Connect with us

FEED

Sultan Perak Bolehkan Sholat Jamaah Terbatas di Masjid

Sultan Perak Bolehkan Sholat Jamaah Terbatas di Masjid




Sultan Perak Bolehkan Sholat Jamaah Terbatas di Masjid. Foto: Masjid Ubudiah di Bukit Chandan, Kuala Kangsar, Perak, Malaysia.


© Blogspot.com
Sultan Perak Bolehkan Sholat Jamaah Terbatas di Masjid. Foto: Masjid Ubudiah di Bukit Chandan, Kuala Kangsar, Perak, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, PERAK–Sultan Perak, Nazrin Shah baru saja mengizinkan sholat Jumat, sholat wajib dan sholat jenazah dilakukan di masjid dan seluruh negara bagian Perak. Namun, shalat harus dilakukan dengan jumlah maksimal 120 orang. Jumlah ini bertambah dibandingkan dengan batas 40 orang sebelumnya

Presiden Perak Islamic Religion and Malay Customs Council (MAIPk) Datuk Seri Mohd Annuar Zaini mengatakan persetujuan tersebut diberikan atas saran dari Komite Fatwa Perak serta Kementerian Kesehatan dan Dewan Keamanan Nasional negara bagian. Namun, kata dia, untuk wilayah yang ditempatkan di bawah Perintah Pengendalian Gerakan yang Ditingkatkan (EMCO), semua kegiatan keagamaan termasuk sholat Jumat dan sholat wajib di masjid dilarang.

 Mohd Annuar menambahkan, untuk masjid negara Masjid Sultan Idris Shah, Masjid Sultan Azlan Shah di Ipoh serta Masjid Ubudiah Kuala Kangsar serta masjid utama di setiap distrik diperbolehkan menampung maksimal 250 orang.

 “Masjid dan sekolah di kamp militer dan polisi, universitas, perguruan tinggi, dan kampus politeknik diperbolehkan menampung maksimal 250 orang. Dan dibatasi untuk personel kamp dan warga kampus,” katanya dalam sebuah pernyataan dilansir dari Bernama, Selasa (9/2).

 Menurut Mohd Annuar, izin shalat Jumat di semua masjid dan surau termasuk di kamp militer dan polisi, gedung perkantoran, institusi, universitas, perguruan tinggi, sekolah, perusahaan dan pabrik bertujuan agar lebih banyak umat Islam memiliki kesempatan untuk menunaikan sholat. Dia mengatakan, jemaah yang diizinkan untuk menghadiri sholat dibatasi hanya pria warga negara Malaysia, berusia 16 hingga 70 tahun. Mereka juga disarankan untuk membawa tas untuk menyimpan sepatu yang bisa dibawa ke masjid dan surau.

 Kegiatan keagamaan berbasis ilmu juga diperbolehkan di masjid dan surau setelah sholat maghrib sambil menunggu shalat Isya saja. Selain itu, sembari menunggu adzan Jum’at, kegiatan ceramah ilmu bisa dilaksanakan namun tidak lebih dari 20 menit sembari menghidangkan makanan di masjid atau surau.

 “Sultan Nazrin memahami keinginan umat Islam untuk menunaikan sholat di masjid dan surau. Namun ia perlu mengedepankan keselamatan dan kesehatan masyarakat serta memperhatikan tugas berat yang dihadapi oleh staf Kementerian Kesehatan dalam menangani Covid-19,” katanya.

Sultan Nazrin, kata Annuar juga berpesan agar seluruh masjid dan surau mengadakan ‘sholat hajat’ setiap hari, agar pandemi berakhir sehingga kehidupan bisa kembali normal.



Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

Bukan Cinta, Ini Ciri Pasangan Terobsesi Padamu

Bukan Cinta, Ini Ciri Pasangan Terobsesi Padamu


AKURAT.CO, Saat berbicara tentang hubungan, semua orang pasti ingin menemukan seseorang yang berkomitmen dan setia. Tapi ada garis tipis antara jatuh cinta dan obsesi. Jadi, bagaimana kamu tahu jika pasangan benar-benar sedang jatuh cinta atau hanya terobsesi?

Mark B. Borg, Jr,. Ph.D, psikolog klinis dan penulis Relationship Sanity mengatakan bahwa obsesi berasal dari rasa cemas dan khawatir ditinggalkan. Dan biasanya seseorang tidak menyadari jika kecemasaannya itu terlihat melalui tindakannya.

Dalam hubungan yang sehat, kamu dan pasangan seharusnya dapat berkomunikasi dan mengungkapkan perasaan kalian satu sama lain dan kecemasan itu pun akan hilang. Namun jika rasa cemas itu masih ada, hal itu bisa menimbulkan obsesi. 

baca juga:

Berikut ini Akurat.co merangkum ciri-ciri pasangan yang terobesi padamu menurut  Mark B. Borg, Jr,. Ph.D, clinical psychologist and author of Relantionship Sanity: 

Meminta komitmen sejak awal

Menurut Dr. Borg seseorang yang terobesi  kemungkinan besar akan didorong oleh kecemasan yang disebabkan oleh obsesi mereka. Misalnya, jika seseorang takut kehilangan kamu, mereka akan melakukan segala cara agar kamu tidak meninggalkannya. Itu mungkin termasuk meminta eksklusivitas atau komitmen sejak awal dalam hubungan. Seseorang yang terobsesi cenderung mengasosiasikan perasaan cemas mereka dengan kebutuhan akan cinta.

Harus selalu berkomunikasi

Komunikasi adalah hal penting dalam sebuah hubungan. Namun, seseorang yang terobesi kepadamu tak akan bisa memulai atau mengakhiri hari tanpa berbicara dengan kamu.

Kamu akan tahu itu obsesi jika pasangan bertindak dengan cara yang tidak rasional. Misalnya, jika tidak dapat berbicara dengan kamu satu hari saja, ia kana terus-menerus  menelepon sampai kamu akhirnya menghubunginya. 

Editor: Bonifasius Sedu Beribe





Source link

Continue Reading

FEED

Bagi Quartararo, Portugal Jadi Salah Satu Tempat yang Sulit : Okezone Sports

Bagi Quartararo, Portugal Jadi Salah Satu Tempat yang Sulit : Okezone Sports


ANDORRA – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, kini tengah mempersiapkan diri untuk menjalani balapan seri ketiga di MotoGP 2021. Bertajuk MotoGP Portugal 2021, Quartararo merasa perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin karena Sirkuit Algarve menjadi salah satu yang sulit.

Gelaran MotoGP 2021 kini memang akan memasuki seri ketiga. Balapan akan digelar di Sirkuit Algarve pada Minggu 18 April 2021 malam WIB.

Fabio Quartararo

Bagi Quartararo, balapan ini akan sangat penting untuk membuktikan lebih jauh kondisi motor balap Yamaha. Sebab sejauh ini, motor Yamaha sendiri sudah menunjukkan kinerja yang kompetitif.

BACA JUGA: Quartararo ke Marc Marquez: Jangan Terlalu Cepat Ya di Portugal!

Yamaha terbukti bisa menggondol dua kemenangan dalam balapan yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada awal musim 2021 ini. Salah satu kemenangan didapat lewat aksi fantastis Quartararo.

BACA JUGA: Sukses Juarai MotoGP Doha 2021, Fabio Quartararo Tuai Pujian Andrea Dovizioso

Kini, Quartararo pun membuka lebar kansnya untuk menjadi juara MotoGP 2021. Tentu saja, kondisi ini ingin dijaga dengan baik oleh Quartararo.

Tak ayal, dia berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk balapan berikutnya. Terlebih, pembalap asal Prancis itu merasa tak punya modal baik karena musim lalu penampilannya cukup buruk saat di Portugal.

“Kami akan melihat dalam beberapa waktu ke depan untuk balapan di Portimao, yang merupakan salah satu trek tersulit bagi kami,” ujar Quartararo, sebagaimana dikutip dari Crash, Minggu (11/4/2021).

Fabio Quartararo

“Selain Franco Morbidelli, yang memiliki spesifikasi motor 2019 dan finis di posisi ketiga, kami finis di urutan ke-11, 12, 14. Itu akan menjadi momen di mana kami akan melihat potensi motor kami,” lanjutnya.

“Saat ini, menyalip jauh lebih baik dari tahun lalu karena saya merasakan batasnya dan tahu di mana batasnya. Saya merasa sangat baik saat menyalip,” tukas Quartararo.



Source link

Continue Reading

FEED

Silahturahmi dengan Ulama Jangan Pernah Putus

Silahturahmi dengan Ulama Jangan Pernah Putus



loading…

JAKARTAKapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meresmikan gedung baru Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Tajul Falah, Banten, Sabtu (10/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Sigit menegaskan, sejak dirinya menjabat Kapolda Banten hingga Kapolri saat ini, tali silahturami dengan para ulama dan tokoh masyarakat tidak pernah putus sedikitpun. “Saat menjabat Kapolda Banten dan silaturahmi tidak pernah putus. Walaupun saat ini posisi saya jauh namun tali silaturahmi dengan para ulama tetap terjaga,” kata Sigit saat meresmikan gedung baru Ponpes Tajul Falah. Baca juga: Perintah Kapolri agar Hindari Arogansi Aparat Dinilai Sudah Tepat

Sigit juga menyatakan, peran dan sentuhan dari tokoh agama di tengah Pandemi Covid-19 dewasa ini sangat diperlukan. Tujuannya agar masyarakat bisa bergandengan tangan dalam memutus mata rantai virus Corona. “Dengan adanya pandemi ini mari kita gandeng tangan bersama sama mengatasi pandemi ini, jauhkan rasa dengki rasa ini dengan yang lain, walaupun negara kita terdiri dari berbagai kemajemukan mari kita semua saudara membangun bangsa ini,” ujar Sigit. Baca juga: Sehari Dilantik, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Langsung Kunjungi Kantor PBNU

Tak lupa, Sigit menekankan, kunjungannya ke Banten juga sekaligus memastikan bahwa perhatian dan kecintaannya kepada seluruh ulama dan tokoh masyarakat tersebut tidak pernah hilang. “Hari ini sebenarnya ini temu kangen bernostalgia saja dengan sahabat-sahabat saya dengan alim ulama yang selama ini selalu bersama-sama. Walaupun saya sudah jarang bertemu dengan sahabat-sahabat saya ulama Banten namun kecintaan saya terhadap ulama-ulama Banten tidak akan pernah pudar,” papar eks Kabareskrim Polri itu. Dalam peresmian itu, Sigit dikalungi oleh serban putih oleh alim ulama. Ia juga diberikan kesempatan untuk menandatangani prasasti sebagai simbol peresmian gedung Pesantren tersebut.

(cip)



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close