Connect with us

TRAVEL

Tradisi Lebaran di Indonesia yang Nggak Ada di Daerah Lain

Tradisi Lebaran di Indonesia yang Nggak Ada di Daerah Lain


Tradisi Lebaran di Indonesia masih dipertahankan dengan baik hingga sekarang. Sebagai negara yang penduduknya didominasi oleh umat muslim, berbagai daerah punya caranya masing-masing untuk merayakan hari suci ini. Acara ini sudah menjadi kegiatan tahunan yang wajib dilakukan.

Selain mudik dan memasak ketupat, mereka sering melakukan kegiatan yang unik. Tradisi ini sudah ada sejak dulu dan masih dilakukan hingga generasi saat ini. Ada yang dilakukan sebelum Lebaran, tapi beberapa mengadakan kegiatan setelah hari raya.

10 tradisi Lebaran di Indonesia yang unik dan nggak ada di daerah lain

Berikut tradisi Lebaran di Indonesia yang masih bertahan hingga sekarang. Kegiatan unik yang dilakukan saat Idul Fitri ini membuat momen Lebaran terasa semakin semarak.

1.

Grebeg Syawal di Yogyakarta selalu menarik perhatian

tradisi lebaran  di indonesia

Grebeg Syawal | www.flickr.com

Di Yogyakarta, terdapat tradisi Lebaran yang selalu menarik perhatian masyarakat. Keraton Yogyakarta selalu melakukan Grebeg Syawal setiap tahunnya untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Perayaan ini dilakukan di sekitar lingkungan Keraton pada awal Syawal.

Dalam acara, tersebut akan ada arak-arakan gunungan yang berisi hasil bumi. Nantinya, hasil bumi ini akan diperebutkan masyarakat setelah diarak dan didoakan di halaman Masjid Agung Kauman. Konon jika berhasil mendapatkan hasil bumi di gunungan, tersebut hidupnya akan dipenuhi keberkahan.

2.

Makan bersama saat tradisi Bedulang di Pulau Belitung

tradisi lebaran  di indonesia

Makan bersama | twitter.com

Tradisi Lebaran di Indonesia ini cukup unik, bahkan dijadikan tujuan wisata. Penduduk Pulau Belitung selalu mengadakan kegiatan Bedulang ketikan hari raya tiba. Tradisi ini dilakukan setelah bermaaf-maafan serta bersilaturahmi kepada saudara.

Masyarakatnya akan makan bersama dalam satu nampan. Biasanya, setiap nampan dinikmati oleh 4 orang. Ciri khasnya adalah tudung saji yang ditutup dengan serbet khusus. Uniknya, kamu harus makan menggunakan tangan dan tidak boleh memakai sendok.

Makan bedulang nggak boleh sembarangan. Ada urutan tertentu yang harus dipatuhi yang sudah jadi bagian dari tradisi. Pertama, harus cuci tangan dulu dengan urutan orang paling tua kemudian anak muda. Saat makan pun demikian, semua mendahulukan sekaligus untuk menghormati orang yang lebih tua.

3.

Perang Topat lambang toleransi di Lombok

tradisi lebaran  di indonesia

Lambang toleransi | travelingyuk.com

Lombok punya tradisi Lebaran yang menggambarkan toleransi di masyarakat. Masyarakat Lombok sendiri banyak yang beragama Islam dan Hindu. Saat Lebaran, tidak hanya muslim yang merayakan, umat Hindu juga berpartisipasi dengan melakukan Perang Topat.

Tradisi ini sudah ada sejak zaman dulu yang dilakukan oleh Suku Sasak. Dimulai dengan mengarak hasil bumi dan berlanjut pada acara perang topat atau saling lempar ketupat. Kegiatan ini dipercaya bisa mengabulkan permohonan dan doa mereka. Tak heran kalau dulu ritual ini dilakukan untuk meminta hujan.

Baca juga: Serunya Traveling Lebaran di Tempat Wisata Ini

4.

Gorontalo bersinar saat Festival Tumbilotohe

tradisi lebaran  di indonesia

Bersinar terang | www.infolibur.com

Lain halnya dengan yang dilakukan di Gorontalo. Kamu akan takjub saat melihat tradisi unik Lebaran di daerah Indonesia ini. Setiap tahunnya, salah satu kota di Sulawesi ini mengadakan Festival Tumbilotohe. Saat festival berlangsung, kota ini terlihat bersinar pada malam hari.

Pasalnya, setiap warga akan menyalakan lampu berbahan minyak di sepanjang jalan di Kota Gorontalo. Tujuannya untuk menerangi jalan agar warga mudah saat membagikan zakat di malam hari. Biasanya akan ada tabuhan beduk dan meriam bambu untuk memeriahkan susasana.

5.

Muslim Bali berbagi makanan saat tradisi Ngejot

tradisi lebaran  di indonesia

Berbagi makanan | www.infobudaya.net

Meski penduduknya dominan beragama Hindu, tapi tidak membuat muslim di Bali dikucilkan. Saat Lebaran, ada Tradisi Ngejot yang memperlihatkan toleransi di antara umat beragama. Umat Islam di Bali akan membagikan makanan ke semua warga tanpa memandang agama yang dianutnya.

Tradisi ini bertujuan untuk membuat masyarakat semakin harmonis di lingkungan yang heterogen. Sebenarnya, tradisi ngejot ini nggak cuma dilakukan oleh umat muslim. Masyarakat Bali yang beragama Hindu juga melakukan tradisi ini ketika merayakan hari besar keagamaannya.

6.

Menyalakan api Ronjok Sayak di malam lebaran jadi kegiatan mayarakat Bengkulu

tradisi lebaran  di indonesia

Menyalakan api | www.inovasee.com

Tradisi Lebaran di Bengkulu cukup unik dan tidak ada di daerah lainnya. Pada malam takbir, mereka akan membakar tumpukan batok kelapa yang sudah disusun hingga menjulang tinggi. Biasanya, masing-masing rumah akan membuat Gunung Api yang disebut dengan Ronjik Sayak ini di halaman depan.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu oleh Suku Serawai. Mereka akan menyusun batok kelapa hingga tinggi dan membakarnya. Karena Ronjok Sayak diyakini sebagai penghubung antara manusia dengan leluhurnya yang sudah tiada.

Baca juga: Kuliner Lebaran di Indonesia yang Harus Ada di Atas Meja

7.

Festival Meriam Karbit akan menyemarakkan malam takbiran di Pontianak

tradisi lebaran  di indonesia

Meriam bambu | sinarharapan.net

Penduduk Pontianak punya tradisi unik yang selalu dilakukan pada malam takbir. Setiap tahun, mereka akan membuat meriam yang dibuat dari bambu besr dan diletakkan pada pinggir Sungai Kapuas. Meriam ini baru akan dinyalakan saat malam hari menjelang lebaran sebagai tanda datangnya hari kemenangan.

Tradisi ini sudah dilakukan sejak 200 tahun lalu dan masih dijaga hingga kini. Beberapa meriam dihias dengan cat agar terlihat lebih semarak. Biasanya, masyarakat akan berkumpul dan menantikan detik-detik dinyalakannya meriam bambu raksasa.

8.

Batobo, tradisi ini dilakukan penduduk Riau yang merantau

tradisi lebaran  di indonesia

Perantau Riau | www.shopback.co.id

Riau punya tradisi unik yang dilakukan setiap tahunnya. Biasanya pada hari raya masyarakat Riau akan mengarak penduduknya yang pulang dari tanah rantau. Mereka yang mudik ke kampung halaman disambut meriah oleh semua warga desa.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan acara pengajian, rebana dan lomba baca al-quran yang hadiahnya berasa dari para pemudik. Orang yang selama ini merantau ke kota lain akan pulang dengan bingkisan yang dibagikan untuk keluarga dan warga desa.

9.

Pukul Sapu, tradisi ekstrem di Maluku

tradisi lebaran  di indonesia

Berdarah-darah | phinemo.com

Di Maluku, ada tradisi unik Lebaran di daerah Indonesia yang cukup ekstrem dan agak mengerikan. Pada hari raya, mereka biasanya akan melakukan Pukul Sapu di lapangan. Tradisi ini dilakukan oleh masing-masing desa pada hari ke-7 Syawal. Mereka akan mengirimkan perwakilannya untuk melakukan pukul sapu.

Biasanya, kegiatan ini dilakukan di halaman masjid besar. Masing-masing perwakilan akan saling memukul punggung lawannya satu sama lain selama 30 menit. Tradisi ini biasanya akan membuat kulit sobek dan berdarah-darah, tapi setelah itu langsung diobati.

10.

Meugang, tradisi makan daging kambing bareng satu kampung

tradisi lebaran  di indonesia

Makan daging | steemit.com

Kali ini, tradisi unik Lebaran di daerah Indonesia yang seru dan menyenangkan. Di Aceh, setiap Lebaran berlangsung akan diadakan Meugang. Tradisi ini dilakukan oleh semua warga kampung, di mana mereka akan memasak daging bersama-sama. Yang memasak adalah para pria dan wanitanya menyiapkan piring dan minuman.

Setelah semua siap, mereka akan makan bersama masakannya. Mereka berkumpul di masjid dan menikmati hidangan tersebut. Tradisi ini biasanya juga dilakukan saat Idul Adha.

Artikel Lainnya





Source link

Advertisement
Click to comment

TRAVEL

Berikut 9 Danau Angker di Jawa Tengah

Berikut 9 Danau Angker di Jawa Tengah


Rawa Pening Jawa Tengah

Rawa Pening Jawa Tengah | www.bbwspemalijuana.com

“Penunggu” tidak segan tenggelamkan orang.

Alam Indonesia dikenal memiliki keindahan yang luar biasa. Mulai dari pegunungan, sawah hijau membentang, pantai pasir putih dan danau dengan berbagai macam kelebihannya. Jawa tengah adalah satu daerah yang memiliki ratusan danau dengan sejarah dan cerita menarik. Baik itu sejarah terbentuknya dari sisi ilmiah ataupun dari sisi legenda terbentuknya.


Di balik keindahan danau-danau di Jawa Tengah ini ternyata ada beberapa kisah horor melingkupinya. Mari kita kulik 9 danau yang terkenal dengan ke angkerannya di Jawa Tengah.

1.

Rawa Pening – Ambarawa

Rawa Pening Jawa Tengah

Siang hari di Rawa Pening | bukanrastaman.com

Danau yang berada di Ungaran ini dipercaya oleh banyak orang sebagai pusat kerajaan gaib. Ketika malam hari banyak penduduk sering mendengar suara gamelan seperti ada hajatan besar di sekitar danau. Anehnya ketika didatangi suara gamelan itu menghilang.

2.

Danau Beko Margasari -Tegal

Rawa Pening Jawa Tengah

Danau Beko Tegal | melancongkuy.com

Danau ini terletak di perbukitan kapur tepatnya berasal dari bekas galian pertmbangan kapur. Disebut beko karena disekitaran danau tersebut ada beberapa backhoe (di Indonesia dibaca Beko) karena merupakan area penambangan kapur.

Munculnya danau ini karena kecelakaan di lokasi galian yang menyebabkan tanah amblas dan penambang jauh ke dalam air. Tahun 2015 lalu danau ini juga memakan korban 2 remaja yang sedang berenang di sekitaran danau. Kabarnya penunggu danau ini mudah marah jika diusik dan bisa menenggelamkan korbannya.

3.

Telaga Ranjeng – Brebes

Rawa Pening Jawa Tengah

Telaga Ranjeng merupakan salah satu cagar alam | wisnuwidiarta.com

Telaga Ranjeng berada di bawah kaki Gunung Slamet dan dikelilingi oleh hutan damar serta pinus. Menurut masyarakat sekitar telaga ini adalah tempat mandi tokoh kerjaan di Jawa. Telaga ini memiliki ribuan ikan yang jinak mulai dari lele, mujair, dan ikan mas. Semua ikan yang berada di sini adalah ikan keramat dan kemunculan ikan tersebut misterius karena tidak ada yang menyebar benihnya.

Kabarnya, telaga ini juga ditempati oleh berbagai macam ikan raksasa yang tidak boleh dipancing. Apabila ada yang nekat memancingnya akan langsung mendapatkan musibah.

4.

Telaga Dringo – Banjarnegara

Rawa Pening Jawa Tengah

Telaga Dringo | travel.kompas.com

Ranu kumbolonya Jawa Tengah adalah julukan yang diberikan kepada Telaga Dringo. Telaga ini memiliki tumbuhan sebangsa rerumputan bernama Dlingo dengan adanya tumbuhan itu maka telaga ini disebut telaga Dringo. Konon katanya, telaga ini memiliki penunggu berupa kerbau bertanduk emas. Penunggu itu akan marah ketika masyarakat sekitar tidak menjaga alam di sekitar telaga.

5.

Telaga Sunyi – Banyumas

Rawa Pening Jawa Tengah

Telaga Sunyi sering digunakan untuk mandi | smol.id

Karena kesunyiannya telaga ini digunakan untuk bertapa atau menyendiri. Hal ini didukung dari suasana sepi serta asri cocok untuk menenangkan batin. Telaga ini memiliki mitos yang dipercaya warga sekitar, apabila ada pengunjung yang berkata tidak senonoh atau mengumpat dirinya akan didorong oleh penunggu ke dasar sungai.

6.

Telaga Silating – Pemalang

Rawa Pening Jawa Tengah

Telaga Silating Pemalang | www.cintapekalongan.com

Penduduk sekitar percaya bahwa telaga ini terbentuk karena injakan Bima tokoh pewayangan. Selain itu, telaga ini juga diduga menjadi tempat mandi bidadari. Mereka akan mandi sembari tertawa senda gurau. Agak serem juga ya kalau lagi main air di telaga mendadak dengar orang cekikikan.

7.

Danau Universitas 11 Maret – Solo

Rawa Pening Jawa Tengah

Danau Universitas 11 Maret | mahasuramuda.bemuns.com

Di danau ini sering muncul penampakan wanita cantik berambut pendek. Hantu ini dipercayai sebagai merupakan mahasiswa tahun 1980-an yang dikucilkan oleh teman seangkatannya karena mengidap polio.

Kemunculannya secara tiba-tiba baik itu duduk atau berdiri di sekitar pengunjung dan tidak jarang melakukan interaksi dengan pengunjung. Tidak hanya itu, danau ini juga memiliki sosok genderuwo yang sering datang ke mimpi mahasiswi cantik. Selain itu sosok siluman buaya juga sering muncul di sekitaran danau.

8.

Telaga Menjer – Wonosobo

Rawa Pening Jawa Tengah

Telaga Menjer Wonosobo | destinasidieng.com

Pengunjung telaga ini sering melihat penampakan seorang wanita yang sedang berjalan di atas telaga. Konon wanita ini adalah korban tenggelam. Tidak hanya itu, penduduk sekitar percaya apabila ada pasangan datang ke telaga itu akan mengalami keretakan hubungan setelah pulang dari sana.

9.

Telaga Warna – Wonosobo

Rawa Pening Jawa Tengah

Telaga Warna Dieng Wonosobo | www.dakatour.com

Telaga ini berada di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut. Mitos mengatakan bahwa di danau ini ada sekumpulan bidadari suka bermain di sekitar telaga warna. Telaga warna ini terbentuk dari bekas letusan gunung purba Dieng ratusan juta tahun yang lalu.

Ilustrasi Danau
Ilustrasi Danau | anekatempatwisata.com
Artikel Lainnya

Walaupun ke sembilan danau itu memiliki kisah misteri yang membuat bulu kuduk berdiri, namun jangan segan untuk berkunjung kesana karena keindahan danau-danau ini bisa memanjakan mata dan menenangkan hati. Selalu menjaga perkataan dan sikap ketika berkunjung ke alam. Hormati alam yang sudah memberikan keindahan bagi manusia ya guys!
Tags :




Source link

Continue Reading

TRAVEL

5 Aktivitas Anti-mainstream yang Cuma Ada di Dubai

5 Aktivitas Anti-mainstream yang Cuma Ada di Dubai


Aktivitas Anti-mainstream di Dubai 1

Aktivitas anti-mainstream di Dubai | keepo.me

Simak berbagai fakta anti-mainstream yang cuman kamu temui di kota Dubai

Sebelum dikenal sebagai salah satu kota paling maju di dunia, Dubai merupakan kota yang tandus. Sekarang kota ini telah berbenah sebagai surga belanja juga liburan di kawasan Timur Tengah.

Dubai bisa menjadi contoh kota di dunia yang berhasil mengembangkan sektor pariwisatanya menjadi sangat maju dengan sukses. Jika berkunjung ke sana, kamu akan menjumpai tempat mewah dan sangat terkenal seperti Burj Al Arab, Dubai Mall, dan masih banyak lainnya bisa.

Aktivitas anti-mainstream yang cuma ada di Dubai

Selain menawarkan berbagai spot wisata yang keren, warga Dubai juga memiliki kebiasaan anti-mainstream yang membuat orang di luar negara itu menjadi gagal paham. Penasaran? Berikut aktivitas anti-mainstream yang cuma ada di Dubai.

1. Foto bareng hewan peliharaan di sana, CHEETAH!

Aktivitas Anti-mainstream di Dubai 1

Aktivitas Anti-mainstream di Dubai | blogunik.com

Kalau di Indonesia hewan peliharaan itu kucing. Kalau di Dubai sama juga kucing, tapi kucingnya ukuran jumbo!

Warga Dubai udah bisa melihara kucing besar seperti singa, harimau, ataupun cheetah. Jadi ketika di sana jangan kaget kalo liat orang di sana jalan-jalan sambil bawa cheetah. Nah kamu bisa sempetin nih ambil foto selfie sama doi!

2. Main Tenis di ketinggian 300 meter

Dubai 3
Main tenis di atas gedung Burj Al Arab | www.kaskus.co.id

Apa-apa kalau di Dubai mesti anti mainstream, termasuk juga olahraga. Olahraga di lapangan biasa sih udah biasa, tapi di Dubai kamu bisa merasakan sensasi berolahraga di atas ketinggian dengan view yang amazing!

Baca juga: Fantastis!! Ngemis di Dubai Kamu Bisa Punya Penghasilan I Miliar Per Bulan. Minat Gaes?

Cobain aja main tenis di atas gedung Burj al Arab sambil menikmati pemandangan kota Dubai yang indah.

3. Menikmati pemandangan pencakar langit yang fenomenal, karena cuma Dubai yang punya gedung tertinggi di dunia

dubai 4
Menikmati gedung tertinggi di dunia | gayatravel.com.my

Kalo kamu mau hunting foto di Dubai, jangan lupa mampir ke objek wisata paling ikonik ini. Burj Khalifa punya pemandangan yang luar biasa indah kalo kamu naik sampai ke atas Observation deck yang berada di lantai 124, dengan ketinggian 450 meter! Kalo mau ngeliatin nyaris seluruh kota Dubai, di sini ini tempatnya. Apalagi kalo cuaca lagi berawan, kamu bakal menemukan pemandangan yang sangat majestic.

Baca juga: 3 Tempat Belanja Murah di Dubai Buat yang Mau Ngirit.

Untuk bisa menikmati pemandangan spektakuler ini, tentu gak gratis dong. Ada sejumlah kocek yang harus kamu keluarin. Untuk jadwal prime hours di puncak level 125 hingga 148.

4. Serunya bermacet-macet ria

Dubai 5
Pemandangan mobil mewah berjejeran | www.autofreaks.com

Macet kok seru? Bukannya bikin pening? Kalo di Jakarta mungkin boleh dibilang begitu, tapi macetnya di Dubai berbeda cuy! Kalau di Dubai lagi macet hasilnya begini!

Baca juga: Prabowo Terbang Ke Dubai Bersama Anggota Parlemen Rusia, Ada Apa Ya?

via dailymotion.comKamu bakalan disuguhi pemandangan mobil mewah berjejeran. Dan bisa jadi objek foto selfie yang anti mainstream kan?

Trus kalo emang macetnya udah parah banget, kamu tinggal telepon helikopter buat ngangkut mobilmu. Hahaha… gokill!!

5. Makan gratis

dubai 6
Makan gratis | hotmagz.com

Serius!! Makan di Dubai itu gratis, tapi itu kalo kamu emang bener ngga mampu aja. Pemerintah di sini menyediakan makanan gratis buat warganya yang ngga mampu untuk membeli makanan. Makanan gratis ini tersebar hampir di seluruh toko swalayan di Dubai. Jadi ngga perlu takut kelaparan!

Artikel Lainnya

Nah udah kebayang kan serunya kalo ke Dubai? Kalau punya rezeki lebih gak ada salahnya kamu main ke kotanya para sultan ini. Selamat berlibur!

Tags :




Source link

Continue Reading

TRAVEL

Inilah Nasib Jenazah Astronaut yang Gugur Saat Bertugas

Inilah Nasib Jenazah Astronaut yang Gugur Saat Bertugas


Astronot

Astronot | unsplash.com

Kira-kira dibawa pulang ke Bumi atau ditinggal?

Selama ini mungkin tidak pernah terlintas dipikiran kita tentang bagaimana jika seorang astronaut meninggal dunia, apakah jenazahnya akan tetap dibiarkan di luar angkasa atau bisa dibawa pulang ke bumi.

Rupanya, pemikiran itu juga telah menjadi sebuah teka-teki yang NASA juga berusaha upayakan jawabannya selama bertahun-tahun. Dimana NASA dan lembaga antariksa negara lain di dunia disamping mereka harus lekas mengeluarkan jenazah dari dalam pesawat secepat mungkin dengan tetap menghormati jenazah tersebut.

Mereka juga tersandung dengan undang-undang PBB terkait pelarangan membuang mayat di luar angkasa, sehingga kemungkinan memilih opsi tersebut sangatlah menjadi haram hukumnya.

Maka dari itu, akhirnya NASA membentuk sejumlah kelompok penelitian sebagai upaya untuk menemukan berbagai ide yang nantinya bisa mereka terapkan.

Astronot

Astronot | unsplash.com

Salah satu upaya yang dilakukan NASA ialah dengan bekerjasama dengan perusahaan jasa pemakaman ekologi Promessa. Dari kerjasama itu seorang peneliti akhirnya mencetuskan sebuah gagasan ide yang diberi nama Body Back.

Secara teknis hal pertama yang harus dilakukan ialah menyingkirkan mayat sang astronaut dari pandangan terlebih dahulu. Dimana hal itu demi mencegah pencemaran udara di dalam pesawat luar angkasa yang mereka tumpangi dikarenakan pembusukan.

Kemudian mayat dimasukkan ke dalam sebuah kantong bernama Gore-Tex, yaitu kantong jenazah khusus digunakan di luar angkasa. Pastikan kantong tersebut sudah dalam keadaan tersegel. Tahapan-tahapan ini pun dinilai menjadi cara dan suatu etika penghormatan terhadap anggota kru yang meninggal ketika bertugas di luar angkasa.

Artikel Lainnya

Tahapan berikutnya ialah mengirimkan Body Back ke planet Mars, sebab sangat tidak mungkin untuk mengirimkan jenazah tersebut ke bumi. Hal ini lantaran tekanan oksigen, dan lingkungan sebelumnya tidak sama dengan Bumi membuat jenazah tidak dapat dikremasi.

Disinilah letak pemakaman dengan cara Promession dilakukan. Yakni dengan menggunakan teknik penguburan ekologis, dimana jenazah akan dibekukan dan digetarkan hingga hancur menjadi debu. Para peneliti mengklaim jika cara ini berpotensi mengembalikan mayat kembali ke ekosistem semula dengan bentuk layaknya pupuk.

Dilansir dari jalan tikus (05/05/2021), Susanne Wiigh Masak selaku pendiri Promessa sendirilah yang menemukan solusi tersebut. Ia kemudian menawarkan idenya kepada sejumlah lembaga sejak 2015 silam. Akan tetapi, idenya justru dibantah para kritikus yang menyangsikan penggunaan caranya.

Astronot
Astronot | unsplash.com

NASA pun diketahui masih penasaran dengan ide Promessa dan memikirkan bagaimana agar solusi itu dapat mereka terapkan di luar angkasa.

Ketika tahapan terakhir berupa kantong jenazah yang telah dibekukan dalam suhu ruang tertentu, kemudian digetarkan melalui bantuan robot hingga berubah menjadi bubuk. Bubuk-bubuk halus itulah yang nantinya dapat dikembalikan pada pihak keluarga bersamaan dengan kepulangan para awak kapal luar angkasa yang lainnya.

Selain itu, ternyata sebuah opsi lainnya ditawarkan oleh Promessa dengan menyebutkan jika bubuk jenazahnya dapat juga digunakan sebagai pupuk. Namun, tentu saja hal tersebut perlu diteliti lebih lanjut untuk membuktikan bahwa praktik penguburan seperti demikian dapat digunakan sebagai pupuk kompos.

Hingga kini belum ada kabar lebih lanjut dari NASA terkait ide penguburan yang ditawarkan oleh Promessa. Perusahaan tersebut juga diketahui tengah mengalami likuidasi. Padahal menurut kabar, rencana tersebut akan digunakan NASA dalam keadaan darurat ketika ekspedisi tim astronaut mereka menuju Mars.
Tags :




Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close