Connect with us

FEED

Ubaya Bersama Kemen Kominfo Gelar Pelatihan Digital Program FGA

Ubaya Bersama Kemen Kominfo Gelar Pelatihan Digital Program FGA

[ad_1]

Universitas Surabaya (UBAYA) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) adakan pelatihan Digital Talent Scholarship 2021 (DTS) program Fresh Graduate Academy (FGA).

Pelatihan ini mengambil tiga tema JAVA (Java Foundations dan Java Programming), Database Design dan Programming with SQL, serta Artificial Intelligence.

“Program FGA merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK yang bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi Industri 4.0,” kata Dekan Fakultas Teknik UBAYA, Eric Wibisono.

Eric Wibisono menambahkan, program ini untuk menyiapkan generasi muda lebih siap dalam memasuki dunia kerja dan dapat bersaing baik di industri dalam negeri maupun luar negeri.

Pelatihan ini terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh peserta disabilitas dengan mengikuti syarat serta ketentuan yang berlaku.

“Tahun ini kami bekerjasama dengan salah satu raksasa teknologi dunia yaitu Huawei, dalam salah satu modul yaitu Artificial Intelligence. Kolaborasi seperti ini adalah bukti bahwa Prodi Teknik Informatika UBAYA diakui secara internasional,” ujarnya.

Pelatihan DTS 2021 program FGA memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa semester akhir atau para lulusan D3/D4/S1 semua jurusan di seluruh Indonesia yang ingin merasakan suasana belajar bersama dosen atau praktisi Ubaya yang ahli di bidang TIK secara gratis.

Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Selain mendapat wawasan dan kemampuan baru, peserta program FGA yang berhasil mengikuti pelatihan hingga selesai akan memperoleh sertifikat completion.

Setelah pelatihan peserta yang memenuhi syarat juga berkesempatan mendapat Sertifikasi Global dari mitra global teknologi dan pasca pelatihan berupa soft skills development.

Materi pelatihan DTS 2021 program FGA telah dipersiapkan oleh mitra global teknologi. Pada kesempatan ini, ada dua mitra global teknologi yang berkolaborasi dengan Ubaya yaitu Huawei dan Oracle Academy. Ada tiga tema pelatihan yang diberikan Ubaya dalam program FGA.

Pertama, JAVA dengan dua materi utama yaitu Java Foundations dan Java Programming. Kedua, Database Design dan Programming with SQL yang bertujuan untuk melibatkan peserta untuk menganalisis skenario bisnis yang kompleks dan membuat model data representasi konseptual dari informasi organisasi.

Kedua, Artificial Intelligence (AI) dengan materi pelatihan AI khususnya yang dikembangkan oleh Huawei. Peserta akan mempelajari pengenalan teknologi AI, Machine Learning, Deep Learning, TensorFlow dan MindSpore, Huawei Atlas AI, Huawei Open AI  dan Huawei Enterprise Intelligence.

Terselenggaranya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan D3/D4/S1 untuk mengurangi angka pengangguran dan mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang TIK.

.

[ad_2]

Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

FEED

Kata Ombudsman Pertanyaan TWK Pegawai KPK Biasa Dipakai untuk Kontra-Intelijen

Kata Ombudsman Pertanyaan TWK Pegawai KPK Biasa Dipakai untuk Kontra-Intelijen

[ad_1]



foto


© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO
foto


TEMPO.CO, Jakarta – Ombudsman RI menemukan dugaan pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan ke pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) biasa digunakan untuk kegiatan kontra-intelijen. Ombudsman menilai pertanyaan itu tidak relevan untuk kebutuhan alih status pegawai menjadi aparatur sipil negara.

“Pertanyaan itu biasa dipakai di lingkungan tentara dan kontra-intelijen,” kata anggota Ombudsman, Robert Endi Na Jaweng dalam acara Ini Budi di kanal YouTube Tempo, Jumat, 23 Juli 2021.

Kontra-intelijen dapat dimaknai sebagai kegiatan untuk melindungi negara dari spionase, sabotase dan kegiatan teroris. Menurut Robert, pertanyaan itu tidak dibutuhkan dalam alih status pegawai menjadi pegawai negeri sipil. “Pertanyaan itu tidak cocok untuk keperluan alih status, tetapi Ombudsman tidak sampai menguji itu,” kata Robert.

Robert mengatakan mendapatkan informasi itu saat meminta keterangan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. BNPT menjadi salah satu lembaga yang digandeng oleh Badan Kepegawaian Negara untuk menyelenggarakan TWK terhadap pegawai KPK.

Robert menjelaskan salah satu kesimpulan investigasi Ombudsman adalah BKN tak memiliki kompetensi untuk menggelar asesmen bagi pegawai KPK. Namun, anehnya BKN sendiri yang secara tertulis mengajukan diri bekerja sama dengan KPK untuk menyelenggarakan TWK. Robert mengatakan menurut keterangan ahli yang diperiksa, BKN seharusnya mengundurkan diri dari kerja sama itu. Namun, BKN tak melakukannya.

Karena itu, Robert menduga, karena tak memiliki alat ukur, maka BKN menggandeng lembaga seperti BNPT, Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat dan badan intelijen lainnya untuk penyelenggaraan TWK. BKN meminjam alat ukur yang dipakai oleh lembaga keamanan dan pertahanan negara tersebut untuk menguji para pegawai KPK.

Menurut Robert, karena alasan itu pula BKN sampai sekarang tidak memiliki hasil lengkap TWK. Bahkan, sulit untuk membuktikan bahwa para asesor yang menguji para pegawai komisi antirasuah, bersertifikat dan berkompetensi melakukan asesmen.

[ad_2]

Source link

Continue Reading

FEED

10 Model Dompet Gantung Lokal Dari yang Bermotif Hingga Elegan

10 Model Dompet Gantung Lokal Dari yang Bermotif Hingga Elegan

[ad_1]

Belakangan ini, banyak sekali produk lokal telah menerapkan kualitas tinggi yang tidak kalah dengan produk luar negeri. Dari mulai produk lokal baju, aksesori, hingga tas. Tas merupakan salah satu barang esensial bagi banyak orang saat berpergian, mau itu tas kecil atau pun besar. Namun, sekarang di tengah masa pandemi ini, tidak sedikit orang yang ingin mengurangi barang bawaan mereka agar praktis dan juga bersih untuk pergi ke luar dengan kepentingan yang singkat. Hanya membawa barang penting mereka seperti handphone dan dompet. 

Tetapi, buat Anda yang menyukai fashion, pastinya bosan jika hanya harus membawa dompet begitu saja dan menggenggamnya. Oleh karena itu, Bazaar telah mengumpulkan beberapa model dompet yang dapat Anda gantung di tubuh atau pun pakaian, yang pastinya akan meningkatkan tampilanmu walau hanya memiliki kepentingan yang singkat. Mari simak dan bangga kenakan produk lokal!

1. Josvli

Courtesy of Josvli

Courtesy of Josvli

Upcycled Lanyard Snake

199,000 rupiah

josvli.com

Merek produk lokal yang berbasis di Jakarta ini, merupakan salah satu merek spesialis tas tangan yang sebagian besar produknya menggunakan bahan kulit. Namun, untuk melengkapi koleksi, Josvli juga memproduksi dompet gantung yang memiliki desain unik nan elegan. Tidak hanya itu, khusus koleksi ini, mereka meluncurkan produknya dengan bekerja sama Lindungi Hutan Indonesia untuk menyelamatkan alam khususnya hutan di Indonesia. Oleh karena itu, dompet gantung ini terbuat dalam balutan kulit daur ulang dan dipadukan dengan pola abstrak. Anda dapat menyimpan uang kertas, koin, dan juga satu bagian transparan untuk kartu.

2. Aesthetic Pleasure

Courtesy of Aesthetic Pleasure

Courtesy of Aesthetic Pleasure

Double Bag Snakeskin Cream

850,000 rupiah

sonderlab.co

Berkolaborasi dengan Sonderlab, Aesthetic Pleasure mengeluarkan produk tas dompet ini yang dapat Anda setel sesuai pilihan Anda. Terbuat dari material kulit bermotif sisik ular berwarna pink pastel, dompet gantung ini dapat menampung uang kertas, koin, dan juga tiga slot kartu. Jika hanya membutuhkan bagian dompet kecil, Anda dengan mudah dapat memisahkan kaitan tas. Dengan begitu, Anda bisa hanya mengalungi bagian tersebut di leher ataupun bahu. 

3. Scipaprock

Courtesy of Scipaprock

Courtesy of Scipaprock

CRC 002 – BIG’O

349,000 rupiah

scipaprock.com

Produk lokal satu memiliki konsep yang terinspirasi dari Jepang. Memiliki konsep yang edgy, merek satu ini tidak hanya memproduksi berbagai macam tas berbentuk unik tetapi juga dompet yang sangat menarik. Dengan ukurannya yang panjang, pastinya dompet gantung satu ini juga dapat menampung handphone Anda. Koleksi ini hadir dengan dua ukuran, untuk yang satu lainnya memiliki ukuran yang lebih kecil.

4. Admision

Courtesy of Admision

Courtesy of Admision

Crochet Card Holder

225,000 rupiah

shopadmision.com

Hadir dengan tiga warna pilihan yaitu Mocca, Wine, dan Black, dompet mungil ini terbuat dari bahan rajutan yang diproses secara manual dengan tangan. Pemesanannya yang membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari pengerjaan, sangat setimpal dengan produk yang dihasilkan. Namun, karena ukuran dompet yang kecil dan hanya menggunakan kaitan magnet, dompet ini hanya dapat menampung uang kertas dan juga beberapa kartu. Untuk pemakaiannya bisa pada bagian sabuk celana atau mempadukannya dengan strap pribadi yang dapat Anda kalungkan.

5. Wallts

Courtesy of Wallts

Courtesy of Wallts

Koleksi Kara

179,900

walltswallet.com

Merek satu ini hanya mendedikasikan produknya untuk dompet bergaya kasual. Berbagai macam dompet ada, dari mulai dompet panjang, dompet kunci, dan sudah pasti dompet gantung. Wallts membuat beberapa koleksi khusus untuk dompet gantungnya, namun koleksi Kara ini adalah yang paling praktis. Anda dapat menampung uang kertas, koin, empat slot kartu, dan juga tambahan satu slot transparan yang dapat Anda gunakan untuk kartu berfoto. Pastinya dengan tampilan yang kasual, cocok banget untuk Anda yang bekerja. Tidak lupa juga, Wallts memiliki banyak sekali motif dompet dan juga strap kalung yang senada untuk Anda.

6. Saat Senggang

Courtesy of Saat Senggang

Courtesy of Saat Senggang

Trio Bundle – Pastel Tints

199,000 tupiah

tokopedia.com

Buat Anda yang menyukai bahan rajut, selain Admision juga ada Saat Senggang yang bisa menemani tampilan Anda. Produk set ini mencakup tiga barang yaitu kantong besar yang mungkin dapat digunakan untuk makeup kecil Anda, kantong kecil untuk uang, dan juga cermin kompak. Dompet gantung ini cocok bagi Anda yang menyukai tampilan fun dan juga kasual. 

7. Levaya

Courtesy of Levaya

Courtesy of Levaya

Lova Phone Wallet

125,000 rupiah

levaya.id

Bermotif simpel, namun dompet ini bukan seperti layaknya dompet gantung. Produk dari Levaya ini, dapat menampung sangat banyak barang Anda yang mungkin dapat dibilang seperti layaknya tas kecil. Terdapat dua kompartemen yang cukup besar di dalamnya dan juga tiga slot kartu yang sangat luas. Tak hanya itu, Lova Phone Wallet ini hadir dengan sembilan pilihan warna dari natural, pastel, hingga warna cerah.

8. Srw

Courtesy of Srw

Courtesy of Srw

Mini Candy

800,000 rupiah

srw.id

Merek produk lokal yang cukup dikenal dengan tampilannya yang unik ini, memiliki ukuran mini dari seri koleksi Candy Bag-nya. Walau masih diberikan kategori sling bag, tas ini memiliki ukuran cukup kecil yang dapat Anda gunakan menjadi dompet praktis Anda. Tampilannya yang elegan, membuat produk ini cocok untuk Anda gunakan dengan outfit semi formal ataupun formal. Srw juga merilis Mini Candy ini dengan beberapa warna yang dapat Anda pilih sesuai selera.

