Business is booming.

Toyota Segera Produksi Mobil Hybrid di Indonesia – Berita Otomotif


JAKARTA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menegaskan keseriusan mereka untuk memproduksi Hybrid Electric Vehicle (HEV) di Tanah Air pada 2022.

Hal ini disampaikan oleh Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT. TMMIN. Menurutnya kendaraan berteknologi hybrid memiliki potensi besar di Indonesia karena sudah lebih dikenal masyarakat.

“Mengapa kita konsentrasi produksi ke hybrid? Karena melihat potensi pasar domestik dan ekspor yang sesuai dengan segmen market terbesar kita. Sehingga, kalau kita bisa create market domestik sekaligus ekspor, Toyota Indonesia bisa menjadi basis produksi,” ungkapnya.

Ia bahkan mengatakan bahwa PT TMMIN sudah melakukan investasi untuk mewujudkan cita-cita ini sejak 2019. Hal tersebut merupakan jawaban Toyota atas kebijakan Pemerintah Indonesia untuk meluncurkan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) bagi pasar domestik maupun ekspor.

“Dalam melangkah ke produksi lokal ini yang harus kami siapkan adalah total value chain dari hulu sampai hilir. Tidak hanya line produksi, tetapi juga mulai dari vendor (pemasok) sampai dengan sales-nya. Nah, itu yang terus kami terus kerjakan sehingga ketika produksi sudah berjalan nanti, semuanya berlangsung secara baik,” ungkapnya.

Toyota Segera Produksi Mobil Hybrid di Indonesia
Selain itu, Ia juga tidak menutup kemungkinan akan memproduksi kendaraan listrik selain HEV seperti PHEV dan BEV. Pasalnya, TMMIN akan terus melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar.

“Kalau soal line produksi sudah ada. Kita tingggal melakukan peningkatan fasilitas agar sesuai untuk memproduksi kendaraan elektrifikasi HEV,  baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun lokal. Tetapi yang jelas, kita sudah mulai dari model hybrid untuk pasar domestik maupun ekspor,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan segera meluncurkan BEV melalui brand Lexus dalam waktu dekat. Kehadiran mobil ini akan menjadi milestone untuk Toyota dalam mengenalkan kendaraan listrik di Indonesia.

“Setelah sebelumnya kami menghadirkan HEV dan PHEV, TAM akan melengkapinya dengan menghadirkan teknologi BEV. Sehingga masyarakat bisa memilih kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas masing – masing,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM. [Adi/Idr]