Setelah ke Mekah, Bikers Ini Touring Pakai Nmax lagi ke Timor Leste – Berita Otomotif


DILI – Lilik Gunawan dan Balda yang merupakan putranya kembali melakukan perjalanan jauh atau touring dengan menggunakan all-new Yamaha Nmax.

Lilik dan Balda (5 tahun) sebelumnya melakukan perjalanan ke Mekah, Madinah untuk menunaikan ibadah umrah. Belum puas, Lilik dan anaknya kembali melakukan perjalanan jauh. Mengusung misi Ride to East, keduanya menempuh jarak lebih dari 5.000 kilometer menggunakan skutik yang cukup populer di Indonesia.

Memulai perjalanan yang kedua sejak 28 Oktober 2020, keduanya berangkat dari Tanah Air dalam rangka mengumpulkan surat cinta untuk Presiden Pertama Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), Xanana Gusmao. Kisah ini rencananya akan dijadikan bahan buku yang dibuatnya.

All-new Yamaha Nmax 155 Connected ABS yang digunakan Lilik dan buah hatinya, memasuki wilayah Timor Leste pada 18 Desemebr 2020. Sesampainya di Dili, Ia baru berjumpa dengan Xanana pada 9 Januari 2021, ditemani para komunitas biker lokal.

yamaha Nmax

“Perjalanan saya total selama 50 hari dengan rute mulai dari Bangko, Merangin, Jambi. Lalu perjalanan sendiri baru berakhir di Batugede Timor Leste. Alhamdulillah saya bersama Balda sudah sampai dan bertemu dengan pak Xanana. Kami juga dibantu oleh komunitas-komunitas biker lokal,” ucap Lilik.

Total perjalanan yang ditempuh dari Indonesia menuju Timor Leste oleh Lilik dan Balda mencapai 5.021 KM. Melewati 12 provinsi (Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB), 7 pulau (Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Timor) dan 2 negara (Indonesia, RDTL) selama kurang lebih 50 hari perjalanan.

Beruntungnya, Lilik mengaku tidak mengalami kendala yang berarti selama perjalanan. All-new Nmax 155 Connected /ABS yang dinaiki sangat mumpuni dalam menghantarkannya menuju Timor Leste. Khususnya ketika menyambangi jalur Timur yang di dominasi tikungan dan perbukitan. [Dew/Ari]