9. Kawah Goods

Courtesy of Kawah Goods

Courtesy of Kawah Goods

REI – Walnut

299,000 rupiah

kawahgoods.com

Kembali dengan material rajut, Kawah Goods juga menawarkan produk dengan tampilan yang lebih edgy namun tetap cantik dari dua produk rajut sebelumnya. Tampak memiliki ukurang yang mungil, produk ini dilengkapi dengan tampilan yang sangat detail seperti knotting pada bagian talinya serta dirilis dengan dua pilihan warna.

10. Sapto Djojokartiko

Courtesy of Saptodjojokartiko

Courtesy of Saptodjojokartiko

Courtesy of Saptodjojokartiko

Courtesy of Saptodjojokartiko

SRI SLING POUCH PENARA

3,800,000 rupiah

saptodjojokartiko.com

Bagi Anda penggemar fashion dan produk lokal, pastinya tahu merek yang satu ini. Sapto Djojokartiko merupakan salah desainer ternama asal Solo yang telah melebarkan sayapnya di industri fashion Tanah Air. Tidak hanya merancang baju ataupun gaun, pada koleksinya Ia juga merancang beberapa pouch mini yang praktis dengan motif kebaya yang sangat elegan. Pouch ini cocok untuk datang ke acara formal dan juga semi-formal karena motifnya yang berkelas. Untuk menemani koleksi Sri Sling Pouch Penara, Sapto Djojokartiko juga merilis Coin Purse Penara dengan warna yang senada.

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Josvli, Aesthetic Pleasure, Scipaprock, Admision, Wallts, Saat Renggang, Levaya, Srw, Kawah Goods, Sapto Djojokartiko)

[ad_2]

Source link

Continue Reading

Berita

Insentif Nakes di Jawa Barat Terlambat, DPRD: Saya Prihatin

Insentif Nakes di Jawa Barat Terlambat, DPRD: Saya Prihatin

[ad_1]

JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat prihatin dengan temuan keterlambatan pembayaran insentif bagi tenaga kesehatan yang jadi garda terdepan dalam penanggulangan COVID-19. Hal ini seperti yang terjadi di Kabupaten Garut.

“Saya prihatin di Kabupaten Garut ini menjadi persoalan yang barang kali perlu ada upaya perbaikan dari leading sektor dalam hal ini mungkin Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat agar para nakes ini betul-betul mendapatkan perhatian dari sisi haknya,” kata Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Kaca di Bandung, dilansir Antara, Jumat, 23 Juli.

Berdasarkan informasi yang dihimpun olehnya, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat baru menyalurkan insentif untuk para tenaga kesehatan penanganan sebesar 34 persen dan di Jawa Barat sendiri jumlah nakes penerima insentif mencapai 41.000 lebih.

Ade Kaca tidak menampik hal ini dikarenakan fakta di lapangan contohnya di Kabupaten Garut saja ini menjadi persoalan yang banyak dikeluhkan oleh para tenaga kesehatan (nakes).

Menurut dia dengan resiko tinggi yang diemban oleh para tenaga kesehatan maka mempercepat pembayaran insentif nakes harus diprioritaskan di masa krisis pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Pihaknya berharap ke depan jangan sampai terulang kembali terkait penyaluran insentif bagi nakes yang mengalami keterlambatan.
“Ketika mereka sudah bekerja dengan segala pengorbanannya maka haknya harus diberikan, uangnya kan ada kenapa harus jadi lambat, maka dari itu saya mendorong kepada Dinas Kesehatan agar kejadian ini jangan terulang kembali,” kata dia.

Dia menemukan fakta di lapangan permasalahan mengenai insentif banyak dikeluhkan oleh para tenaga kesehatan.

Menurutnya, dengan risiko tinggi yang diemban oleh para tenaga kesehatan maka mempercepat pembayaran insentif nakes harus menjadi prioritas di masa pandemi COVID-19 saat ini.

.

[ad_2]

Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close