Connect with us

FEED

Umat ​​Muslim Indonesia Buka Ramadhan Dengan Vaksin dan Doa Jarak Sosial

Umat ​​Muslim Indonesia Buka Ramadhan Dengan Vaksin dan Doa Jarak Sosial

JAKARTA, Indonesia – Umat Muslim di Indonesia mulai menandai Ramadhan dengan salat berjamaah pada Selasa, sangat kontras dengan masjid kosong tahun lalu ketika bulan paling suci Islam bertepatan dengan dimulainya pandemi virus corona.

Kasus COVID-19 melonjak di negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, tetapi vaksin sedang diberikan dan pemerintah melonggarkan pembatasan. Masjid diizinkan dibuka untuk sholat Ramadhan dengan protokol kesehatan yang ketat, dan dengan mal dan kafe yang dibuka, orang yang lewat dapat kembali melihat tirai yang melindungi pemandangan makanan dari orang-orang yang berpuasa.

Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan dalam pidato yang disiarkan televisi Senin malam bahwa bulan baru telah terlihat. Bulan suci ditandai dengan doa yang intens, puasa subuh hingga senja dan pesta malam.

Tahun lalu, pihak berwenang menutup semua masjid dan ulama mengeluarkan fatwa, atau dekrit, yang mendesak umat Islam untuk sholat di rumah selama bulan suci daripada berkumpul di ruang ramai dan berisiko menyebarkan virus.

Umat ​​Muslim tahun ini mengharapkan kebangkitan virus tetapi semua masjid akan terus mematuhi jarak sosial dan tindakan pencegahan lainnya, yang secara signifikan akan mengurangi kerumunan, kata Nasaruddin Umar, imam masjid agung Istiqlal Jakarta.

“Saya sudah merindukan semua Ramadhan,” kata Umar, “Hati umat Muslim yang setia terikat pada masjid … kerinduan akan pecinta Ramadhan akhirnya terobati hari ini meskipun pandemi belum berakhir.”

Di ibu kota, Jakarta, pihak berwenang mendisinfeksi 317 masjid pada hari Minggu dalam persiapan untuk Ramadan, kata Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Spidol jarak sosial sudah dipasang dan sabun serta hand sanitizer sudah disiapkan.

Pemerintah juga akan mengizinkan orang mengadakan pertemuan “buka puasa” selama Ramadhan di restoran, mal dan kafe, yang dapat melayani pelanggan hingga 50% dari kapasitas mereka dan mengikuti pedoman kesehatan yang ketat.

Iftar terjadi saat matahari terbenam, waktu umat Islam berbuka puasa dan biasanya merupakan waktu utama bagi orang-orang untuk makan malam bersama dengan teman dan anggota keluarga sebelum shalat malam.

“Pelonggaran pembatasan itu seperti menghirup angin segar bagi kita yang penat dengan wabah COVID-19 ini,” kata Anna Mardyastuti, salah satu warga di Jakarta. “Ya, mereka harus bertindak untuk menghentikan virus, tetapi tidak memblokir pintu untuk beribadah atau mengubah tradisi Ramadhan kita sepenuhnya,” katanya.

Indonesia adalah negara yang paling parah terkena dampak di Asia Tenggara dengan lebih dari 1,5 juta infeksi pada hari Senin dan lebih dari 42.600 kematian.

Kementerian Kesehatan akan mempertahankan peluncuran vaksin selama Ramadan karena para pejabat mencoba meredakan kekhawatiran atas ajaran Islam bahwa umat Islam harus menahan diri “dari apa pun yang memasuki tubuh” antara matahari terbit dan terbenam.

Badan ulama Muslim terkemuka di Indonesia mengatakan Muslim yang memenuhi syarat untuk vaksinasi tidak hanya diizinkan tetapi juga “diwajibkan” untuk mendapatkannya selama Ramadan.

Meski umat Islam pantang semua makanan dan minuman di siang hari selama Ramadhan, vaksin masuk ke otot bukan ke aliran darah dan bukan nutrisi, jadi tidak membatalkan puasa, kata Asrorun Niam Sholeh, ketua fatwa Majelis Ulama Indonesia.

“Jika kami terus meminum vaksin kami, kami dapat memastikan bahwa Ramadhan berikutnya kami kembali normal,” kata Sholeh.

Beberapa lokasi vaksin di Jakarta memperpanjang jam buka sehingga umat Islam bisa datang setelah berbuka puasa.

Indonesia berencana untuk memvaksinasi dua pertiga dari populasi sekitar 270 juta orang – atau lebih dari 180 juta orang pada akhir tahun depan. Prioritas saat ini adalah petugas kesehatan, lansia dan populasi berisiko lainnya, dan vaksin dua dosis akan gratis untuk semua orang Indonesia.

Advertisement
Click to comment

FEED

Inspirasi Gaya Makeup Bikin Tampil Percaya Diri saat Lebaran : Okezone Lifestyle

Inspirasi Gaya Makeup Bikin Tampil Percaya Diri saat Lebaran : Okezone Lifestyle


Saat Hari Raya Idul Fitri, perempuan tak hanya sibuk memikirkan tampilan busana. Gaya makeup yang akan diaplikasikan juga menjadi dipikirkan agar tampil percaya diri saat Lebaran

Meski masih pandemi, namun kita harus tetap antusias tampil cantik dengan memperlihatkan versi terbaik dari kecantikan diri di momen spesial Lebaran. Jika Anda yang termasuk masih bingung hendak mengaplikasikan gaya makeup seperti apa untuk Lebaran nanti, berikut dua ide inspirasi tampilan gaya makeup dari Make Up Director Sociolla, Archangela Chelsea yang bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda di momen spesial Lebaran nanti.

1. Cantik natural

Gaya Makeup

Gaya riasan wajah ini cocok bagi wanita yang menyukai tampilan minimalis, untuk menampilkan kesan riasan natural. Tak hanya terlihat ringan, tapi gaya makeup ini Riasan ini juga sangat fleksibel dengan penggunaan masker. Untuk natural look, pertama aplikasikan dasar make up bisa dengan menggunakan rice toner, sunscreen UV, dan poreless fluid foundation.

Setelah itu dilanjutkan dengan liquid corrector, pilih shade natural cream beige atau pun nude beige serta penekanan garis wajah dengan highlight dan kontur. Usai mempertegas garis wajah agar terlihat ramping dengan kontur, Anda lalu bisa mengaplikasikan warna peach untuk memberikan kesan natural pada pipi. Berlanjut ke area mata, siapkan eyeshadow palette berwarna senada, peach atau pink muda, kemudian brow stroke pencil, dan matte eyeliner hitam.

Sempurnakan tampilan natural ini dengan pulasan lipstik matte warna peach. Chelsea mengingatkan, yang harus diperhatikan pada tampilan natural ini, ialah pastikan untuk blend semua produk yang digunakan secara sempurna dengan beauty blender dan memilih warna-warna yang cenderung ke monokrom untuk membuat tampilan make up tetap terlihat natural dan segar.

2. Gaya bold yang curi perhatian

Gaya Makeup

Mau tampil beda dan menonjol? Makeup gaya bold bisa jadi pilihan. Sentuhan warna hitam dan dark wine adalah kunci utama di tren make up ini, yang berfungsi membuat tampilan riasan semakin menonjol.

Step pertama, aplikasikan pelembab yang membantu menghidrasi kulit, setelah itu persiapkan BB cream dan liquid illuminator untuk menciptakan tampilan shimmer yang halus dan cantik, liquid concealer untuk menutupi jerawat dan kantung mata, serta bedak padat berwarna sesuai dengan shade kulit.

Selanjutnya, pemakaian contouring powder untuk menekankan garis wajah dan blusher berwarna pink untuk kesan merah merona. Untuk di area mata, gunakan eyebrow pensil berwarna coklat dipadu eyeshadow sentuhan abu-abu dan hitam dan tegaskan area mata dengan maskara hitam.

Langkah terakhir, pulas bibir dengan lipstik berwarna dark wine untuk memberikan kesan bold yang mewah. Khusus gaya makeup bold, Chelsea menyarankan untuk tak lupa memakai concealer di area bawah mata karena dengan penggunaan masker, makeup ini akan banyak menonjolkan make up di area mata.



Source link

Continue Reading

FEED

Momentum untuk Bangkit dan Menang Lawan Covid-19

Momentum untuk Bangkit dan Menang Lawan Covid-19



loading…

JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan ucapan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Diketahui, pemerintah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada hari Kamis (13/5/2021) besok.

“Dari Istana Kepresidenan Bogor, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” kata Jokowi dalam ucapannya yang ditayangkan di akun youTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5/2021). Baca juga: Minta Masyarakat Menahan Diri, Puan: Silaturahmi Bisa melalui Video

Ucapan orang nomor satu di Indonesia itu pun juga turut diikuti oleh sang istri tercinta. Iriana juga turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. “Mohon maaf lahir dan bathin,” ujar Iriana melanjutkan.

Dalam ucapan peringatan Hari Raya Idul Fitri, Kepala Negara juga turut memanjatkan doa untuk bangsa Indonesia yang tengah berjuang melawan pandemi Covid-19. “Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum bagi kita semua bangsa Indonesia untuk bangkit dan menang melawan pandemi Covid,” pungkasnya.

(cip)



Source link

Continue Reading

FEED

Lalin di Medan Saat Malam Takbiran Lancar, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik

Lalin di Medan Saat Malam Takbiran Lancar, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik




Petugas gabungan saat melakukan penutupan jalan di Jalan Brigjen Katamso. Foto: Dok. Istimewa


© Disediakan oleh Kumparan
Petugas gabungan saat melakukan penutupan jalan di Jalan Brigjen Katamso. Foto: Dok. Istimewa

Suasana malam takbiran di sejumlah jalan protokol Kota Medan sempat diguyur hujan. Suasana lalu lintas juga terpantau ramai lancar.






© Disediakan oleh Kumparan


Pemkot Medan menutup 32 jalan protokol dengan tujuan mencegah kerumunan di tengah pandemi virus corona. Pantauan kumparan, hujan mengguyur Kota Medan sekitar pukul 20.00-20.30 WIB. Namun, intensitas hujan tidak begitu deras.

Ruas jalan yang ramai lancar terlihat di Jalan Brigjen Hamid, Brigjen Katamso, Jalan Abdul Haris Nasution, Jalan Gagak Hitam, hingga sejumlah ruas jalan di pusat kota. Petugas gabungan terlihat memutar balik kendaraan yang hendak melewati jalan protokol yang ditutup.



Pasukan gabungan saat apel pelarangan takbiran keliling. Foto: Dok. Istimewa


© Disediakan oleh Kumparan
Pasukan gabungan saat apel pelarangan takbiran keliling. Foto: Dok. Istimewa

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut Hadi mengungkapkan petugas yang diterjunkan terdiri dari Polda Sumut, TNI, BPBD, dan Satpol PP.

“Larangan takbiran keliling ini dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19,” ujar Hadi.

Selama patroli, personel tetap mengedepankan sikap humanis saat menyampaikan imbauan larangan takbiran keliling.

Sebagaimana diketahui, penyekatan dilakukan di 32 ruas jalan protokol di Medan. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan penutupan jalan demi mencegah terjadinya klaster corona.



Polisi saat memutar kendaraan warga di Jalan Brigjen Katamso. Foto: Rahmat Utomo/kumparan


© Disediakan oleh Kumparan
Polisi saat memutar kendaraan warga di Jalan Brigjen Katamso. Foto: Rahmat Utomo/kumparan

32 ruas jalan yang ditutup adalah:

1. Jalan Perintis Kemerdekaan Simpang Jalan Timor

2. Jalan Sutomo Simpang Jalan HM Yamin

3. Jalan MT. Haryono Simpang Jalan Irian Barat

4. Jalan Sutomo Simpang Jalan Veteran

5. Jalan Willem Iskandar Simpang Jalan Letda Sujono

6. Jalan Thamrin Simpang Jalan Asia

7.Jalan Thamrin Simpang Jalan Sutrisno

8.Jalan Willem Iskandar Simpang Jalan Cemara

9.Jalan Jamin Ginting Simpang Jalan Gotong Royong.

10. Jalan Jamin Ginting Simpang Jalan Salam Tani.

11. Jalan Sudirman Simpang Jalan S Parman

12. Jalan Dr Mansyur Simpang Jalan Jamin Ginting

13.Jalan Katamso Simpang Jalan Alfalah

14. Jalan SM Raja Simpang Jalan Sakti Lubis

15. Jalan Katamso Simpang Jalan Sakti Lubis

16. Jalan SM Raja Simpang Jalan Tritura

17. Jalan Tritura Simpang Jalan Bajak II

18. Jalan AH. Nasution Simpang Jalan Karya Jaya

19. Jalan Tritura Simpang Jalan STM

20. Jalan Jamin Ginting Simpang Jalan Simalingkar

21. Jalan dr Mansyur Simpang Jalan Sunggal

22. Jalan TB Simatupang Simpang Jalan Amal

23. Jalan Sei Batanghari Simpang Jalan Sunggal

24. Jalan Gatot Subroto Simpang Jalan Ayahanda

25. Jalan Gatot Subroto Simpang Jalan Asrama.

26. Jalan Gatot Subroto Simpang Jalan Kapten Muslim

27. Jalan Yos Sudarso Simpang Jalan Adam Malik

28. Jalan Adam Malik Simpan Jl Teuku Amir Hamzah

29. Jalan Sumarsono Simpang Jalan Kapten Muslim.

30. Jalan Yos Sudarso Simpang Jalan Cilincing

31. Jalan Yos Sudarso Simpang Jalan Bilal.

32. Jalan Perintis Kemerdekaan Simpang Jalan Gaharu



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close