Connect with us

HEADLINE

Tidak Perlu Lagi Meributkan Durinya, Inilah Olahan Bandeng Khas Nusantara

Avatar

Published

on

Tidak Perlu Lagi Meributkan Durinya, Inilah Olahan Bandeng Khas Nusantara

[ad_1]

Setiap kali mendengar kata bandeng, hal pertama yang selalu terbayang pasti tulang-tulang halus atau duri yang sangat banyak di dalamnya. Keberadaan duri ini kerap kali membuat para penikmat bandeng kesulitan pada saat menyantapnya karena diperlukan kehati-hatian ekstra agar duri ikan bandeng tidak ikut termakan.

Masalah duri ikan bandeng ternyata telah dialami oleh banyak orang sejak zaman dahulu bahkan sejak abad ke-16 masehi. Hal ini pun mendorong masyarakat Indonesia dalam menciptakan olahan-olahan bandeng yang mudah untuk dinikmati tanpa harus memikirkan masalah durinya. Berikut beberapa olahan bandeng khas nusantara yang dapat dinikmati dengan mudah tanpa perlu takut dengan durinya.

Sate Bandeng Khas Serang

Sate Bandeng Serang | Indonesia Kaya

info gambar

Sate bandeng merupakan kuliner olahan bandeng khas dari Kota Serang, Banten. Apabila biasanya sate di Indonesia berbahan dasar daging, seperti daging ayam, sapi, atau kambing, sate yang satu ini justru menggunakan bandeng sebagai bahan bakunya.

Sate bandeng telah ada sejak abad ke-16 masehi pada masa kesultanan Banten. Di masa itu, ikan bandeng menjadi salah satu ikan yang mudah didapatkan dari nelayan di kawasan pesisir Serang. Ikan bandeng yang berasal dari sana dikenal memiliki rasa yang nikmat, pulen, dan tidak berbau lumpur.

Olahan sate bandeng tercetus oleh juru masak kerajaan saat ingin menyajikan hidangan ikan bandeng. Setelah dibuat pusing dengan keberadaan duri di dalam daging ikan, sang juru masak akhirnya menemukan cara untuk membuat olahan bandeng yang terbebas dari durinya.

Juru masak tersebut awalnya menekan dan memukul-mukul ikan bandeng hingga dagingnya hancur dan terpisah dari tulang maupun kulitnya. Tulang ikan yang sudah terpisah dari dagingnya kemudian ditarik keluar melalui bagian bawah kepala ikan. Setelah itu, daging ikan yang telah hancur dipisahkan dari kulitnya dan dicampur dengan santan kental bersama bumbu rempah lainnya kemudian dimasukan kembali ke dalam kulitnya.

Sate ikan bandeng dibakar dengan cara dijepit menggunakan bambu. Sisa adonan daging ikan biasanya digunakan untuk melumuri bagian luar ikan bandeng yang akan dibakar. Tidak lama setelah itu, sate bandeng pun siap untuk dinikmati dan sangat cocok bersanding dengan nasi hangat serta sambal.

Olahan sate bandeng ini sangat digemari dan masih dipertahankan oleh masyarakat Kota Serang hingga saat ini. Sate bandeng bahkan telah menjadi kuliner khas Banten yang wajib dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke sana.

Otak-otak Bandeng khas Gresik

Otak-otak Bandeng Khas Gresik | Disparbud Gresik

info gambar

Serupa namun tak sama dengan sate bandeng dari Serang, otak-otak bandeng merupakan salah satu kuliner khas Gresik, Jawa Timur, selain nasi krawu dan pudak. Olahan bandeng satu ini menyulap daging bandeng yang memiliki banyak duri menjadi makanan yang mudah untuk dinikmati hingga memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Proses pembuatan otak-otak bandeng pun sedikit mirip dengan pembuatan sate bandeng. Pertama-tama, daging ikan bandeng dipisahkan dari kulit dan durinya. Daging tersebut kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti kelapa, bawang putih, garam, dan cabai. Setelah dimasak, olahan daging dimasukan kembali ke dalam kulit ikan bandeng dan dikukus hingga matang. Otak-otak ikan bandeng biasa disajikan setelah diolah lagi dengan cara dibakar atau diasap.

Bandeng Presto khas Semarang

Bandeng Presto | Indonesia Kaya

info gambar

Olahan bandeng selanjutnya yang tidak kalah enak adalah bandeng presto dari Semarang, Jawa tengah. Berbeda dengan olahan bandeng sebelumnya, olahan bandeng yang satu ini masih memiliki tulang di dalamnya. Namun tidak perlu khawatir, ikan bandeng ini sudah diolah menjadi ikan yang berduri lunak sehingga bisa dinikmati tanpa perlu meributkan durinya.

Pembuatan bandeng presto ini terbilang sederhana. Ikan bandeng yang telah dibersihkan hanya dibumbui menggunakan bumbu rempah, seperti bawang putih, kunyit, dan garam. Kemudian, ikan bandeng tersebut dimasak menggunakan panci pressure cooker atau lebih dikenal sebagai panci presto. Proses memasak inilah yang menjadi rahasia dibalik duri lunak bandeng presto.

Bandeng presto pertama kali dirintis oleh Hanna Budimulya, seorang wanita kelahiran Juwana, Jawa Tengah. Bermula dari kekhawatiran terhadap suaminya yang bekerja sebagai supir truk, Hanna pun berniat untuk membantu mencari penghasilan tambahan.

Suatu hari saat mengantar anak pertamanya masuk taman kanak-kanak, Hanna melihat ibu-ibu lainnya mengantarkan anaknya sambil membawa barang dagangan, seperti baju dan sepatu. Melihat peluang ini, Hanna mendapat ide untuk menjual bandeng pindang yang durinya sudah dilunakkan dengan panci pressure cooker merek Presto miliknya. Panci tersebut merupakan hadiah ulang tahun Hanna pada tanggal 28 Juni 1976.

Saat pertama kali berjualan, Hanna memproduksi sebanyak 12 ekor ikan bandeng. Namun, hanya 2 ekor saja yang terjual. Di hari-hari berikutnya, penjualan olahan bandeng Hanna semakin bertambah. Melihat hal ini, Hanna pun semakin percaya diri dan memberanikan dirinya untuk membuka toko bandeng Presto di rumahnya.

Sampai saat ini, bandeng presto masih tetap eksis dan telah menjadi ikon dari Kota Semarang. Tidak hanya itu, olahan bandeng yang satu ini juga sudah sampai ke luar kota, seperti Surabaya, Jakarta, dan Bandung, maupun ke luar negeri, seperti Hongkong dan Amerika.

Itulah beberapa olahan bandeng khas nusantara yang dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus kerepotan dengan durinya. Dari ketiga olahan bandeng ini, olahan bandeng mana saja nih yang sudah atau ingin Kawan cicipi?*

Referensi:Indonesia Kaya | Bandeng Presto Semarang | Budaya.co | Detikfood | Gotravelly



[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

HEADLINE

RUU TPKS Jadi Usul Inisiatif DPR, PSI: Ini Kehendak Sejarah

Avatar

Published

on

RUU TPKS Jadi Usul Inisiatif DPR, PSI: Ini Kehendak Sejarah
Sekjen DPP PSI, Dea Tunggaesti

BuzzFeed – Partai Solidaritas Indonesia mengapresiasi langkah DPR RI yang akan menjadikan Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) sebagai inisiatif DPR.

“Ini kehendak sejarah, ketika korban-korban berjatuhan dan akhirnya Presiden Jokowi meminta percepatan prosesnya. PSI sudah berulang kali menyampaikan bahwa RUU TPKS akan memberi payung hukum yang memadai bagi korban kekerasan seksual,” kata Sekjen DPP PSI, Dea Tunggaesti, dalam ketarangan tertulis , Rabu 12 Januari 2022.

Bersamaan dengan apresiasi ini, PSI berharap kualitas UU yang dihasilkan juga mumpuni dan tidak ala kadarnya.

“Kita semua punya kewajiban untuk memastikan kualitas UU yang dihasilkan terjaga. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan misalnya menyampaikan saran-saran konstruktif atas pasal-pasal yang tercantum dalam RUU,” kata Dea.

Seperti diberitakan, DPR memastikan akan menjadikan RUU TPKS sebagai RUU inisiatif DPR pada Selasa 18 Januari 2022. Kepastian ini disampaikan dalam rapat paripurna ke-12 DPR masa persidangan ke-3 tahun 2021-2022, Selasa kemarin.

“RUU TPKS mengisi kekosongan hukum materil dan formil dari produk perundang-undangan yang ada selama ini,” lanjut Dea.

Doktor Ilmu Hukum dari Unpad ini menegaskan, para korban butuh negara hadir saat ini juga. Sudah terlalu banyak korban kekerasan seksual. UU yang dihasilkan kelak diharapkan akan mencegah jatuhnya korban-korban baru.

Sejak awal 2019, PSI sudah menyerukan pentingnya pengesahan RUU TPKS yang saat itu masih bernama RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

Terakhir, lewat pidato Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie di acara HUT ke-7 pada 22 Desember 2021, PSI menyoroti DPR yang tak kunjung mengesahkan RUU TPKS. Beberapa hari kemudian, Presiden Jokowi meminta percepatan proses RUU tersebut.

Continue Reading

HEADLINE

Menkeu Beberkan Realisasi sementara belanja APBN 2021 capai Rp2.786,8 triliun

Avatar

Published

on

Menkeu Beberkan Realisasi sementara belanja APBN 2021 capai Rp2.786,8 triliun
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (tengah) dalam Konferensi Pers Realisasi APBN 2021 di Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA/Agatha Olivia.

BuzzFeed – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beberkan laporan realisasi sementara belanja negara 2021 capai Rp. 2,78 Triliun atau 101,3 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp2.750 triliun.

“Artinya negara membelanjakan Rp36,7 triliun lebih tinggi dari APBN, sehingga berhasil tumbuh 7,4 persen dari tahun lalu,” ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Realisasi APBN 2021 di Jakarta, Senin (3/1/2021) dilansir dari Antara News.

Selain itu, ia mengatakan bahwa tahun sebelumnya, realisasi belanja negara mencapai Rp2.595,5 triliun, namun angka tersebut tak mencapai target APBN 2020 yang sekitar Rp2.700 triliun.

Dilain itu, realisasi belanja negara pada tahun lalu berhasil tumbuh 12,4 persen dari realisasi tahun 2019, yakni Rp2.309,3 triliun, sehingga terlihat belanja negara yang terus tumbuh setiap tahunnya.

“Jadi kalau pendapatan negara tidak bisa mengejar, defisitnya bisa naik,” tegas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, realisasi sementara belanja negara tahun 2021 meliputi belanja pemerintah pusat Rp2.001,1 triliun atau terealisasi 102,4 persen dari target Rp1.954,5 triliun, serta transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) Rp 785,7 triliun atau 98,8 persen dari target Rp795,5 triliun.

Realisasi belanja pemerintah pusat berhasil tumbuh 9,2 persen lebih tinggi dari tahun lalu yang sebesar Rp1.833 triliun, yang meliputi belanja kementerian/lembaga Rp1.189,1 triliun atau 115,2 persen dari target Rp1.032 triliun dan belanja non kementerian/lembaga Rp812 triliun atau 88 persen dari target Rp922,6 triliun.

“Dalam hal ini terlihat belanja pemerintah pusat yang menyebabkan APBN agar bisa countercyclical karena belanja COVID-19, yang memang selain untuk kebutuhan kesehatan, tetapi juga untuk bidang sosial dan belanja lainnya,” ucap dia.

Sementara itu, Bendahara Negara menuturkan realisasi TKDD relatif stabil dan tumbuh tiga persen jika dibandingkan dengan realisasi tahun 2020 yang sebesar Rp762,5 triliun.

Continue Reading

HEADLINE

Menginspirasi Kepedulian terhadap Fauna Langka Indonesia, ATARU Luncurkan Produk Eksklusif

Tia Mutiara

Published

on

Menginspirasi Kepedulian terhadap Fauna Langka Indonesia, ATARU Luncurkan Produk Eksklusif

BuzzFeed – ATARU, penyedia berbagai produk kebutuhan sehari-hari yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group, resmi meluncurkan seri merchandise baru bertema fauna-fauna langka dari Indonesia. 

Tasya Widyakrisnadi selaku Managing Director ATARU Indonesia menuturkan, “Keberadaan fauna-fauna langka di Indonesia merupakan anugerah yang harus terus dijaga kelestariannya. Alasan inilah yang mendorong ATARU meluncurkan merchandise eksklusif bertemakan fauna langka untuk memperkenalkan keberadaan fauna-fauna endemik Indonesia kepada khalayak luas, sehingga kesadaran akan dan kepedulian terhadap fauna Indonesia dapat kita bangun bersama-sama.” 

Dalam seri merchandise eksklusif kali ini, ATARU memperkenalkan tiga fauna langka yang dipilih berdasarkan keterikatan kepribadian ketiga fauna tersebut dengan value brand Ataru yaitu, ‘Happiness’

yang diwakili oleh Orang Utan, ‘Authenticity’ oleh Burung Mambruk dan ‘Positivity’ oleh Tarsius. Ketiga fauna tersebut menjadi karakter yang tampil di berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari, seperti topi, tas, tempat minum, boneka, hingga kaos kaki. 

Perburuan liar serta deforestasi menjadi faktor utama dari menurunnya populasi Orangutan, Burung Mambruk, dan Tarsius. Ketiga hewan endemik ini masuk dalam daftar rentan dan terancam kritis oleh Badan Konservasi Alam Internasional (IUCN). Padahal, keberadaan mereka sangat penting untuk menjaga ekosistem dan biodiversitas hutan. 

Produk ini bisa didapatkan di 21 toko Ataru yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga dapat ditemukan di toko Ace Hardware Indonesia tertentu. 

Tentang ATARU 

Hadir pada tahun 2018 sebagai pengembangan bisnis PT Ace Hardware Indonesia, Tbk, Ataru adalah penyedia berbagai kebutuhan sehari-hari. Ataru ingin membawa semangat positif ke dalam hidup setiap pelanggannya melalui produknya yang unik dan berkualitas. 

Dengan slogan ‘Everyone is a Hero’, Ataru mengajak setiap pelanggan untuk mewujudkan diri sebagai Hero dalam versinya sendiri, dengan produk lifestyle inovatif yang digunakan setiap hari.Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.instagram.com/ataruindonesia 

Tentang Kawan Lama Group 

Kawan Lama Group adalah identitas dari kelompok unit bisnis multisektor yang masing-masing bergerak dalam 6 pilar bisnis yaitu Commercial & Industrial, Consumer Retail, Food & Beverage, Property & Hospitality, Commercial Technology, serta Manufacturing & Engineering, namun dipersatukan oleh nilai dan tujuan yang sama yaitu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi setiap keluarga. Hadir sejak tahun 1955, Kawan Lama Group yang memiliki slogan Bring Value for a Better Life menaungi 28 unit bisnis yang memiliki 20 cabang distribusi, 24 service center, dan lebih dari 1.000 toko ritel di Indonesia. 

Continue Reading

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2022 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close