Connect with us

Ekonomika

Tingkatkan Integritas dan Jiwa Kuat Dalam Mengemban Tugas BPH Migas Lakukan Dilkat Pembentukan Karakter

Tingkatkan Integritas dan Jiwa Kuat Dalam Mengemban Tugas BPH Migas Lakukan Dilkat Pembentukan Karakter


Tingkatkan Integritas dan Jiwa Kuat Dalam Mengemban Tugas BPH Migas Lakukan Dilkat Pembentukan Karakter



Telegraf – Dalam rangka meningkatkan Integritas dan Profesionalitas, pegawai Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) lakukan diklat pembentukan karakter (character building), di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

“Untuk membentuk sikap, karakter, perilaku, kedisiplinan dan mental kejuangan yang tangguh bagi pegawai BPH Migas, serta meningkatkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme, rasa cinta tanah air kepada bangsa dan negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dengan membangun integritas serta profesionalisme tinggi yang didukung dengan jasmani yang prima,” diungkapkan oleh Komandan Pusdiklatpassus Kopassus (Danpusdiklatpassus ) Brigjen TNI Thevi A. Zebua yang sekaligus menjadi Inspektur Upacara.

Sementara itu Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa menyampaikan bahwa Pegawai BPH Migas yang mengikuti latihan dasar pembentukan karakter (character building) ini adalah kader terpilih yang akan mengawal BPH Migas kedepan agar menjadi instansi yang mampu menjalankan tugas dan fungsi dengan lebih baik.

“Kami serahkan kepada pembimbing untuk dilakukan pembinaan terutama dari sisi mental, spiritual, loyalitas dan integritasnya sehinga menjadi pegawai-pegawai unggulan, mempunyai jiwa, semangat disiplin tinggi dan tangguh serta outcome-nya dapat mendukung kinerja organisasi BPH Migas” tegas Ifan, pangilan kepala BPH migas.

Ifan menginstruksikan kepada Sekretaris BPH Migas, Bambang Utoro, agar kedepannya mewajibkan pelatihan ini kepada setiap pegawai BPH Migas supaya setiap pegawai BPH Migas memiliki integritas dan jiwa yang kuat. “Kopassus adalah lembaga yang the Best, tidak semua lembaga bisa mengikuti pelatihan ini, dan hari ini 66 peserta bisa mengikuti pelatihan ini,” kata ifan..

Turut hadir pada Upacara Pembukaan Latihan Komite BPH Migas Sumihar Panjaitan dan Saryono Hadiwidjoyo, Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro, Wakil Komandan Pusdiklatpassus Kolonel Inf. Sri Widodo beserta Kepala Departemen Taktik dan Teknik Para Kepala Bagian, Para Kabalak, Para Kepala seksi, Kepala Timjas dan para pelatih.


Photo Credit : Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa (kanan bawah) saat menghadiri Diklat pembentukan karakter Pegawai PBH Migas di Pusdiklatpassus, Jawa Barat/Doc/ist


 

Atti K.





Source link

Advertisement
Click to comment

#Batubara

Erick Thohir: Gasifikasi Batubara Hemat Neraca Perdagangan

Erick Thohir: Gasifikasi Batubara Hemat Neraca Perdagangan



Erick Thohir: Gasifikasi Batubara Hemat Neraca Perdagangan


Telegraf – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyatakan proyek gasifikasi batu bara dinilai dapat memangkas impor gas alam cair atau liquid petroleum gas (LPG) yang secara kumulatif bisa menghemat neraca perdagangan.

Menurut Erick, dengan gasifikasi batubara, maka devisa yang dipergunakan dalam impor LPG akan berkurang sehingga cadangannya bisa dihemat untuk meningkatkan perekonomian nasional.

“Gasifikasi batu bara memiliki nilai tambah langsung pada perekonomian nasional secara makro. Akan menghemat neraca perdagangan, mengurangi ketergantungan terhadap impor LPG, dan menghemat cadangan devisa,” kata Erick dalam keterangan tertulis yang diterima (12/05/2021).

Perjanjian antara perusahaan Indonesia dan Amerika Serikat (AS) yang digelar secara virtual ini merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Menurut Erick gasifikasi batu bara merupakan salah satu wujud meningkatkan perekonomian nasional dengan cara memaksimalkan potensi yang dimiliki dan menghilangkan ketergantungan impor.

Perjanjian kerja sama multinasional ini diharpkan akan memberikan manfaat besar bagi perekonomian nasional, khususnya di sektor energi. Dalam hal ini Pertamina dinilai bisa menjadi motor untuk menggerakkan industri energi nasional agar bisa bersaing di pasar internasional.

“Dengan memastikan tersedianya kebutuhan energi yang mandiri, kami berharap sektor makro dan mikro dapat terus tumbuh dan menjadi pilar perekonomian nasional,” terangnya.


Photo Credit: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, nyatakan proyek gasifikasi batu bara dinilai dapat memangkas impor gas alam cair atau liquid petroleum gas (LPG). REUTERS

 

Didik Fitrianto
Latest posts by Didik Fitrianto (see all)





Source link

Continue Reading

#IdulFitri1442

Jelang Idul Fitri, ESDM Jamin Pasokan Listrik Aman

Jelang Idul Fitri, ESDM Jamin Pasokan Listrik Aman



Jelang Idul Fitri, ESDM Jamin Pasokan Listrik Aman


Telegraf – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin pasokan listrik listrik menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah dalam kondisi aman dan cukup.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, kondisi pasokan tenaga listrik pada sistem Jawa-Bali berada pada kondisi normal, seperti dilansir dari laman esdm.go.id, Rabu (12/05/2021),

“Berdasarkan pengalaman, kecenderungan beban puncak menurun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya karena berkurangnya aktivitas industri,” katanya.

Ia mengatakan Kementerian ESDM telah membentuk pos komando (posko) pemantauan kondisi sektor ESDM, khususnya subsektor ketenagalistrikan secara virtual berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) sejak 6 Mei 2021 hingga 21 Mei 2021.

“Melalui penugasan kepada inspektur ketenagalistrikan, kami juga siap mengantisipasi kejadian khusus selama periode Idulfitri, sehingga masyarakat dapat merayakan Idulfitri dengan aman dan nyaman,” ucapnya.

Rida mengatakan secara umum pasokan daya listrik di seluruh Indonesia pada 22 sistem kelistrikan dalam kondisi cukup dan aman.

Berdasarkan laporan posko pada 10 Mei 2021 atau H-3 Idulfitri, periode beban puncak siang hari, keseluruhan sistem dalam kondisi aman.

Secara keseluruhan daya mampu pasok nasional sebesar 41.559,91 MW dan beban puncak sebesar 28.060,50 MW, sehingga kapasitas cadangan daya nasional sebesar 13.499,42 MW atau sebesar 48,11 persen.

“Khusus sistem kelistrikan Jawa Madura Bali diperkirakan pada periode Hari Raya Idulfitri dalam kondisi normal, dengan cadangan daya pembangkit lebih besar dari kapasitas unit terbesar sistem yaitu PLTU Jawa-7,” jelasnya.

Rida berharap PLN dapat memastikan kesiapan dan keandalan sistem kelistrikan, meliputi kesiapan unit pembangkit, dan penguatan jaringan transmisi dan distribusi tenaga listrik.

PLN juga diminta menghentikan sementara pemeliharaan instalasi di transmisi dan gardu induk, kecuaIi pekerjaan emergency meliputi perbaikan kerusakan atau gangguan peralatan.

PLN juga diharap dapat menjaga kontinuitas pasokan listrik di lokasi-lokasi prioritas seperti tempat ibadah utama, bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, jalan nasional, rumah sakit, dan tempat strategis lainnya.

Hal senada dikemukakan oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini.

Menurut Zulkifli, pihaknya berkomitmen untuk terus memantau dan memastikan pasokan listrik aman menjelang Hari Raya Idulfitri, sehingga masyarakat dapat merayakannya dengan nyaman.

Zulkifli mengatakan PLN telah menyiagakan personel dan posko siaga di seluruh unit PLN di Indonesia.

PLN menyiapkan 2.327 posko siaga, 31.000 personel, 4.591 unit kendaraan yang siap bertugas 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, kami komitmen terus siaga menjaga pasokan listrik, khususnya untuk libur Idulfitri 1442 H. Kami ingin pelanggan merayakan Idulfitri di rumah masing-masing tetap terasa bermakna dengan terjaganya pasokan listrik,” kata Zulkifli.


Photo Credit: Pekerja melakukan perbaikan dan perawatan rutin jaringan listrik di lintas Blang Bintang-Krueng Raya, Aceh Besar, Aceh, Selasa (6/4/2021). Perbaikan dan perawatan tersebut dilakukan PT PLN (Persero) untuk meminimalisir gangguan jaringan listrik. ANTARA/Irwansyah Putra

 

Shan Santi
Latest posts by Shan Santi (see all)





Source link

Continue Reading

#CaturWulan2021

Laba JamSyar Melonjak 89,51 Persen di April 2021

Laba JamSyar Melonjak 89,51 Persen di April 2021



Laba JamSyar Melonjak 89,51 Persen di April 2021



Telegraf – PT Jamkrindo Syariah (JamSyar) mengumumkan laba tahun berjalan pada posisi April naik hingga 89,51 persen Year on Year (YoY) setara dengan Rp 35,4 miliar, dibanding tahun lalu yang tercatat hanya Rp 18,7 miliar.

Pertumbuhan ini di dukung dengan naiknya kinerja bisnis yang mencapai Rp15,3 triliun YOY atau meningkat 47,46%. Hal itu di ungkapkan oleh Direktur Utama PT Jamkrindo Syariah (JamSyar) Gatot Suprabowo dalam siaran pers yang diterima Telegraf, Selasa (11/5).

“Kami bersyukur dapat terus secure, survive dan sustain dengan ditunjukkan melalui pencapaian pertumbuhan bisnis yang terus berkembang hingga saat ini,” ungkapnya.

Gatot juga menyebutkan bahwa Imbalan Jasa Kafalah (IJK) JamSyar berhasil meningkat sebesar Rp 182 milyar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 69 miliar. Sedangkan untuk IJK Cash Basis, JamSyar membukukan Rp 306 miliar. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, Jamsyar baru membukukan IJK Cash Basis sebesar Rp 108 miliar. Dari total asset, Jamsyar juga mengalami peningkatan dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp 1,7 triliun. Sedangkan dari sisi ekuitas, JamSyar mencatat Rp 718, dimana ekuitas pada tahun sebelumnya adalah sebesar Rp 648 miliar.

“Pencapaian kinerja tersebut dikontribusi oleh pencapaian penjaminan bersih hingga April 2021 adalah sebesar 34% dengan efisiensi biaya berada pada tingkat pencapaian sebesar 23,79%. Penjaminan bersih ini didukung pula oleh besarnya produksi khususnya dari produk Penjaminan Modal kerja PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) dan Penjaminan Bank Garansi. Pencapaian kinerja dan efisiensi biaya ini dapat dilakukan oleh JamSyar dengan melakukan optimalisasi IT dan digitalisasi penjaminan,” tambahnya.

Pada tahun 2021 Gatot menuturkan, akan fokus segmentasi portofolio yang dijamin oleh JamSyar adalah pada Penjaminan Pembiayaan PEN dan Penjaminan Non Cash Loan (Kontra Bank Garansi & Surety Bond). Untuk itu JamSyar optimis dan percaya diri untuk mencapai rencana bisnis yang telah ditetapkan di tahun 2021.

Untuk diketahuin hingga saat ini khusus keikutsertaannya pada program Pemerintah, JamSyar telah menjamin lebih dari 957 ribu jumlah nasabah yang terdampak covid-19 dengan total volume pembiayaan yang dijamin adalah sebesar Rp 4,74 triliun. Program PEN ini dilakukan oleh JamSyar melalui Kerjasama penjaminan Pembiayaan Modal Kerja PEN Bersama dengan 10 Bank Penyalur Pembiayaan Modal Kerja PEN.


Photo Credit : Gedung Jamkrindo Syariah (JamSyar)/Doc/Ist


 

Atti K.





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close