Connect with us

OTOMOTIF

Satgas Covid-19 Keluarkan Aturan Larangan Mudik, Tapi Ada Pengecualian – Berita Otomotif

Satgas Covid-19 Keluarkan Aturan Larangan Mudik, Tapi Ada Pengecualian – Berita Otomotif


JAKARTA – Pemerintah resmi mengeluarkan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19  No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Surat Edaran ini menunjukkan ketegasan Pemerintah agar masyarakat tidak melakukan mudik ke kampung halamannya selama tanggal 6 – 17 Mei 2021. Larangan ini berlaku untuk moda transportasi darat, laut dan udara serta bertujuan untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19.

“Berdasarkan fakta yang ada, pemerintah mencoba belajar dari pengalaman dan berusaha merancang kebijakan dengan prinsip utama keselamatan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu ditetapkan adanya peniadaan mobilitas mudik sementara yang berlaku dari tanggal 6 – 17 Mei 2021,” jelasnya.

Meski demikian, ada beberapa pengecualian dalam larangan mudik tahun ini. Pengecualian tersebut adalah layanan distribusi logistik, perjalanan dinas, kunjungan sakit/duka, dan pengantaran ibu hamil dengan pendamping maksimal 1 orang dan pelayanan ibu bersalin dengan pendamping maksimal 2 orang. Meski demikian terdapat prasyarat dalam pengecualian ini.

Satgas Covid-19 Keluarkan Aturan Larangan Mudik, Tapi Ada Pengecualian

Bagi ASN, pegawai BUMN/BUMD, anggota TNI/Polri prasyarat tersebut adalah adanya surat izin dari pimpinan instansi. Surat tersebut ditandatangani oleh pejabat setingkat eselon II dengan tanda basah atau elektronik yang dibubuhkan. Sementara bagi pekerja sektor informal ataupun masyarakat dengan keperluan mendesak perlu meminta surat izin perjalanan dari pihak desa/kelurahan sesuai domisili masing-masing.

Surat tersebut pun hanya berlaku untuk perseorangan dan satu kali perjalanan pergi/pulang. Ijin perjalanan tersebut pun hanya boleh diberikan kepada masyarakat yang telah berusia 17 tahun atau lebih.

Tak hanya iru, sebelum melakukan aktivitasnya kembali, masyarakat yang mendapatkan izin melakuakan perjalanan pada periode tersebut wajib melakukan karantina mandiri. Lama karantina mandiri tersebut adalah 5×24 jam setibanya di tempat tujuan. Karantina dilakukan di tempat yang sudah ditentukan seperti fasilitas pemerintah daerah dan hotel yang dapat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat menggunakan biaya mandiri.

Selama periode larangan mudik, Polri dan TNI akan melakukan operasi di tempat-tempat strategis seperti pintu kedatangan atau pos kontrol di wilayah rest area, perbatasan kota besar, titik pengecekan (checkpoint) dan titik penyekatan daerah aglomerasi. Operasi tersebut akan memeriksa dokumen izin perjalanan dan surat keterangan negatif dari Covid-19.

Khusus WNI yang hendak pulang ke Indonesia (repatriasi), dihimbau menunda sementara kepulangannya dengan harapan dapat mencegah masuknya imported cases dengan varian mutasinya.

Advertisement
Click to comment

OTOMOTIF

Oli Eneos Banyak Pilihan, Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan – Berita Otomotif

Oli Eneos Banyak Pilihan, Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan – Berita Otomotif


JAKARTA – Memilih oli memang tidak bisa sembarangan agar kondisi kendaraan tetap berfungsi optimal.

Untuk itulah PT. Nippon Oil Indonesia (NOID) selaku produsen oli Eneos berinisiatif untuk menyediakan beragam varian yang bisa dipilih pelanggan. Banyaknya pilihan tersebut diyakini memudahkan pelanggan menyesuaikan oli sesuai dengan kebutuhannya masing-masing yang tentunya berbeda antara satu dengan lainnya.

Hal ini penting karena kondisi lalu lintas di Indonesia khususnya di kota besar terbilang padat sehingga membuat kendaraan harus memiliki performa yang terbaik setiap saat. Untuk itu, mereka melakukan pengembangan dengan memanfaatkan teknologi aditif terbaru guna mengurangi emisi karbon, meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi keausan pada komponen mesin.

Salah satu oli andalan mereka adalah Eneos Motor Oil SAE 0W-20 SN. oli full sintesis telah mendapatkan formulasi khusus dari Jepang dan dirancang untuk mobil-mobil dengan teknologi terbaru sehingga mesin dapat bekerja secara optimal dalam segala kondisi.

oli Eneos

Oli yang hadir dalam kemasan 1 liter dan 4 liter ini diklaim cocok untuk kendaraan-kendaraan keluaran tahun 2017 hingga sekarang. Salah satu kendaraan yang disebut paling tepat untuk menggunakan oli ini adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Kedua mobil tersebut merupakan SUV yang belakangan ini paling banyak dicari oleh masyarakat. Selain karena desain dan fitur yang menarik, kedua mobil tersebut pun mendapatkan kemudahan berupakan relaksasi pajak dari Pemerintah.

Tak hanya hadir untuk mobil Eneos juga menghadirkan beberapa pilihan oli untuk sepeda motor. Tentunya oli tersebut memiliki formulasi berbeda dengan yang digunakan untuk mobil meski memiliki kekentalan serupa.

Untuk sepeda motor, oli kebanggaan Eneos adalah 4T Touring SAE 10W-40 SL/MA. Oli ini disebut memberikan performa yang optimal dalam segala kondisi. Tak haya itu, oli tersebut juga diklaim mampu membuat suara mesin lebih halus dan tersedia dalam ukuran 1L.

“Di Indonesia saat ini, Eneos dapat ditemui di sejumlah bengkel rekanan di seluruh wilayah yang tersebar dari Pulau Sumatera hingga area Papua,” ujar Deputy Manager PT. Nippon Oil Indonesia, Jemi Setiawan. [Adi/Had]

Continue Reading

OTOMOTIF

Cegah Mudik, Honda Gelar Silaturahmi Virtual – Berita Otomotif

Cegah Mudik, Honda Gelar Silaturahmi Virtual – Berita Otomotif


JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung upaya Pemerintah untuk menekan penularan covid-19 dengan mencegah aktivitas mudik ke kampung halaman. Kegiatan silaturahmi virtual dilakukan dan diikuti ratusan konsumen Honda.

Silahturahmi bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1442 H, terasa berbeda bagi para konsumen Honda yang terbiasa mudik ke kampung halaman setiap tahun. Sebanyak 314 konsumen terpilih dari peserta program Mudik-Balik Honda (MBBH) 2019 dan pembeli Honda BeAT di Jakarta dan sekitarnya.

Konsumen terpilih ini merupakan konsumen yang merantau jauh dari kota kelahirannya di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Apresiasi bingkisan Lebaran disiapkan AHM untuk keluarga mereka di kampung halaman, didukung oleh main dealer atau dealer sesuai dengan area kota asal konsumen.

”Lebih dari itu, kami ingin membantu konsumen setia Honda yang memilih untuk patuh tidak melaksanakan mudik agar tetap bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama dengan keluarga tercinta di kampung halaman, namun dengan cara yang unik dan memorable,” kata Antok Yuniarso, Deputy General Manajer Honda Customer Care Center (HC3) AHM.

Tak hanya bingkisan Lebaran, 100 konsumen beruntung dalam acara ini berhak mendapatkan sebuah telepon selular (ponsel) baru dan pulsa Rp 100.000. Dengan menggunakan ponsel terbarunya tersebut, peserta terpilih dapat mengunggah video ucapan Hari Raya dan ungkapan rasa rindu konsumen kepada keluarga di kampung halaman.

Silaturahmi Virtual Honda

Selain itu terdapat doorprize satu unit sepeda motor Honda BeAT dan hadiah-hadiah menarik lainnya senilai puluhan juta rupiah yang akan diberikan kepada konsumen.

AHM juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam No Mudik Campaign melalui penyelenggaraan kontes video. Ini adalah ajang bagi para pemilik sepeda motor Honda untuk adu kreasi, menciptakan video menarik pada platform Instagram dengan tema ”Lebaran di Rantau Bersama Honda”.

Konten video berisi kegiatan silahturahmi Idul Fitri yang kreatif dari seorang perantau, dengan ketentuan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, maupun aturan mengenai keamanan berkendara sepeda motor. [Dew/Had]

 

Continue Reading

OTOMOTIF

Lebih dari 104.000 Kendaraan Diputar Balik di Pos Penyekatan Mudik – Berita Otomotif

Lebih dari 104.000 Kendaraan Diputar Balik di Pos Penyekatan Mudik – Berita Otomotif


SEMARANG – Selama 4 hari pelaksaan Operasi Ketupat 2021, sedikitnya sudah ada 104.000 kendaraan diputar balikkan.

Jumlah ini merupakan akumulasi dari seluruh pos penyekatan di seluruh Indonesia. Menariknya, jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus meningkat mengingat masih ada waktu sampai lebaran dan masyarakat masih banyak yang nekat.

“Selama 4 hari ini untuk putar arah lebih kurang 104.000 ribu diputar balik. Kemudian situasi selama 5 hari ini dapat terkelola dengan baik dan maksimal berkat kerjasama semua intansi terkait dan dinamika operasi di lapangan. Fluktuasi kita bisa kelola secara sinergis berkesinambungan,” ucap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono

Meski demikian, Ia menilai bahwa volume kendaraan yang melakukan mudik mengalami penurunan yang cukup drastis bila dibandingkan kondisi normal. Kakorlantas menyampaikan volume kendaraan menurun sebanyak 60 persen yang menuju ke arah Jawa Tengah. Sementara yang menuju ke arah Jawa Barat turun 70 persen.

Kendaraan Diputar Balik

“Untuk pantauan hari ini, volume arus kendaraan yang menuju jawa tengah maupun Jawa timur turun hingga 60 persen. Kemudian yang menuju arah Bandung turun lebih kurang 70 persen. Kemudian yang mengarah ke sumatera lebih kurang turun 41 persen,” jelasnya.

Adapun jumlah kendaraan yang melintas pada hari Senin, 10 Mei 2021 masih didominasi ileh kendaraan angkutan barang atau logistik. Sementara yang diputarbalik karena terindikasi mudik berjumlah 23.000 kendaraan.

“Arus masih banyak didominasi oleh angkutan barang. Kemudian putar balik arah hari ini lebih kurang 23 ribu,” pungkasnya.

Operasi ketupat 2021 dilaksanakan sejak 6-17 Mei seiring dengan adanya kebijakan peniadaan mudik. Untuk itu, Korlantas memetakan 381 titik penyekatan untuk menghalau pemudik baik dari jalur utama maupun dari jalur tikus. Pos penyekatan tersebut tersebar dari Sumatera hingg Bali dan akan beroperasi selama 24 jam non stop.

Sayangnya, jumlah pemudik yang nekat terbilang cukup banyak dibandingkan dengan jumlah petugas. Akibatnya di perbatasan Bekasi dan Karawang pos penyekatan pun dijebol oleh para mudik yang hendak pulang ke kampung halamannya. [Adi/Had]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close