Business is booming.

Turis ini mengeluh melihat Nusa Penida penuh sampah


Bali sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia. Banyak turis mancanegara yang datang ke Pulau Dewata ini untuk berlibur, merasakan tradisi dan adat yang masih kental, dan juga menikmati pemandangan asri. Namun, ada satu masalah yang kerap mencoreng nama Bali, yaitu sampah. Sampah di berbagai tempat wisata sudah beberapa kali menjadi isu serius di Bali.

Salah satunya adalah pantainya yang sering mendapat “kiriman” plastik dari lautan hingga ulah pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Seperti diceritakan oleh seorang turis asing yang bernama Siobhán Mac Court ini. Dalam unggahan Instagramnya, dia mengungkapkan rasa kecewanya melihat Nusa Penida yang tidak seperti apa yang selama ini tampak di media sosial.

Awalnya, Siobhan berharap melihat Nusa Penida yang asri, pemandangan pantai dan lautnya bersih sehingga cocok untuk foto-foto. Tapi, kenyataannya Nusa Penida yang dilihatnya malah penuh dengan sampah dan koral mati. Dia pun mendokumentasikan apa yang dia lihat dan diunggah ke media sosial.

Saya sudah melihat review dan foto bagus tentang pulau ini. Tapi apa yang kulihat dan rasakan sangat jauh dari kesan bintang lima yang ada digemborkan,” tulis turis asal Irlandia ini dari akun Instagramnya.

Baca juga: Parah! Bagi Orang Indonesia, Buang Sampah di dalam Bioskop Itu Lumrah karena Alasan Sepele

Bukan cuma Bali saja yang menghadapi masalah sampah ini, tapi di hampir seluruh dunia. Bahkan, Pulau Henderson yang sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO saja dipenuhi sampah. Yang pasti sampah ini nggak datang tiba-tiba, tapi karena ulah manusia.

Yuk mulai ubah kebiasaan membuang sampah sembarangan dan kurangi penggunaan plastik demi Bumi yang lebih baik untuk anak cucu.



Source link