Lifestyle

Selebritas Hollywood Desak Biden Fasilitasi Gencatan Senjata di Timur Tengah

Selebritas papan atas Hollywood, termasuk Cate Blanchett, Joaquin Phoenix, Ramy Youssef dan Andrew Garfield, medesak Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (20/10), untuk menyerukan agar memfasilitasi gencatan sengata antara Israel dan Hamas. Mereka menyampaikan hal itu dalam surat kepada Biden.

Belasan nama papan atas dalam dunia hiburan meminta Biden berupaya mencapai “deeskalasi dan gencatan senjata segera di Gaza dan Israel sebelum ada korban jiwa lagi.”

“Kami mendesak pemerintahan Anda, dan semua pemimpin dunia, untuk menghormati semua nyawa di Tanah Suci dan menyerukan serta memfasilitasi gencatan senjata tanpa penundaan – diakhirinya pengeboman di Gaza, dan pembebasan sandera secara aman,” kata pernyataan tersebut dalam surat, dirilis oleh artist4ceasefire.org.

“Menyelamatkan nyawa adalah kewajiban moral.”

Israel bersumpah untuk menghancurkan Hamas setelah kelompok Islam tersebut melancarkan serangan mendadak dari Jalur Gaza pada 7 Oktober. Serangan itu menewaskan sedikitnya 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, menurut pejabat Israel.

Menanggapi serangan Hamas, Israel meratakan seluruh blok di Kota Gaza sebagai persiapan untuk invasi darat yang mereka katakan akan segera dilakukan. Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan lebih dari 4.000 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, tewas dalam serangan gencar tersebut.

Surat yang dilayangkan pada Jumat (20/10), yang juga ditandatangani oleh Jon Stewart, penyanyi Dua Lipa, Susan Sarandon dan Channing Tatum, muncul seminggu setelah ratusan tokoh Hollywood menandatangani surat terbuka yang mengutuk “tindakan biadab” yang dilakukan Hamas. [ah/ft]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed