Business is booming.

Sembuhkan Boneka yang ‘Terluka’, Korea Selatan Punya ‘Rumah Sakit Boneka’ | Tenasia



Image source : toytalez / website

Bagaimana perasaanmu ketika melihat salah satu orang yang sangat berharga untukmu menderita penyakit? Tentu sedih bukan? Rasanya kamu ingin segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapat perawatan hingga keadaan kembali pulih.

Namun kali ini, Ten Indonesia ingin membahas tentang sebuah rumah sakit, namun bukan dikhususkan untuk manusia, melainkan rumah sakit khusus boneka yang ada di Korea. Wah, memang boneka bisa disembuhkan?

Namanya Toytalez, sebuah rumah sakit yang dikhususkan untuk ‘menyembuhkan’ boneka dengan cara mengembalikan keadaan boneka yang lusuh, robek dan tidak terawat kembali seperti semula.

Image source : subusunews youtube channel

CEO Kim Gam Yeon berkata dalam sebuah wawancara, “Aku mendirikan rumah sakit boneka karena berpikir bahwa boneka bukanlah barang sepele, melainkan sesuatu yang berisikan kenangan berharga.”

Ia melanjutkan, “Ini bukanlah pekerjaan yang hanya mengembalikan tampilan boneka seperti semula, namun menyelamatkan kenangan yang berharga, sehingga aku merawat mereka layaknya sedang memberikan penyembuhan kepada manusia.”

Image source : subusunews youtube channel

Perawatan dan pembedahan di rumah sakit boneka ini berlangsung di ruang desain, yang merupakan setengah dari kantor Toytalez. Empat orang profesional akan melakukan perbaikan di bidangnya masing-masing dengan berbagai bahan boneka, dimulai dengan berbagai kain bertumpuk. Proses perawatan di rumah sakit boneka mirip dengan yang ada di rumah sakit umum, dan dikatakan bahwa boneka tersebut diperiksa dengan cermat, seperti halnya proses penyembuhan anak yang sakit.

Toytalez memilih ketelitian dan kecepatan sebagai prinsip dalam menyembuhkan para pasien. Bagi CEO Kim Gap Yeon, banyak pelanggan yang menganggap boneka sebagai anggota keluarga, sehingga proses penyembuhan pun dianggap sangat penting dan perawatan harus dilakukan dengan seksama.

Image source : subusunews youtube channel

ToyTalez, yang berfokus pada proyek perdagangan dan penemuan karakter, memulai bisnisnya yang disebut ‘Rumah Sakit Boneka’ sejak tahun 2016. Faktanya, ada sekitar 100 hingga 300 operasi per bulan, atau 3000 boneka dalam 4 tahun dengan harga perawatan yang bervariasi tergantung prosedurnya.

Image source : subusunews youtube channel

CEO Kim Gap Yeon juga menceritakan berbagai pelanggan yang datang ke rumah sakit bonekanya. “Ada pelanggan yang membawa boneka hadiah sejak 30 tahun lalu. Ada juga pelanggan yang menganggap boneka sebagai benda yang sangat berharga, dan sebagainya.”

Image source : subusunews youtube channel

Sama halnya seperti rumah sakit untuk manusia, pemilik dari pasien yang ingin mendapatkan perawatan di rumah sakit ini diharuskan untuk mengisi beberapa formulir, seperti formulir persetujuan untuk menginap di rumah sakit dan formulir persetujuan tindakan pembedahan.

Penyembuhan boneka ini juga memberikan efek positif bagi para pemiliknya. Menurut keterangan CEO Kim, menyembuhkan luka boneka juga sekaligus menyembuhkan luka yang dirasakan oleh pemiliknya.

Wah, keren bukan? Siapa pembaca Ten Indonesia yang juga pecinta boneka?



Source link