Business is booming.

Sejarah di Balik Asal Usul Celana Jeans yang Belum Diketahui Orang Awam | Keepo.me


sejarah celana jeans

Sejarah dibalik asal usul celana jeans | keepo.me

Sudah tahu sejarahnya belum?

Tidak ada yang bisa menghalau kreativitas dan perkembangan di dunia fashion. Akan selalu ada pagelaran yang diadakan setahun dua kali di atas catwalk dan dipamerkan ke seluruh dunia. Tujuannya supaya orang-orang lebih melek soal tren apa yang akan menjamur beberapa bulan ke depan. Hadir dalam S/S (Summer/Spring) dan F/W (Fall/Winter), ini adalah bentuk nyata dari fast fashion industry yang selalu menuai kontroversial.

Sebagai salah satu celana yang sudah jadi favorit banyak orang di dunia, apakah jins termasuk dalam industri fast fashion? Sepertinya tidak. Didesain, dibuat, dipakai kapan saja tanpa ada batasan zaman, jins akan selalu ngehits hingga kapan pun.

Mengulik sedikit soal sejarahnya, kamu tahu nggak sih kenapa celana yang dibuat dari bahan denim ini disebut dengan jeans?

1.

Ternyata jeans awalnya digunakan oleh para pelaut

sejarah celana jeans

Asal usul celana jeans | keepo.me

Pada zaman dahulu kala, setiap profesi punya seragamnya sendiri-sendiri. Yang bekerja di bengkel akan memakai overall, yang bekerja sebagai pelaut juga ada seragamnya sendiri.

Kata jeans pertama kali dipakai untuk menyebut celana kain khusus yang dipakai oleh Genes. Genes sendiri adalah istilah lokal untuk menyebut pelaut asal Genoa. Jika diucapkan, Genes dan jeans terdengar sama, ‘kan. Mungkin supaya nggak tertukar, jadi panggilan untuk celana ini sedikit dimodifikasi menjadi jeans.

Seiring dengan perkembangan tren, jeans sendiri juga mengalami perubahan arti. Yang awalnya untuk menyebut celana kain sudah berubah untuk menjadi istilah untuk celana yang dibuat dari bahan denim seperti sekarang ini. Bahkan dalam Bahasa Indonesia, sudah ada istilah baku untuk menyebut jeans, yaitu jins.

Baca juga: Punya Celana Jeans Bekas? Eits, Jangan Keburu Dibuang! Mendingan Ubah Jadi Kreasi Lucu Kayak Gini

Artikel Lainnya

Terima kasih kepada para pelaut di Genoa. Tanpa kalian, sepertinya celana yang sekarang ini dikenal jeans mungkin akan disebut dengan istilah lain yang bisa jadi lebih aneh. Hehehe. Semoga secuil sejarah mengenai asal-usul dan awal mula celana jeans nggak bikin kamu penasaran lagi ya, guys!

Tags :