Connect with us

FEED

Trump Powerbroker Tom Barrack Didakwa Bertindak sebagai Agen UEA

Avatar

Published

on

Trump Powerbroker Tom Barrack Didakwa Bertindak sebagai Agen UEA

(LOS ANGELES) — Ketua komite pelantikan mantan Presiden Donald Trump 2017 ditangkap Selasa atas tuduhan bahwa dia diam-diam berkonspirasi untuk mempengaruhi kebijakan AS demi keuntungan Uni Emirat Arab, bahkan ketika dia sedang mencari posisi sebagai diplomat Amerika.

Tom Barrack, 74, dari Santa Monica, California, termasuk di antara tiga pria yang didakwa di pengadilan federal di Brooklyn, New York, dengan bertindak sebagai agen asing yang tidak terdaftar ketika mereka mencoba mempengaruhi kebijakan AS atas nama UEA ketika Trump mencalonkan diri pada 2016 dan kemudian ketika dia menjadi presiden.

Dakwaan itu masuk ke jantung hubungan dekat AS yang lama dengan UEA dan secara langsung mengikat penguasa de factonya, Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan, dengan tuduhan Barrack.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Selain konspirasi, Barrack didakwa menghalangi keadilan dan membuat beberapa pernyataan palsu selama wawancara Juni 2019 dengan agen federal. Juga didakwa dalam tujuh dakwaan adalah Matthew Grimes, 27, dari Aspen, Colorado, yang merupakan mantan eksekutif di perusahaan Barrack, dan Rashid al Malik, 43, seorang pengusaha dari Uni Emirat Arab yang menurut jaksa bertindak sebagai saluran untuk penguasa bangsa itu.

Salah satu teman dekat Trump selama beberapa dekade, Barrack adalah yang terbaru dalam antrean panjang rekanan mantan presiden untuk menghadapi tuntutan pidana, termasuk mantan ketua kampanye, mantannya wakil ketua kampanye, mantannya kepala ahli strategi, mantannya penasihat keamanan nasional, mantannya pengacara pribadi dan perusahaannya lama kepala Bagian Keuangan.

Barrack dan Grimes ditangkap di California Selatan sementara al Malik buron, diyakini tinggal di suatu tempat di Timur Tengah, kata pihak berwenang. Dalam dokumen pengadilan, jaksa mengatakan al Malik tinggal di Los Angeles selama bertahun-tahun sebelum melarikan diri dari AS tiga hari setelah wawancara April 2018 oleh penegak hukum. UEA, yang menampung ribuan tentara dan pesawat AS di Semenanjung Arab, tidak menanggapi permintaan komentar pada Rabu atas dakwaan tersebut.

Pada sidang awal di pengadilan federal Los Angeles, pengacara Barrack, Ronak D. Desai, setuju bahwa kliennya dapat tetap ditahan sampai sidang Senin depan setelah jaksa mengajukan argumen tertulis yang mengatakan ia harus ditolak jaminannya karena berisiko melarikan diri.

Hakim Hakim AS Patricia Donahue menyebut Grimes sebagai “risiko serius untuk melarikan diri” dan juga memerintahkan dia ditahan sambil menunggu sidang Senin.

Pengacara Michael Freedman, mewakili Grimes, mengatakan kliennya tidak memiliki sejarah kriminal, tidak lagi bekerja untuk perusahaan Barrack dan tidak memiliki akses yang menurut penyidik ​​pernah dimilikinya.

“Dia adalah individu tingkat rendah dalam semua ini,” kata Freedman.

Tidak ada pria yang mengajukan permohonan.

Barrack mengumpulkan $ 107 juta untuk perayaan pelantikan Trump, yang diteliti baik karena pengeluarannya yang mewah dan untuk menarik banyak pejabat asing dan pebisnis yang ingin melobi pemerintahan baru.

Sementara dakwaan tidak membuat tuduhan kesalahan oleh komite pelantikan, atau oleh Trump – yang disebut hanya sebagai “Calon”, “Presiden Terpilih” dan “Presiden” – dikatakan Barrack membual bahwa dia telah berusia 30-an. mitra tahun Trump dan dapat membantu UEA mendapatkan pengaruh AS.

“Para terdakwa berulang kali memanfaatkan persahabatan Barrack dan akses ke kandidat yang akhirnya terpilih sebagai Presiden, pejabat tinggi kampanye dan pemerintah, dan media Amerika untuk memajukan tujuan kebijakan pemerintah asing tanpa mengungkapkan kesetiaan mereka yang sebenarnya,” Penjabat Asisten Pengacara kata Jenderal Mark Lesko.

Barrack membantah melakukan kesalahan.

“Bapak. Barrack telah membuat dirinya secara sukarela tersedia untuk penyelidik sejak awal. Dia tidak bersalah dan akan mengaku tidak bersalah,” kata seorang juru bicara.

Pejabat Emirat juga tidak disebutkan namanya, meskipun rincian dalam dakwaan terkait dengan Sheikh Mohammed. Putra mahkota juga menemukan dirinya terjerat dalam laporan penasihat khusus Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan Amerika 2016.

Jaksa mengatakan Barrack juga memberi pejabat pemerintah UEA informasi sensitif tentang perkembangan dalam pemerintahan Trump – termasuk bagaimana perasaan pejabat senior AS selama bertahun-tahun. boikot Qatar yang dilakukan oleh UEA dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

“Lebih buruk lagi, dalam komunikasinya dengan Al Malik, terdakwa membingkai upayanya untuk mendapatkan posisi resmi di dalam Administrasi sebagai posisi yang akan memungkinkannya untuk lebih memajukan kepentingan UEA, daripada kepentingan Amerika Serikat,” tulis jaksa. dalam sebuah surat yang meminta penahanannya. Mereka mencatat bahwa dia memiliki kewarganegaraan di AS dan Lebanon, negara tanpa perjanjian ekstradisi dengan AS

Ketika Barrack mencoba membuat Trump mengangkatnya sebagai duta besar AS untuk UEA atau sebagai utusan khusus untuk Timur Tengah, dia menulis kepada al Malik ‘bahwa penunjukan seperti itu ‘akan memberi ABU DHABI lebih banyak kekuatan!’” tulis jaksa.

Barrack menjabat sebagai penasihat informal untuk kampanye Trump pada tahun 2016 sebelum menjadi ketua komite pelantikan. Mulai Januari 2017, ia secara informal memberi nasihat kepada pejabat senior pemerintah AS tentang kebijakan luar negeri Timur Tengah, kata jaksa.

Bill Coffield, seorang pengacara untuk al Malik – yang tidak ditahan pada hari Selasa – mengatakan kliennya telah bekerja sama secara ekstensif dengan Mueller dan bahwa “tidak ada yang baru di sini.” Dia mengatakan al Malik hanya mencoba untuk membina hubungan yang baik antara negara tempat dia dilahirkan dan AS, tempat dia tinggal dan bekerja selama bertahun-tahun, “keduanya dia cintai.”

Memperhatikan bahwa Forbes memperkirakan kekayaan bersih Barrack sebesar $ 1 miliar pada Maret 2013 dan aksesnya ke pesawat pribadi, jaksa memanggilnya “individu yang sangat kaya dan berkuasa dengan ikatan substansial dengan Lebanon, UEA, dan Kerajaan Arab Saudi” yang berpose risiko penerbangan yang serius dalam surat yang diajukan sebelum penampilannya.

Mereka mengatakan bukti yang memberatkannya “sangat besar” dan risiko melarikan diri lebih tinggi karena dia sering bepergian, melakukan lebih dari 75 perjalanan internasional dalam lima tahun terakhir, dan secara teratur menggunakan jet pribadi.

Pihak berwenang mengutip beberapa contoh spesifik ketika Barrack atau lainnya diduga berusaha mempengaruhi kebijakan AS, mencatat bahwa, pada Mei 2016, Barrack memasukkan bahasa yang memuji UEA ke dalam pidato kampanye yang disampaikan Trump tentang kebijakan energi AS dan mengatur agar pejabat senior UEA menerima rancangan lanjutan .

Mereka mengatakan dia juga setuju untuk mengatur pertemuan dan panggilan telepon antara pejabat senior UEA dan Trump, meninjau presentasi PowerPoint yang akan disampaikan kepada pejabat senior UEA tentang cara meningkatkan pengaruh mereka di AS dengan bantuannya dan berulang kali mencoba menyembunyikan perilakunya, bahkan menyangkal bahwa dia pernah diminta oleh al Malik untuk membantu UEA.

Sepanjang 2016 dan 2017, Barrack dan Grimes menerima poin pembicaraan dan umpan balik dari pejabat senior UEA sehubungan dengan penampilan pers nasional Barrack dan berkomunikasi melalui telepon seluler khusus yang memiliki aplikasi pesan aman untuk memfasilitasi komunikasi dengan pejabat senior UEA, kata jaksa.

Mereka mengatakan bahwa setelah satu penampilan di mana Barrack berulang kali memuji Uni Emirat Arab, Barrack mengirim email ke al Malik, mengatakan: “Saya berhasil … untuk tim tuan rumah,” mengacu pada UEA.

Jaksa juga meminta agar Grimes ditahan tanpa jaminan, dengan alasan keseriusan kejahatan, banyak bukti bersalah, aksesnya ke kekayaan Barrack dan hubungan signifikan dengan negara-negara tanpa perjanjian ekstradisi dengan Amerika Serikat.

Dalam pernyataannya, Lesko mencirikan tindakan yang dituduhkan itu sebagai “pengkhianatan terhadap para pejabat di Amerika Serikat, termasuk mantan Presiden.”


Neumeister melaporkan dari New York. Penulis Associated Press Jill Colvin, Eric Tucker dan Michael Balsamo di Washington; Jim Mustian, Michael R. Sisak dan Tom Hays di New York; Stefanie Dazio di Los Angeles; James LaPorta di West Jefferson, North Carolina, dan Jon Gambrell di Dubai, Uni Emirat Arab, berkontribusi pada laporan ini.

Advertisement
Click to comment

FEED

Pemulihan Ekonomi dengan Menggerakan Ekonomi dari Desa

Rina Latuperissa

Published

on

Pemulihan Ekonomi dengan Menggerakan Ekonomi dari Desa
Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN, BUMD, dan BUMDES. doc/Ist.


BuzzFeed – Dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi pasca pandemi, PT. Mitra Bumdes Nusantara (MBN) menggelar kegiatan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN, BUMD, dan BUMDES, dengan tema Pemulihan Ekonomi dengan Menggerakan Ekonomi dari Desa.  Kegiatan simposium diselenggarakan di Hotel Preanger Bandung, Jum’at, 26 November 2021.

MBN membawa semangat sinergi dan kolaborasi dalam bentuk bisnis yang riil, mendukung pembangunan ekosistem bisnis yang kuat di desa, serta upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi dimulai dari desa.

Semangat ini dituangkan dalam Nota Deklarasi Dukungan Bersama yang ditandatangani bersama berbagai pihak pembangun ekosistem bisnis yaitu Wiyoto, Direktur Utama PT. Mitra Bumdes Nusantara, Burmansyah, PT Pupuk Indonesia, Beny Riswandi, SEVP Bisnis BJB, Kurnia Fajar, Direktur Utama Agro Jabar, Herry Hermawan, Perumda Pasar Kota Bandung, Perwakilan Bumdes, serta Dicky Saromi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat. Penandatanganan Nota Deklarasi Dukungan Bersama ini langsung disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Simposium diawali dengan paparan materi yaitu : Peta dan Arah Pengembangan BUMDes di Jawa Barat, Peran Mitra Bumdes Nusantara dalam menggerakkan Perekonomian Desa, Model sinergi dan kolaborasi Program Makmur Agro Solusi, serta Peran BJB dalam menggairahkan kembali perekonomian desa pasca pandemi, kemudian dilanjutkan dengan Diskusi, Gagasan Aspirasi, dan Bussiness Matching BUMDES.  Simoposium dimoderatori oleh R. Nurtafiyyana Kabid PUEM DPM-Desa Jabar.

“Kegiatan ini memadukan antara Program Makmur Agrosol Kementerian BUMN dengan Project Leader yaitu PIHC, Program Petani Milenial Jawa Barat, dan Program Bumdes, sehingga diharapkan menjadi ekosistem bisnis yang lebih kuat dan lebih besar dan saling mendukung, semata-mata untuk menggerakan perekonomian dan memberikan kesejahteraan sebesar-besarnya bagi masyarakat desa”, kata Wiyoto. “Peran PT. MBN adalah menjadi  Offtaker, Agregator, dan Pembina Bumdes”.

Berdasar sumber dari websitenya https://mitrabumdes.co.id/ PT. MBN adalah perusahaan yang dibentuk pada tahun 2017 . Pemegang saham dari PT MBN terdiri dari 7 BUMN strategis, dengan Perum Bulog sebagai pemilik saham mayoritas, diikuti Danareksa, PTPN III, PT Pupuk Indonesia Holding Company (PT. PIHC) , PT. RNI , PT. PPI dan PT. Pertamina Ritel.

Simposium Kolaborasi Dan Sinergi Bumn 2

Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN, BUMD, dan BUMDES. doc/Ist.

MBN memiliki visi yaitu menjadi penggerak perekonomian pedesaan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa yang berkeadilan, dengan mengemban 3 misi yaitu  Menjalankan peran sebagai agregator, Melakukan usaha secara profesional dan bersinergi dengan sumber daya lokal untuk menghasilkan produk berkualitas, serta Memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat desa.

Saat ini PT MBN mempunyai 29 entitas Anak Perusahaan diseluruh Indonesia dan 10 anak perusahaan diantaranya berada di Provinsi Jawa Barat.


 

Continue Reading

FEED

NU CARE LAZISNU Memperoleh Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Kantor Akuntan Publik

Tia Mutiara

Published

on

NU CARE LAZISNU Memperoleh Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Kantor Akuntan Publik

 

BuzzFeed – Berdasarkan hasil audit keuangan dari dari Kantor Akuntan Publik (KAP), NU CARE LAZISNU memperoleh Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas program kemaslahatan yang dikerjasamakan dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI pada 2020. Pengelolaan dana yang dilakukan NU CARE-LAZISNU dinilai sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia. Ketua Pengurus Pusat (PP) NU CARE-LAZISNU Muhammad Wahib menjelaskan bahwa program kemaslahatan bersama BPKH sudah dilakukan sejak 2019, dengan pengelolaan keuangan sebesar Rp300 juta.

Lalu pada 2020, NU CARE-LAZISNU terus bekerja secara maksimal. Melalui good corporate governance atau tata kelola perusahaan yang disingkat Mantap (modern, akuntabel, transparan, amanah, dan profesional), NU CARE-LAZISNU dianugerahi menjadi mitra terbaik dari 25 mitra yang lain.

Dari yang semula mendapatkan dana program yang harus dikelola sebesar Rp300 juta, NU CARE-LAZISNU kemudian mendapat Rp25,6 miliar pada 2020. Selanjutnya, program kemaslahatan bersama BPKH RI itu diaudit secara syariah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Kita juga melaksanakan (audit) dari eksternal, lembaga independen, yaitu kantor akuntan publik (KAP),” terang Wahib, ditemui team media, di lantai 2 Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, pada Selasa (16/11/2021).

KAP merupakan lembaga independen yang telah mendapat izin dari Menteri Keuangan RI dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai wadah bagi akuntan publik dalam memberikan jasanya. KAP memiliki tugas untuk melaksanakan audit secara independen kepada perusahaan atau lembaga yang melaksanakan kegiatan.

“Karena NU CARE-LAZISNU ini termasuk lembaga pelayanan, sehingga banyak pengelolaan dana yang dilakukan maka perlu dilaksanakan audit. Transparansi, untuk melakukan pelaporan kepada masyarakat. Karena ada banyak juga kita menggunakan dana publik,” katanya.

Terkait program kemaslahatan itu, NU CARE-LAZISNU telah menyampaikan kepada BPKH RI untuk bisa melaksanakan audit keuangan secara eksternal. Hal itu disadari sebagai upaya untuk melaporkan dana yang telah dititipkan dan dilaksanakan NU CARE-LAZISNU sebagai mitra yang telah sesuai dengan koridor pengelolaan sistem akuntansi keuangan.

“Alhamdulillah, secara opini sudah memberikan kepada kita. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Jadi kita semua diaudit, baik dari sistem keuangan dan juga dikunjungi programnya. Itu sampai 30 persen program lebih yang diaudit dan juga disurvei langsung ke lokasi. Itu tidak ada temuan penyimpangan, tetapi kita alhamdulillah malah sangat bagus menurut KAP sehingga kita dianugerahi nilai tertinggi, Opini WTP itu,” jelasnya.

Tingkatkan SDM dan manajemen pengelolaan Ke depan, Wahib berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM), sistem manajemen pengelolaan, dan mengaktifkan kembali ISO 9000:2015. Tujuannya agar performa dan manajemen pengelolaan NU CARE-LAZISNU, baik pelaksanaan maupun manajemen keuangan sudah sesuai dengan standar internasional.

“Dalam waktu dekat kita juga akan melakukan pelatihan sertifikasi di Good Corporate Governance (GCG) agar manajemen di NU CARE-LAZISNU, terutama program-program kemasyarakatan ini sesuai dengan standar bukan hanya nasional, tetapi juga internasional,” harapnya.

NU CARE-LAZISNU juga akan melaksanakan audit untuk setiap program kemasyarakatan yang dilakukan. Selain meningkatkan mutu SDM dan kapasitas manajemen pengelolaan, Wahib menegaskan akan terus menumbuhkan militansi bagi para pengurus di lembaga filantropi NU ini.

“(Tujuannya) supaya kepercayaan umat terjaga untuk berdonasi, berzakat, infak, dan bersedekah melalui NU CARE-LAZISNU. Bahkan kalau perlu harus meningkat. Karena target kita, di 2020 Rp1,8 triliun, tetapi pada 2021 ini kita target mencapai Rp2 triliun pengelolaan di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

 

Continue Reading

FEED

Peduli Bencana Banjir Kota Batu, GMNI Fisipol UINSA Gelar Aksi Galang Dana

Avatar

Published

on

Peduli Bencana Banjir Kota Batu, GMNI Fisipol UINSA Gelar Aksi Galang Dana

BuzzFeed – Beberapa mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FISIP UINSA) yang tergabung dalam wadah Dewan Pengurus Komisariat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UINSA (DPK GMNI FISIPOL UINSA), gelar aksi galang dana pada Minggu (14/10/2021) di Perempatan Jalan Arief Rahman Hakim, Surabaya.

Aksi galang dana ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan. Penggalangan dana dilakukan melalui beberapa cara yaitu, turun langsung ke jalan serta open donasi melalui rekening dan pamflet yang di sebar di media massa.

Koordinator lapangan aksi galang dana ini Raqin Rafa Raditya, menuturkan bahwasannya dalam aksi galang dana ini banyak masyarakat yang bersimpati memberikan bantuan sesuai dengan kerelaan, keikhlasan dan kemampuannya

“Aksi penggalangan dana ini murni panggilan kemanusiaan agar para korban bencana banjir di Kota Batu dapat terbantu” ujar Raqin, mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UINSA.

Selain itu, Irsyad Miftachussalim menambahkan bahwa aksi ini untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan dan juga aksi peduli terhadap sesama umat manusia.

“Kita sebagai makhluk sosial harus saling tolong menolong dan peduli kepada saudara kita yang tertimpa musibah, apalagi musibah tersebut terjadi di daerah sekitar kita. Kita harus segera tanggap untuk membantu serta mengulurkan tangan kepada para korban bencana banjir yang melanda Kota Batu, Malang” ujar Bung Irsyad menjabat sebagai Sekretaris DPK GMNI FISIPOL UIN Sunan Ampel Surabaya.

Di lain kesempatan, Muhammad Dwi Arifin, Komisaris DPK GMNI FISIPOL UIN Sunan Ampel Surabaya mengungkapkan bahwasannya aksi galang dana ini adalah sebuah aksi tindakan konkrit yang dilakukan kawan-kawan GMNI.

Dilain itu, pihaknya sebagai kader marhaenis, tentu tidak boleh acuh terhadap kondisi yang ada di sekitar kita. Kita harus bergerak cepat membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah.

“Semoga kegiatan-kegiatan positif semacam ini bisa menumbuhkan semangat gotong royong, rasa kemanusiaan serta kepedulian yang tinggi pada kader-kader GMNI” tutup Bung Arifin.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

VIDEO FEED

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2021 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close