Lifestyle

Sambut Halloween, Belgia Gelar Lomba Balap Perahu Labu

Suasana riuh rendah terdengar di sebuah danau buatan di Kasterlee, sebuah kota kecil yang letaknya sekitar 50 kilometer dari Antwerpen, saat lomba itu digelar pada 22 Oktober lalu. Lomba perahu ini adalah bagian dari salah satu festival paling aneh di Eropa, yang disebut Pumpkin Regatta, yang digelar setiap bulan Oktober, menjelang perayaan Halloween.

Para pesertanya datang dari berbagai penjuru Eropa. Saat lomba ini digelar, mereka diharuskan mengenakan pakaian berwarna mirip labu, dan menaiki salah satu labu yang disediakan panitia. Jumlah pesertannya hari itu mencapai 350 orang.

Seorang pekerja melubangi labu raksasa dan membuatnya menjadi kayak untuk digunakan dalam Pumpkin Regatta di Kasterlee, Belgia, 22 Oktober 2023. (Simon Wohlfahrt / AFP)

Labu-labu yang digunakan untuk membuat perahu adalah hasil produksi “Pompoengenootschap” atau Asosiasi Masyarakat Labu Kasterlee.

Paul Boonen, presiden asosiasi tersebut, mengatakan, labu adalah bagian dari kehidupan di kota itu. Masyarakatnya bahkan berambisi menanam labu terbesar di dunia.

“Warga Kasterlee sebenarnya dikenal sebagai pemakan labu. Jadi sesungguhnya labu-labu itu awalnya di sini dan kemudian tersebar ke seluruh dunia. Oleh karena itu, masuk akal untuk mengadakan acara semacam itu di sini,” jelasnya.

Panitia menyiapkan perahu labu di pagi hari. Mereka hanya perlu melubangi labu raksasa tersebut dan kemudian menaruhnya di atas air. Kemudian 90 tim yang masing-masing terdiri dari empat orang bergantian mengendarainya.

Britt Tengrootenhuyzen memenangkan lomba perahu untuk katagori putri tahun lalu. Kali ini ia berharap kostumnya akan memberinya pengakuan yang layak diterimanya.

“Tahun lalu kami menang tapi kami tidak mendapat perhatian dari media karena semua perhatian tertuju pada laki-laki, dan itulah mengapa kali ini kami berpakaian seperti laki-laki. Karena kami juga ingin menarik perhatian,” komentarnya.

Peserta mendayung labu raksasa yang dilubangi dalam Lomba Regatta Labu di Kasterlee, Belgia, 22 Oktober 2023. (Simon Wohlfahrt / AFP)

Peserta mendayung labu raksasa yang dilubangi dalam Lomba Regatta Labu di Kasterlee, Belgia, 22 Oktober 2023. (Simon Wohlfahrt / AFP)

Acara ini digelar berkat kolaborasi antara organisasi olahraga kayak Kastelse Kayakklub dan Pompoengenootschap. Digelar sejak 2008 dengan dukungan pemerintah kota Kasterlee, acara ini menarik antara empat hingga lima ribu orang setiap tahunnya.

Paul Boonen mengatakan, “Orang-orang dari berbagai penjuru dunia datang ke sini. Terkadang ada orang Italia yang sengaja terbang ke sini, terutama untuk lomba perahu labu. Ada juga yang datang ke sini untuk sekadar menonton lomba.”

Lomba perahu labu biasanya juga digelar di Amerika Utara, tepatnya di Oregon, Amerika Serikat dan Windsor, Kanada. [ab/uh]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed