Telisik Kandungan dan Khasiat Teh Bunga Telang


Clitoria ternata atau yang biasa disebut kembang atau bunga telang tumbuh di seluruh Asia tenggara, tak terkecuali Indonesia. Bagi sebagian orang, bunga telang hanya terlihat sebagai tanaman perdu yang memiliki bunga berwarna biru keungu-unguan.

Namun ternyata, bunga telang punya kegunaan yang baik lho bagi tubuh jika dikonsumsi. Cara paling mudah adalah dengan mengolahnya menjadi teh. Khasiat teh bunga telang sudah dikenal sejak lama karena kandungannya yang bermanfaat untuk diet dan kecantikan.

Kawan dapat mengolahnya dengan mudah. Ada kandungan apa saja, ya, dalam bunga telang ini? Manfaat dan cara membuatnya bagaimana, sih? Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Gambar bunga telang

info gambar

1. Kandungan Bunga Telang Baik untuk Tubuh

Bunga telang mengandung antioksidan seperti flavonoid, peptida, dan quercetin. Beberapa zat tersebut berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh sehingga bisa digunakan sebagai produk diet. Selain itu, bunga telang mengandung zat untuk menutrisi kulit dan rambut. Tak heran jika kembang ini banyak digunakan sebagai obat herbal, minuman, atau bahan makanan sejak dulu.

2. Bermaanfaat untuk Pola Diet yang Praktis

Metabolisme tubuh sangat penting untuk mengurangi penambahan berat badan dan menjaga tubuh kita. Dengan meminum teh telang kita dapat menjaga berat badan agar tetap ideal dan tak berlebihan. Mengonsumsi teh bunga telang secara rutin akan menjaga sistem metabolisme karena kembang ini mengandung hormon yang berfungsi untuk membakar lemak dan kalori. Jadi, bunga telang berfungsi banget nih untuk pola diet kamu!

3. Bermanfaat Bagi Kecantikan

Selain menjaga berat badan agar tetap ideal, kandungan bunga telang juga berfungsi untuk merawat tubuh salah satunya adalah menjaga kulit dan rambut karena zat quercetin yang ada di dalamnya. Teh bunga telang akan melancarkan aliran darah ke rambut sehingga akarnya tetap kuat dan bikin rambutmu nggak mudah rontok. Antioksidannya yang tinggi juga menjaga kulitmu dari penuaan dini dan kerutan.

Nah, Kawan sudah tahu nih manfaat baiknya. Langsung saja yuk ke cara membuat teh dari bunga telang ini.

Cara Membuat Teh dari Bunga Telang

Cara membuat teh dari bunga telang ini cukup muda. Pertama Kawan perlu siapkan beberapa bahan, seperti air panas secukupnya, beberapa bunga telang yang telah dikeringkan terlebih dulu, dan gula atau madu sebagai pemanis.

Gambar bunga telang

info gambar

Nah, setelah semua bahan sudah siap, langkah selanjutnya ialah mengolahnya dengan cara masukkan bunga telang ke dalam gelas (Kawan juga bisa memasukkan air panasnya terlebih dahulu). Kemudian tuang air panas yang sudah siap, diamkan selama 5-10 menit.

Selanjutnya, tambahkan gula atau madu secukupnya. Aduk hingga merata. Ambil bekas bunga telang dari gelas atau disaring. Nah, teh bunga telang siap dikonsumsi.

Mudah kan cara membuatnya? Kawan juga bisa mendapatkan manfaat baik untuk diet dan kecantikan. Selamat mencoba!*





Source link