Info

Ukraina Kini Anggota Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dalam pidato hariannya, Kamis (28/9), bahwa Ukraina sekarang adalah anggota Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA).

“Ini bukan hanya menegaskan peran keamanan internasional kita tetapi juga memberi peluang nyata bagi Ukraina untuk mempengaruhi penerapan keputusan yang mengikat bagi para anggota IAEA dan seluruh masyarakat internasional,” kata Zelenskyy.

Ia mengatakan Ukraina akan berusaha keras untuk menjamin keamanan nuklir dan radiasi regional, dan membebaskan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina dari Rusia yang mendudukinya, untuk mengamankan Eropa dari “pemerasan radiasi Rusia.”

Sementara itu, ratusan orang yang sebelumnya terkait dengan kelompok tentara bayaran Wagner “kemungkinan telah mulai kembali dikerahkan ke Ukraina,” sebagai individu dan dalam kelompok-kelompok kecil yang akan berjuang untuk berbagai unit yang pro-Rusia, kata Kementerian Pertahanan Inggris, Jumat (29/9), dalam laporan harian intelijen terbarunya mengenai invasi Rusia di Ukraina.

Disebutkan bahwa laporan itu menunjukkan konsentrasi para veteran Wagner adalah di sekitar kota di bagian timur, Bakhmut, sektor di mana mereka dapat memanfaatkan pengalaman masa lalu mereka.

Pendiri Wagner, Yevgeny Prigozhin, tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia bulan ini, menimbulkan pertanyaan mengenai masa depan pasukannya.

Penyebab kecelakaan pesawat yang menewaskan Prigozhin dan para pemimpin Wagner lainnya belum dipastikan. Namun, banyak pejabat Barat yang menduga ini adalah pembalasan dari Presiden Rusia Vladimir Putin atas pemberontakan yang dipimpin Prigozhin, suatu gerakan pasukan terhadap Moskow yang mendadak ia batalkan.

Dalam pekan-pekan setelah itu, Prigozhin bertemu dengan Putin di Kremlin dan bepergian secara bebas di Rusia sebelum pesawatnya jatuh. [uh/lt]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed