Connect with us

COVID-19

STIE Jayakarta Adakan Bakti Sosial Covid-19

Avatar

Published

on

STIE Jayakarta Adakan Bakti Sosial Covid-19
Samuel Horas Sarjana pada saat kegiatan bakti sosial di Duren Sawit Jakarta

BuzzFeed – Pengabdian kepada masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah bakti sosial.

“Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah bertambahnya kecepatan proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan serta melakukan kegiatan yang mampu mengentaskan masyarakat tersisih (preferential option for the poor) pada semua strata, yaitu masyarakat yang tersisih secara ekonomi, politik, sosial, dan budaya, kata Samuel Horas Sarjana, salaku ketua pelaksanaan dari kampus STIE & STMIK Jayakarta, (04/11/2021).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut bertujuan dalam rangka memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan untuk meringankan sedikit beban berupa pembagian bingkisan sembako dan pelatihan usaha jualan dalam skala kecil kepada anggota satuan pengamanan lingkungan di wilayah RW 06 kelurahan Pondok Kopi, kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur yang terkena dampak ekonomi secara langsung akibat masih berlangsungnya wabah Covid-19.

“Ini adalah inisiatif untuk membantu program pemerintah dalam meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah yang sangat terpengaruh dengan adanya wabah Covid 19 ini, dengan memberikan bantuan sembako sebagai bentuk langsung yang bisa dikonsumsi untuk meringankan beban saudara kita yang terkena dampak virus Corona,” imbuh Samuel yang juga sebagai penggagas dan pelaksana Program PKM dari STIE Jayakarta Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan membentuk kerjasama dengan pengurus RW 06 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit Jakarta, pelaksaanaan survei langan dan lingkungan setempat untuk mengetahui secara pasti kondisi riil masayarakat dan mengidentifikasi keluarga sasaran dalam pelaksanaan kegiatan PKM.

“Manfaat bakti sosial dan pelatihan membangun jiwa solidaritas dan rasa moralitas yang tinggi salah satu caranya yaitu dengan menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain, selain itu juga dengan menjalin silahturahmi dengan orang lain dengan cara rutin melakukan komunikasi demi menjadi tali silahturahmi yang intensif dengan individu atau kelompok lain,” paparnya.

Kegiatan yang juga ditujukan untuk membantu pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan harkat dan martabat seluruh lapisan masyarakat dimana dalam kondisi sekarang ini dinilai banyak yang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap masalah ekonomi dan keterbelakangan dan sebagai upaya pemberdayaan.

“Kampus STIE & STMIK Jayakarta melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan ini bertujuan untuk sedikitnya bisa ikut meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Advertisement
2 Comments

COVID-19

Dampak Pandemi COVID-19, Omzet Bunga Potong di Jakarta Menurun

Avatar

Published

on

Dampak Pandemi COVID-19, Omzet Bunga Potong di Jakarta Menurun

BuzzFeed – Dalam situasi seperti ini banyak para pedagang Bunga Potong enggan untuk menyetok dagangannya di karenakan untung dalam penjualan sangatlah minim dan faktor cuaca mempengaruhi omset penjualan.

Salah satu penjual bunga potong di kawasan Terogong, Jakarta Selatan, mengkawatirkan lonjakan harga bunga potong pada hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, permintaan untuk merangkai bunga potong yang akan di jadikan rangkaian Bouquet, standing Flowers dan masih banyak lagi turun derastis dalam penjualan.

“Turun derastisnya omset pada masa masa sekarang ini akibat Pandemi Covid 19, para pedagang cukup was-was dalam menyetok dagangannya,jika layu dan bunganya rontok dan lebih dari 3 hari yaa kami buang,” ujar Jeri Ananda (26) pada Selasa(16/11/2021)

Diketahui, para pedagang bunga potong mengharapkan nantinya di bulan Desember Tahun ini harga bunga potong tidak melambung tinggi.

Continue Reading

COVID-19

Laju Vaksinasi di Daerah di AS yang Dilanda Varian Delta Kini Meningkat

Avatar

Published

on

Laju Vaksinasi di Daerah di AS yang Dilanda Varian Delta Kini Meningkat

[ad_1]

Gedung Putih, Kamis (22/7), mengatakan vaksinasi COVID-19 di negara-negara bagian yang terpukul hebat oleh perebakan luas varian Delta yang menyebar dengan sangat cepat, kini meningkat.

Koordinator Penanganan COVID-19 di Amerika Serikat (AS), Jeff Zients, mengatakan kepada wartawan bahwa warga di beberapa negara bagian dengan proporsi tingkat perebakan virus corona baru tertinggi kini mulai berupaya untuk mendapat vaksinasi COVID-19. Laju vaksinasi di wilayah-wilayah itu kini lebih tinggi dibanding laju vaksinasi di AS secara keseluruhan.

Para pejabat Amerika merujuk Arkansas, Florida, Louisiana, Missouri dan Nevada sebagai contoh di mana kini terjadi laju vaksinasi yang lebih cepat.

Varian Delta, yang menyebar secara lebih agresif, kini menyumbang sekitar 83 persen kasus baru secara nasional dan menjadi varian yang dominan di setiap wilayah. Meskipun sejumlah pejabat kesehatan mengingatkan bahwa AS kembali berada di tiitk kritis lain dalam pandemi ini, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) tidak mengubah pedomannya bahwa orang yang sudah divaksinasi penuh tidak perlu lagi mengenakan masker.

Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky mengatakan keputusan di tingkat lokal tentang perlu tidaknya mengenakan masker dapat bervariasi, tergantung pada laju vaksinasi dan ada tidaknya lonjakan kasus baru.

Walensky mengatakan risiko terbesar saat ini adalah terhadap orang-orang yang tidak divaksinasi.

“Kami telah secara konsisten dan berulang kali mengatakan, jika Anda tidak divaksinasi, Anda perlu mengenakan masker untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar,” kata Walensky.

Dia menegaskan perlu lebih banyak orang yang divaksinasi untuk menghentikan pandemi ini.

“Jadi secara keseluruhan, rekomendasi CDC tidak berubah. Orang yang sudah divaksinasi penuh terlindung dari penyakit berat,” imbuhnya. [em/lt]

[ad_2]

Source link

Continue Reading

COVID-19

Pfizer-BioNTech Sepakat Produksi Vaksin COVID-19 untuk Afrika

Avatar

Published

on

Pfizer-BioNTech Sepakat Produksi Vaksin COVID-19 untuk Afrika

[ad_1]

Pfizer dan BioNTech telah bersepakat dengan Institut Biovac di Afrika Selatan untuk memproduksi vaksin COVID-19 mereka dan mendistribusikannya di Afrika, kata perusahaan bioteknologi itu, Rabu.

Perusahaan di Cape Town itu akan memproduksi 100 juta dosis vaksin setiap tahun mulai 2022, mencampur bahan vaksin yang diterimanya dari Eropa, memasukkan ke botol, dan mengemasnya untuk didistribusi ke 54 negara di Afrika. Kesepakatan itu pada akhirnya akan membantu mengurangi kekurangan vaksin di benua itu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika mengatakan kurang dari 2% dari 1,3 miliar populasinya telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan tujuan perusahaan itu adalah memberi vaksin itu kepada orang-orang di seluruh Afrika, menyimpang dari perjanjian bilateral di mana sebagian besar dosis dijual ke negara-negara kaya.

Vaksin Johnson & Johnson sudah diproduksi di Afrika Selatan dalam proses “isi dan kemas” serupa dan memiliki kapasitas produksi lebih dari 200 juta dosis per tahun. Vaksin-vaksin itu juga sedang didistribusikan ke seluruh benua Afrika.[ka/jm]

[ad_2]

Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

VIDEO FEED

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2021 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close