Feed

Veda hampir dapatkan podium pertamanya setelah finis keempat di Assen



Jakarta (ANTARA) – Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama hampir mendapatkan podium pertamanya di Red Bull Rookies Cup 2024 setelah ia finis keempat pada race 1 seri keempat ajang balapan kelas Eropa itu di Sirkuit TT Assen, Belanda, Sabtu.

Veda memulai balapan 15 lap di Assen pada posisi yang kurang menguntungkan dirinya yaitu pada posisi 12. Meski memulai start dari grid yang cukup jauh, pembalap 15 tahun itu tetap tak kehilangan akal untuk tetap tampil maksimal.

Setelah balapan dimulai, ia langsung melesat di posisi keenam sebelum kemudian ia menajamkannya ke posisi ketiga pada lap kedua, di bawah pembalap Argentina Valentine Perrone dan pembalap Spanyol Brian Uriarte.

Pembalap asal Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu lalu semakin cepat untuk kemudian mengambil alih posisi pertama pada lap ketiga.

Baca juga: Veda Ega Pratama selesaikan seri Sirkuit Mugello di posisi delapan

Memasuki lap kelima, Veda kehilangan posisi pimpinan balap karena ia harus turun ke posisi keempat. Ia sempat naik satu strip ke posisi ketiga sebelum kemudian turun kembali ke posisi kelima.

Pada lap kedelapan, ia naik ke posisi keempat dan kemudian cukup lama berada di posisi empat besar sebelum kemudian ia turun ke posisi ketujuh pada lap 13 ketika jarak rombongan pembalap depan saling mendekat.

Pada lap terakhir, semua pembalap mengerahkan segalanya untuk meraih poin maksimal dan Veda yang mulanya ada di posisi ketujuh, melesat naik ke posisi ketiga pada dua tikungan terakhir sebelum garis finis.

Namun, drama yang terjadi ketika dirinya berbenturan pada tikungan terakhir membuat posisi ketiga akhirnya ditempati oleh Perrone, sedangkan dirinya harus puas finis posisi keempat, berjarak 0,658 detik dari pemenang balapan Uriarte yang mengalahkan pembalap Finlandia Rico Salmela di posisi kedua.

Baca juga: Veda Pratama tak senang dengan hasil race 2 di Sirkuit Mugello

Meski gagal podium, torehan ini adalah capaian terbaik sementara Veda pada tahun pertamanya di Red Bull Rookies Cup setelah sebelumnya finis posisi kelima di race 1 Sirkuit Mugello, Italia pada 1 Juni lalu.

Adapun, kemenangan Uriarte membuatnya memuncaki klasemen sementara dengan 127 poin, mengungguli Maximo Quiles di posisi kedua dengan 110 poin, dan Alvaro Carpe di posisi ketiga dengan 107 poin.

Bagi Veda, torehan 13 poin di race 1 Assen masih membuatnya berada di posisi kedelapan dengan 52 poin, jumlah poin yang sama dengan pemilik posisi ketujuh Marco Morelli.

Sesi race 2 Red Bull Rookies Cup di Assen akan digelar pada Minggu (30/6) pukul 20.20 WIB, setelah selesainya race 26 lap MotoGP yang digelar pada hari yang sama pukul 19.00 WIB.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed