Connect with us

TRAVEL

Tradisi Hubungan Seks Sejak Usia 6 Tahun di Papua Nugini

Tradisi Hubungan Seks Sejak Usia 6 Tahun di Papua Nugini


https://www.honestdocs.id/berdarah-saat-berhubungan-seksual

Memiliki Tradisi yang Tak Biasa, Penduduk Kepulauan di Papua Nugini Ini Mewajibkan Hubungan Seks Sejak Usia 6 Tahun | www.honestdocs.id

Anak-anak akan disediakan gubuk untuk melakukan hubungan intim.

Di era modernisasi seperti ini tak sedikit suku di dunia masih mempertahankan tradisi adat istiadatnya. Salah satunya dengan penduduk Kepulauan Trobriander atau dikenal sebagai Kepulauan Kiriwina, yang memiliki tradisi seksual yang wajib dilakukan oleh anak-anak.

Meski terdengar tabu dan berbahaya, hubungan seksual pra nikah sudah menjadi hal yang biasa dan wajar bagi penduduk asli Kepulauan Trobriander. Bahkan, hingga kini tidak ada stigma negatif bagi penduduk Kepulauan Trobriander mengenai aktivitas seksual ini.

BACA JUGA: Heboh, Ibu Kepergok Setubuhi Anak Kandung Saat Digerebek Polisi!

Seperti dilansir dari Kumparan (23/3/2021), tradisi hubungan seksual tersebut dilakukan antar warga desa yang berbeda di Pulau Tobriander. Namun, aktivitas ini juga bisa terjadi karena tujuan politis atau berkaitan dengan garis keturunan.

1.

Dilakukan saat usia anak-anak 6-12 tahun

https://www.honestdocs.id/berdarah-saat-berhubungan-seksual

Memiliki Tradisi yang Tak Biasa, Penduduk Kepulauan di Papua Nugini Ini Mewajibkan Hubungan Seks Sejak Usia 6 Tahun | www.instagram.com

Di pulau ini, bagi anak-anak yang berusia di bawah usia 10 tahun sudah dilegalkan untuk berhubungan seksual sebagai bentuk ketaatan terhadap tradisi yang mereka percayai.

Untuk anak laki-laki, mereka diperbolehkan berhubungan seksual dengan lawan jenis sejak usia 8-12 tahun. Sedangkan untuk anak perempuan, diperbolehkan sejak usia 6-8 tahun.

BACA JUGA: Kerap Unggah Foto Seksi dan Video Olahraga, Maria Vania Pasrah Jadi Fantasi Seksual

Tak sekadar diperbolehkan begitu saja, anak-anak di Pulau Tobriander juga dibekali pelatihan atau pendidikan seksual. Bahkan seperti cara-cara menggoda laki-laki sejak dini.

2.

Disediakan gubuk berhubungan seksual dan camilan

https://www.honestdocs.id/berdarah-saat-berhubungan-seksual

Memiliki Tradisi yang Tak Biasa, Penduduk Kepulauan di Papua Nugini Ini Mewajibkan Hubungan Seks Sejak Usia 6 Tahun | www.flickr.com

Untuk mendukung tradisi tersebut, para penduduk Pulau Tobriander menyiapkan Bukamatula, yakni gubuk khusus bagi warganya untuk berhubungan seksual. Mereka akan melakukan hubungan intim tersebut di Bukamatula hingga pagi hari.

Bahkan, para ibu dari kedua pasangan tersebut juga akan menyuguhkan camilan berupa ubi masak sebagai hidangan bagi pernikahan dini yang telah dilakukan.

3.

Anak-anak perempuan yang sudah berusia 6 tahun diberikan aksesoris untuk memikat lawan jenis

https://www.honestdocs.id/berdarah-saat-berhubungan-seksual

Memiliki Tradisi yang Tak Biasa, Penduduk Kepulauan di Papua Nugini Ini Mewajibkan Hubungan Seks Sejak Usia 6 Tahun | www.instagram.com

Saat memasuki usia 6 tahun, anak-anak perempuan Pulau Tobriander akan dipakaikan aksesoris berupa kerang yang diletakkan di pinggang sebagai bentuk kelas sosial mereka. Tak hanya sebagai penanda kelas sosial, kerang tersebut konon berisikan ‘sihir’ untuk menarik perhatian lawan jenis.

4.

Bayi yang lahir dari aktivitas seksual ini akan diurus sepenuhnya oleh pihak ibu

https://www.honestdocs.id/berdarah-saat-berhubungan-seksual

Memiliki Tradisi yang Tak Biasa, Penduduk Kepulauan di Papua Nugini Ini Mewajibkan Hubungan Seks Sejak Usia 6 Tahun | m.kumparan.com

Ketika anak dari aktivitas seksual ini lahir, bayi tersebut akan menjadi tanggung jawab pihak ibu sepenuhnya. Hal ini menjadikan penduduk Pulau Tobriander memiliki alur keturunan matrilineal atau suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu.

Penduduk Pulau Tobriander percaya, suatu ruh atau Baloma merupakan ayah sebenarnya dari bayi yang dilahirkan oleh wanita disana. Kaum pria hanya dianggap sebagai pintu atau pembuka jalan bagi ruh tersebut.

Artikel Lainnya

Cukup tak biasa bukan tradisi penduduk Pulau Tobriander ini? Kalau kalian jadi salah satu penduduk di sana, apakah kalian akan ikut menjalani tradisi ini? Atau akan meninggalkan tradisi ini?

Tags :





Source link

Advertisement
Click to comment

TRAVEL

Playa del Amor, Pantai Bawah Tanah yang Ada di Meksiko

Playa del Amor, Pantai Bawah Tanah yang Ada di Meksiko


Playa del Amor, Pantai Bawah Tanah yang Ada di Meksiko

Ada di Meksiko! | keepo.me

Sebuah hidden beach yang tersembunyi!

Saat mengunjungi pantai, pemandangan yang nggak sabar untuk dinikmati adalah berteduh pohon kelapa, pasir dan air laut. Sejauh mata memandang, lautan biru nan jernih bakal membentang luas. Tapi hal ini nggak akan kamu dapati ketika mengunjungi pantai bawah tanah yang ada di daerah Meksiko.

Terbilang unik dan menarik, pantai ini beda dengan pesisir pada umumnya. Di Kepulauan Marieta tepatnya di salah satu gugusan pulau kecil tak berpenghuni di Pantai Nayarit, di sinilah Playa del Amor terletak.

Penasaran dengan keindahan yang uniknya tak memiliki pesaing ini? Simak ulasan singkatnya di bawah ini!

Playa del Amor

Playa del Amor | www2.plugon.us

Playa del Amor sebagai hidden beach yang dimaksud

Playa del Amor ini juga dikenal dengan Pantai Cinta. Lebih bekennya lagi, pantai ini disebut dengan Hidden Beach. Bukan tanpa alasan, memang letaknya cukup tersembunyi karena ada di bawah tanah.

Seperti yang dilansir di Amusing Planet, pantai tersembunyi ini berada di sebuah lubang gua raksasa yang ada di bawah tanah. Di sanalah terhampar pesisir pantai kecil yang memiliki air berwarna biru jernih.

Baca juga: Pantai di Sumbawa yang Indahnya Menentramkan Hati

Playa del Amor

Sejarah singkatnya | amazingplacesfinder.com

Asal-usul Playa del Amor

Gugusan di Kepulauan Marieta ini terbentuk ribuan tahun yang lalu berkat aktivitas gunung berapi. Pada awalnya, kepulauan ini ramai oleh banyak penghuninya. Lalu, pemerintah Meksiko mulai menjadikan pulau di sana sebagai target latihan sebelum Perang Dunia I sekitar 1990 silam. Nggak heran jika beberapa di antaranya kepualannya ada yang terbentuk banyak gua dan bebatuan besar di sana.

Kabarnya, pantai unik bawah tanah tersebut terbentuk secara alami. Namun ada yang berspekulasi jika lubang gua raksasa yang menutupi bagian atas dari pantainya diyakini adalah buatan manusia. Tapi dari kejadian pengeboman di masa lalu inilah yang membentuk Playa del Amor ini.

Pada akhir 1960, Kepulauan Marieta yang sempat digunakan sebagai target latihan mulai menuai banyak kecaman dari banyak pihak internasional. Salah satu yang menginisiasi adalah seorang ilmuwan dan penjelajah laut dalam bernama Jacques Cousteau. Akhirnya pemerintah memutuskan untuk menjadikan kepulauan tersebut sebagai taman nasional.

Semenjak menjadi taman nasional yang dilindungi oleh pemerintah, di Kepulauan Marieta mulai mengalami banyak perubahan positif. Terjadi banyak peningkatan pada populasi kehidupan laut. Sebut saja lumba-lumba, paus bungkuk, ikan pari dan banyak makhluk laut langka lainnya yang sudah mulai menjadi penghuni tetap dari kawasan ini.

Baca juga: Wisata Pantai di Belitung yang Bikin Enggan Pulang

Playa del Amor

Di bawah tanah | littleletterslinked.com

Keindahan yang bisa dinikmati

Tapi semua makhluk laut ini nggak bisa didapati ketika kamu menikmati Playa del Amor. Laut bawah tanah ini berwujud seperti area bawah tanah dengan area yang dipenuhi air kurang lebih setinggi 6 meter. Kamu bisa berenang dan menyelam di sana tanpa menggunakan alat bantu lainnya.

Untuk bisa masuk ke kawasan Hidden Beach ini, para wisatawan yang berkunjung ke sana harus mengajukan izizn terlebih dahulu. Bahkan, hanya ada beberapa tour dan travel yang sudah ditunjuk yang mendapatkan izin untuk mengajak tamunya untuk mengunjungi Playa del Amor.

Artikel Lainnya

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai yang unik ini. Kamu nggak pelru khawatir akan keberadaan hewan laut buas saat menyelami lautnya. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir gosong karena gua yang ada di bagian atas bisa melindungi dari sengatan sinar matahari di siang hari. Tertarik untuk mampir ke sini jika ada rezeki lebih, guys?

Tags :



Source link

Continue Reading

TRAVEL

Destinasi Wisata Kuliner Terbaik di Asia

Destinasi Wisata Kuliner Terbaik di Asia


Kuliner jadi salah satu daya tarik dari suatu tempat wisata. Makanan lokal yang dimasak dengan berbagai rempah yang khas memang sangat disukai para wisatawan. Bahkan ada wisatawan yang memang sengaja traveling dengan tujuan wisata kuliner.

Banyak jenis kuliner yang bisa dicoba saat sedang traveling, mulai dari makanan ala restoran bintang lima sampai street food. Apabila berencana traveling ke negara yang ada di wilayah Asia, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang ada disana.

Supaya nggak bingung dan lost, simak rekomendasi wisata kuliner saat keliling Asia. Rasanya dijamin enak!

1.

Tokyo, Jepang

kuliner terbaik asia

Tokyo, Jepang | www.telegraph.co.uk

Ada banyak kuliner lezat yang mengugah selera di Tokyo. Meski kuliner modern sudah berkembang, namun ada beberapa tempat di Tokyo yang tetap menjaga keaslian hidangannya. Di ibukota Jepang ini, kamu bisa menikmati ramen yang memiliki cita rasa autentik.

Semangkuk ramen hangat yang bercitarasa gurih dijamin akan memanjakan lidah sekaligus mengenyangkan perut kamu. Di Tokyo juga ada Sukiyabashi Jiro yang merupakan restoran 3 bintang Michelin yang menyajikan makanan khas Jepang terutama sushi.

Pemilik sekaligus chefnya, Jiro Ono, juga sudah populer di dunia kuliner. Perjalanan kariernya bahkan pernah diangkat dalam film dokumenter berjudul Jiro Dreams of Sushi.

2.

Singapura

kuliner terbaik asia

Singapura | www.godsavethepoints.com

Apabila sudah sering berkunjung ke Singapura, pasti sudah pernah mencicipi berbagai makanan ikonik disana. Sebut saja chicken rice, char kuay teow dan chilli crab. Chef terkenal dunia sekelas Anthony Bourdain dan Gordon Ramsay bahkan dikabarkan menyebut Negeri Singa sebagi surga makanan enak yang ada di wilayah Asia Tenggara.

3.

Seoul, Korea Selatan

kuliner terbaik asia

Seoul, Korea Selatan | www.roughguides.com

Korea terkenal dengan hidangannya yang sehat dan bercita rasa pedas. Apabila mampir ke Seoul, wajib mencoba kimchi yang terbuat dari sayuran yang sudah difermentasi lalu dibumbui garam dan saus pedas gojuchang dan bibimbap yang berisi nasi, sayuran, daging sapi, dan telur.

Selain itu, streetfood di Seoul juga wajib dicoba, seperti tteokbokki dan haemul pajeon. Jangan ragu untuk menjelajahi pasar tradisional di Seoul juga.

Di sana, kamu akan menemukan banyak makanan khas Korea yang super enak. Sebut saja hotteok yang merupakan pancake panggang berisi gula dan kayu manis. Yummy!

Baca juga: Kawasan Kuliner di Tokyo yang Penuh dengan Penganan Nikmat

4.

Bangkok, Thailand

kuliner terbaik asia

Bangkok, Thailand | www.cookly.me

Hidangan khas Thailand dikenal kaya rempah, seperti jahe, daun serai, dan saus ikan. Salah satu tempat wisata kuliner di Negeri Gajah Putih adalah Bangkok. Beberapa jenis makanan yang wajib kamu coba saat traveling di Bangkok adalah pad thai yakni kwetiau goreng.

Selain itu, ciba juga tomyum goong yang merupakan sup asam pedas. Mango sticky rice bisa dicicipi sebagai hidangan penutup. Rasa manis yang berasal dari potongan mangga atau durian dan dilengkapi ketan disiram kuah santan dijamin nggak bikin eneg.

Beberapa tempat yang bisa jadi destinasi kuliner di Bangkok antara lain adalah Sungai Chao Phraya, Sukhumvit, Boat Noodle Alley dan Thonglor Night Market. Tertarik untuk mampir ke sana?

5.

Manila, Filipina

kuliner terbaik asia

Manila, Filipina | www.lakwatseras.com

Ada cukup banyak jenis minuman dingin dan hidangan penutup mulut yang ada di Manila. Ada sago’t gulaman yang terlihat seperti es cincau hitam dan halo-halo yang tampilannya seperti es teler. 

Tidak hanya itu, ada juga ginataang bilo-bilo yang kuahnya dicampur santan dan buko pandan yang rasanya seperti es kopyor. Maklum saja, cuaca di ibu kota Filipina ini memang panas terutama di siang hari. Jadi cukup banyak penjual es yang terdapat di sepanjang jalan.

Apabila ingin mencoba makanan yang terbuat dari daging babi, bisa mencoba silog yang terdiri dari nasi goreng, telur dadar, dan daging babi. Ada juga jenis camilan bernama banana cue yang merupakan sate pisang goreng yang dicelup karamel.

6.

Hong Kong

kuliner terbaik asia

Hong Kong | www.misstamchiak.com

Sejarah di balik kuliner khas Hong Kong adalah adanya pengaruh budaya Barat. Dulu, negara ini memang pernah dijajah oleh Inggris. Angsa panggang, egg tart, sate hidangan laut, teh hitam dan dimsum adalah beberapa jenis menu hidangan yang populer di Hong Kong.

Salah satu distrik yang terdapat banyak tempat makan adalah Old Town Central. Mulai dari kedai sederhana sampai restoran yang pernah mendapat predikat Michelin semuanya ada di sana.

Baca juga: Pasar di Jepang yang Jadi Pusat Streetfood dan Oleh-oleh

7.

Taipei, Taiwan

kuliner terbaik asia

Taipei, Taiwan | www.klook.com

Streetfood di malam hari adalah kuliner yang selalu diburu para wisatawan saat berkunjung ke Taipei. Jao Ho Street atau Shilin Market adalah tempat wisata kuliner yang bisa kamu sambangi. Salah satu hidangan khas Taiwan adalah stinky tofu yang rasanya enak tapi baunya menyengat.

Selain itu, ada juga gua bao yang berbahan daging babi dan oa misua yang merupakan sup berisi mie. Setelah puas makan, jangan lupa untuk mencoba douhua, minuman segar yang berisi butiran bubble.

8.

Penang, Malaysia

kuliner terbaik asia

Penang, Malaysia | www.pepper.ph

Letak tempat ini tak terlalu jauh dari Indonesia. Jaki punya budget cukup, kamu bisa berwisata kuliner kesana kapan saja. Kuliner di Penang dipengaruhi budaya China. Hal itu terlihat dari bahan yang digunakan dan juga rasanya.

George Town adalah salah satu lokasi wisata kuliner yang sangat populer di Penang. Ada banyak tempat makan yang bisa kamu sambangi. Ada Restoran Kapitan yang menyajikan makanan khas India, Toh Soon Cafe yang punya racikan kopi terbaik di Penang dan Hai Seafood Market yang sajikan berbagai hidangat laut.

9.

Mumbai, India

kuliner terbaik asia

Mumbai, India | www.eater.com

Kamu akan menemui banyak penjual makanan saat sedang menjelajahi Mumbai. Dijamin perut kamu pasti tak akan kelaparan. Di Mumbai, kamu bisa mencoba hidangan khas India yang dikenal sangat berbumbu dan kaya rempah.

Pav bhaji yang merupakan roti mentega dengan kari sayur. Selain itu, ada pani puri yang tampilannya seperti bola kentang goreng, dosa yang merupakan pancake ala India. Ada dan bhel puri yang berupa camilan mengenyangkan. Kalau mau cari makanan yang mengenyangkan, tinggal pilih salah satu saja.

Baca juga: Kuliner Mie Khas Korea yang Menggugah Selera

10.

Ho Chi Minh, Vietnam

kuliner terbaik asia

Ho Chi Minh, Vietnam | www.travelandleisure.com

Saat sedang berada di Ho Chi Minh City, pergilah ke Ben Thanh Market. Di tempat tersebut, kamu bisa mencoba chicken and mushroom soup, pancake dan daging sapi yang dibumbui saus kacang lalu dibungkus dalam daun.

Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas Vietnam. Pastikan untuk mencicipi semangkuk pho hangat dan banh mi yang merupakan roti isi berisi sayuran dan daging.

Artikel Lainnya



Source link

Continue Reading

TRAVEL

Cari Foto Instagenic di Hong Kong? Mampir ke 11 Tempat Ini!

Cari Foto Instagenic di Hong Kong? Mampir ke 11 Tempat Ini!


Mirip dengan Singapura, Hong Kong adalah pusat ekonomi yang tumbuh subur di Asia. Hong Kong pun dihuni banyak manusia dari berbagai ras dan kelas ekonomi yang beragam. Ini menciptakan keunikan tersendiri bagi negara tersebut.

Tak bisa dipungkiri, Hong Kong sekarang juga dinobatkan jadi salah satu tujuan wisata utama di dunia untuk orang yang ingin mengenal Asia, juga bagi warga Asia Tenggara macam Indonesia yang hendak liburan kece ke luar negeri dengan budget yang terjangkau.

Kalau sudah sampai Hong Kong, tentu kamu nggak mau melewatkan kesempatan itu dengan malas-malasan saja dong. Hunting kuliner khas sekalian tempat foto yang instagenic adalah keharusan. Berikut cheat sheet tempat artsy di Hong Kong yang bisa bikin galeri fotomu naik derajat.

1.

Lai Tak Tsuen, bangunan berasitektur unik di Hong Kong

tempat foto di hongkong

Lai Tak Tsuen | www.instagram.com

Bangunan gedungnya membentuk spiral yang benar-benar mengagumkan saat kamu ambil fotonya jauh dari dasar. Siapapun bakal terpesona dengan hasil foto yang kamu ambil dengan angle yang tepat.

2.

Yik Cheong Building, kawasan terpadat di Hong Kong

tempat foto di hongkong

Yik Cheong Building | www.instagram.com

Meski padat dan sedikit kumuh, kawasan ini tetap saja punya daya pikat tersendiri bagi fotografer dan wisatawan. Kawasan pemukiman padat penduduk yang terletak di Quarry Bay bahkan sempat dijadikan latar beberapa film Hollywood macam Transformers dan Ghost in the Shell.

Bahkan kini sudah ada papan peringatan bahwa fotografer dan wisatawan yang hendak mengambil foto di sini harus izin terlebih dahulu pada pengelola setempat. Kamu perlu mengikuti aturan yang ada ya, guys.

3.

Sai Wan Swimming Shed, spot alam yang keren bukan main

tempat foto di hongkong

Sai Wan Swimming Shed | www.instagram.com

Tentunya tempat ini dibuka untuk publik. Terletak diantara jepitan gedung-gedung tinggi, kamu harus jeli melihat ke sekeliling untuk menemukan tempat ini. Tentunya dengan bangunan shed yang sudah nyeni begini, fotomu akan nampak kece tanpa harus banyak edit.

Baca juga: Pastikan Mampir ke Spot Mural Terbaik di Asia Tenggara Ini

4.

Choi Hung Estate, hits karena Instagram

tempat foto di hongkong

Choi Hung Estate | www.instagram.com

Sebenarnya, kawasan apartemen ini sudah berdiri sejak lama. Baru-baru ini dikenal publik dan jadi laris disasar para pemburu foto setelah banyaknya posting-an berlatar hunian ini. Selain bentuknya yang simetris dan raksasa, hunian ini juga punya paduan warna menarik jika dilihat dari atas.

5.

Lok Wah South Estate, terkenal dengan gerbang lingkarannya

tempat foto di hongkong

Lok Wah South Estate | www.instagram.com

Bagi kamu yang penasaran cari lokasi untuk mendapatkan gerbang berbentuk lingkaran di Hong Kong, ini tempatnya. Lokasinya ada di Lok Wah South Estate dan selalu dicari para pemburu foto keren. Nggak salah memang, hasil foto di tempat ini selalu aesthetic apalagi dengan warna garis-garis birunya yang makin elegan.

6.

Western District Public Cargo Working Area, dapat julukan baru “Instagram Pier”

tempat foto di hongkong

Western District | www.instagram.com

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, tempat ini adalah Dermaga Instagram. Tempat ini sebenarnya nggak dibuka untuk umum, tetapi tidak ada pula larangan resminya. Keindahan pemandangan matahari terbenam serta foto yang menampilkan gambar dari pantulan airnya yang menarik perhatian pemburu foto instagenic.

Belum lagi kumpulan peti kemas yang terparkir di area ini, sontak berubah jadi latar foto Instagram yang menarik. Ada keinginan untuk mampir ke sini, guys?

7.

Nam Shan Estate, kalau yang ini playground jadi sasarannya

tempat foto di hongkong

Nam Shan Estate | www.instagram.com

Bukan apartemen tingginya yang disasar jadi latar belakang foto, melainkan playground-nya yang benar-benar unik. Taman bermainnya menyajikan tampilan simetris, pencahayaan yang pas, dan background apartemen yang benar-benar berpadu epic dalam fotomu. Cocok untuk urban photography.

Baca juga: Destinasi Wisata Penang yang Penuh Sejarah dan Banjir Kuliner Lezat 

8.

Wai Yip Street Bridge, ditiru Jakarta nih

tempat foto di hongkong

Wai Yip Street | www.instagram.com

Jembatan penyeberangan orang ini jadi jembatan pertama di dunia yang punya keunikan dari segi arsitekturnya. Siapapun yang ke sini pasti bakal tergoda untuk mengambil gambar. Saking kecenya, Jakarta pun ikut-ikutan membuat jembatan penyeberangan instagramable. Mantap!

9.

Cape D’Aguilar, spot alam yang terletak di tenggara Hong Kong

tempat foto di hongkong

Cape D’Aguillar | www.instagram.com

Jauh dari hingar bingar kota, Hong Kong punya spot alam yang berada di sebelah tenggara negara ini. Namanya Cape D’Aguillar. Ini merupakan pantai dengan tebing bebatuan yang benar-benar menenangkan. Tunggu sampai matahari tenggelam dan kamu bisa pulang ke hotel dengan hati lega.

10.

China Hong Kong City, tempat dapat foto urban modern

tempat foto di hongkong

China Hong Kong City | www.instagram.com

Bangunan kacanya benar-benar nampak mencengangkan ketika memantulkan cahaya matahari yang temaram. Dengan arsitektur modern, tempat ini pun bisa jadi sumber referensimu yang sedang mencari ilham atau inspirasi untuk apapun yang sedang kamu kerjakan.

11.

Graham Street, dekat dari pusat perbelanjaan terbesar GOD

tempat foto di hongkong

Graham Street | www.instagram.com

Kurang suka belanja karena takut khilaf dan kehabisan uang saku saat liburan? Langsung saja meluncur ke Graham Street. Di sini, kamu bisa menemukan kebahagiaan lain di samping belanja, yaitu menikmati keindahan mural dan ambil foto keren sebanyak-banyaknya.

Artikel Lainnya





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close