, tuhan sayang sama abang, makanya enggak mau abang berlama-lama sakit. Terima kasih sudah menghibur dengan canda dan tawamu,” lanjut Rizky Billar.

Bang Sapri meninggal dunia di Rumah Sakit Sari Asih, Tangerang pada Senin (10/5).

Komedian yang identik dengan pantun itu mengembuskan napas terakhir setelah berjuang sembuh dari penyakit gula darah.

Sebelum wafat, Bang Sapri sempat dirawat di rumah sakit sejak pekan lalu. (ded/jpnn)





Source link

Continue Reading

VIRAL

Penempatan PMI ke Taiwan Dapat Dibuka Kembali Seiring Penurunan Kasus Covid-19

Penempatan PMI ke Taiwan Dapat Dibuka Kembali Seiring Penurunan Kasus Covid-19


Selasa, 11 Mei 2021 – 09:09 WIB

Penempatan PMI ke Taiwan Dapat Dibuka Kembali Seiring Penurunan Kasus Covid-19

Kementerian Ketenagakerjaan berencana akan segera membuka Kembali penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri, khususnya ke Taiwan. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan berencana akan segera membuka Kembali penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri, khususnya ke Taiwan.

Pembukaan penempatan akan memperhatikan angka kasus Covid-19 di Indonesia maupun di negara penempatan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pihaknya telah menerima surat dari Ministry of Labour (MoL) Taiwan tentang rencana pembukaan penempatan PMI ke Taiwan.

Salah satu syarat penempatan Kembali ke Taiwan adalah angka pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia di bawah angka 5.000 orang/hari selama seminggu berturut-turut.

“Pemerintah sangat serius dan terus bekerja keras menurunkan angka penularan Covid-19. Alhamdulillah pada 9 Mei kemaren, jumlahnya terus menurun menjadi 3.922 kasus baru Covid-19. Jika angka ini dapat terus kita tekan, maka penempatan PMI ke Taiwan dapat segera dibuka Kembali,” kata Menaker Ida melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker hari Selasa (11/5).

Menaker Ida menjelaskan, ketentuan pembukaan penempatan PMI ke Taiwan tersebut berdasarkan pada pertemuan MoL Taiwan dengan CECC (Central Epidemic Command Center).

Selain angka penambahan kasus, untuk dapat menempatkan kembali PMI ke Taiwan, Pemerintah Indonesia juga telah melakukan langkah-langkah pembaharuan SOP Penempatan PMI pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru ke Taiwan. SOP ini memuat di antaranya penerapan protocol Kesehatan secara ketat sebelum calon PMI (CPMI) berangkat ke luar negeri.

“Apabila kondisi yang dipersyaratkan Taiwan telah terpenuhi, maka Kemnaker akan segera menginformasikan kepada Otoritas Taiwan sebagai dasar untuk membuka kembali penempatan PMI ke Taiwan,” terang Ida Fauziyah.

SPONSORED CONTENT

loading…

loading…





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close