Connect with us

FEED

Saat Munas IX LDII, Wakbaintelkam Ajak Ormas Persatukan Keberagaman Indonesia

Saat Munas IX LDII, Wakbaintelkam Ajak Ormas Persatukan Keberagaman Indonesia


AKURAT.CO, LDII menggelar Munas ke IX yang dilaksanakan pada 7-8 April 2021 di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Jakarta Timur. Munas IX LDII mengusung tema ‘Penguatan SDM Profesional Religius untuk Ketahanan dan Kemandirian Bangsa Menuju Indonesia Maju’.

Dalam kesempatan itu, Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Irjen Pol Drs. Suntana menyampaikan pembekalan Musyawah Nasional (Munas) IX LDII. Kemitraan organisasi masyarakat (ormas) dan Polri dalam menjaga serta memelihara Kamtibmas menjadi tema dalam pembekalan tersebut.

Menurutnya, dalam membangun kesatuan sebuah bangsa dapat dicapai melalui proses dengan menghadirkan kesadaran masyarakat untuk mencapai tujuan yang sama. Hal tersebut dapat terbentuk lewat peran dari ormas.

baca juga:

“Indonesia memiliki ragam suku, Bahasa, adat, budaya, dan agama. LDII sebagai ormas yang mengedepankan Pancasila dan akhlakul karimah diharapkan dapat membantu mempersatukan keberagaman yang ada di Indonesia,” Jelas Suntana.

Dalam menindak kejahatan, polisi tidak dapat bekerja sendiri untuk memberantas hal tersebut, namun perlu bantuan dari berbagai pihak untuk mencegah kejahatan. Salah satunya adalah Ormas yang dapat menjadi salah satu pihak dalam mencegah kejahatan dikarenakan pihak yang langsung terjun menghadapi masyarakat.

“Ormas diharapkan tidak mudah terhasut dengan ajakan untuk bergabung dengan kelompok-kelompok radikalisme dan berusaha untuk menasehati keluarga atau rekan yang sudah terindikasi dengan ajakan faham radikalisme,” Ucap Suntana.

Di akhir penyampaiannya, Suntana berharap Ormas dapat menjadi mitra polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Terlebih, Ormas dapat mengajak dan juga mengarahkan kelompok intoleransi menimbulkan sikap toleransi terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.[]





Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

Laznas BMH-Hadji Kalla Kirim Dai Ramadhan ke Pedalaman

Laznas BMH-Hadji Kalla Kirim Dai Ramadhan ke Pedalaman




Muhammad Huzair dari Yayasan Hadji Kalla secara simbolis melepas 15 dai Ramadhan yang akan bertugas sebagai imam masjid, guru ngaji yang tersebar di 15 desa di pedalaman Sulsel dan Sulbar.


© BMH
Muhammad Huzair dari Yayasan Hadji Kalla secara simbolis melepas 15 dai Ramadhan yang akan bertugas sebagai imam masjid, guru ngaji yang tersebar di 15 desa di pedalaman Sulsel dan Sulbar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) menggelar Publik Ekspos dengan menghadirkan tiga pembicara utama, Rijal Djamal  (Content Creator), Kadir  (Ketua Laznas BMH Sulawesi Selatan) dan Muhammad Huzair (Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla).

Muhammad Huzair dari Yayasan Hadji Kalla secara simbolis melepas 15 dai Ramadhan yang akan bertugas sebagai imam masjid, guru ngaji yang tersebar  di 15 desa  di pedalaman  Sulsel dan Sulbar. 

Dalam sambutannya Huzair mengungkapkan adanya dai yang telah dikerjasamakan bersama Laznas BMH dapat memberi pencerahan kepada ummat dan memberikan konstribusi sosial. “Sinergi pengiriman dai Ramadhan ini akan memberikan kontribusi sosial sekaligus pencerahan umat,” katanya.

Ketua Laznas BMH, Kadir mengatakan program kerja sama dai Ramadhan dengan Yayasan Hadji Kalla merupakan satu dari 10 program yang dilaksanakan selama Ramadhan. 

Ia menerangkan selama Ramadhan BMH menggelar program buka puasa dan sahur bagi 1.576 santri penghafal Alquran di 19 pesantren binaan BMH di Sulawesi-Selatan.

Program Sedekah Jariyah Mushaf Alquran, paket beras dhuafa, armada dakwah dai pedalaman, wakaf produktif perkebunan dan pertaniaan  penyerahan bantuan Pembangunan Musholla Tahfidz Parepare, Pembangunan Asrama Pesantren Al A’raf Bulukumba, Pembangunan Asrama Pesantren Al Jihad Belopa serta sumur bor.

Hadir sebagai penanggap, Rijal Djamal atau yang lebih dikenal dengan Rijal System. Ia mengatakan kerja-kerja istimewa yang dilaksanakan oleh Laznas BMH dapat memberikan inspirasi pada orang lain. Adanya media sosial dapat menjadi jalur alternatif distribusi informasi.

“Ini dapat memantik kita sebagai gererasi muda untuk semangat berbagi. Di tengah pandemi ini banyak masyarakat yang perlu di bantu, terlebih dibulan ramadhan yang penuh berkah,” pungkasnya.*



Source link

Continue Reading

FEED

Intip Momen Cinta Laura ketika Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Sumba

Intip Momen Cinta Laura ketika Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Sumba


Intip Momen Cinta Laura ketika Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Sumba

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Sumba adalah salah satu pulau di Indonesia yang dikenal akan pemandangannya yang spektakuler dan budayanya yang kaya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh mereka yang sudah pernah menghampirinya dan menikmati setiap momen yang ada. 
 
Baru-baru ini, keistimewaan Sumba kembali dihadirkan melalui ragam unggahan Instagram salah satu aktris Indonesia, yaitu Cinta Laura. Kali ini, sang aktris menyaksikannya sendiri, bagaimana suguhan keindahan alam Sumba mampu memanjakan mata, bersamaan dengan budayanya yang sangat memikat. 
 
Dalam rangka merasakan secara langsung kebudayaan yang dimilikinya, Cinta Laura tak ragu mengenakan kain songket khas NTT sebagai outfit-nya. Tentu saja, ia terlihat sangat menawan dalam balutan kain yang didominasi oleh warna biru itu, lengkap dengan aksen jingga, putih, dan merah yang melengkapi dan menyempurnakannya. Kain songket lainnya pun ia gunakan sebagai selendang, menutupi dalaman putih yang ia kenakan. 
 

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
Sebagai pelengkap, Cinta Laura mengenakan kalung dan bandana dengan warna yang serasi serta anting hoop berwarna emas. Tampilan tersebut pun tampak sangat cocok pada badan rampingnya. 
 

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
Dalam rangka mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan berarti, wanita keturunan Indonesia-Jerman itu juga dengan antusias berbaur dengan penduduk lokal, khususnya anak-anak. Melalui sebuah video yang dibagikan, mereka terlihat bahagia sembari menyanyikan dua lagu berbahasa Inggris. Video yang satu itu pun mampu menunjukkan kemampuan anak-anak tersebut dalam melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris. 
 

 
“Puncak perjalanan saya adalah bertemu dengan anak-anak Sumba yang cantik. Dengan mata terbelalak dan keinginan untuk belajar. Kalian membuat saya tersenyum dan mengingatkan saya betapa pentingnya bersyukur atas hal-hal paling sederhana dalam hidup …,” tulisnya dalam caption unggahan tersebut. 
 
Selain budayanya yang berkesan, Cinta Laura tak lupa menikmati alam Sumba yang menawan. Uniknya, hal tersebut ia lakukan sembari melepaskan para bayi penyu ke lautan, sebuah kegiatan yang seru sekaligus berarti. Pada momen tak terlupakan itu, ia tampak mengenakan ruffle off shoulder crop top bernuansa floral. Ia pun melengkapi tampilannya dengan bawahan bermotif serupa, yaitu sebuah celana pendek yang dibalut rok dengan potongan di bagian depannya. 
 

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram)





Source link

Continue Reading

FEED

Nakes Positif COVID-19, Puluhan Warga Mokumoku Jalani Tes Usap

Nakes Positif COVID-19, Puluhan Warga Mokumoku Jalani Tes Usap


AKURAT.CO, Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan 35 orang warga Kecamatan Air Rami terpaksa harus menjalani tes usap (swab test) pada Senin,(12/4) kemarin menyusul sejumlah tenaga kesehatan di puskesmas setempat dinyatakan positif COVID-19.

“Sebanyak 35 orang warga yang menjalani tes ‘swab’ tersebut masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Air Rami,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Izharudin dalam keterangannya di Mukomuko, Senin, (12/4/2021).

Jumlah tenaga kesehatan di daerah ini yang dinyatakan positif COVID-19 sejak beberapa hari terakhir sebanyak 14 orang. Dari sebanyak 14 nakes tersebut, 12 orang di antaranya nakes Puskesmas Ipuh dan dua orang Puskesmas Air Rami.

baca juga:

Puskesmas Air Rami tetap membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat meskipun beberapa orang tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama ini ada yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Puskesmas Air Rami tetap memberikan pelayanan kesehatan karena masih ada tenaga kesehatan di puskesmas ini yang belum kontak erat dengan rekannya yang terjangkit virus corona.

Ia mengatakan apabila ke depan tenaga kesehatan dan staf di Puskesmas Air Rami masih ada yang terjangkit virus corona, maka kemungkinan besar layanan puskesmas akan ditutup sementara.

Saat ini masih ada nakes berstatus pegawai di puskesmas ini yang tidak kontak erat dengan nakes yang positif COVID-19 dan mereka masih bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selanjutnya sampel tes usap milik puluhan warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 di wilayah ini akan dikirim ke laboratorium kesehatan daerah Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya petugas Dinas Kesehatan bersama dengan tenaga kesehatan di puskesmas masih melakukan pendataan warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 di daerah ini.

Sebelumnya, dilaporkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu sejak beberapa hari terakhir bertambah 26 orang, sehingga total menjadi 663 kasus yang tersebar di lima kecamatan. []





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close