Connect with us

INDONESIA

Realisasi anggaran Kementerian Pendidikan 2020 mencapai 91 persen

Realisasi anggaran Kementerian Pendidikan 2020 mencapai 91 persen


Sepanjang tahun lalu, anggaran (alokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meningkat menjadi Rp86 triliun, padahal realisasinya mencapai 91,61 persen.

Jakarta (ANTARA) – Realisasi pendanaan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 mencapai 91,61 persen dari pagu anggaran sebesar Rp86,23 triliun, kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ainun Na’im.

“Sepanjang tahun lalu, anggaran (alokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan naik menjadi Rp86 triliun, sedangkan realisasinya mencapai 91,61 persen,” kata Na’im dalam rapat kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang disiarkan langsung melalui akun YouTube pada hari Rabu.

Realisasi anggaran kementerian tahun lalu mencapai di atas Rp79 triliun atau mencapai 91,61 persen dari pagu anggaran sebesar Rp86,23 triliun.

Na’im mencatat bahwa alokasi anggaran untuk kementerian tahun lalu dapat berubah setelah pandemi COVID-19.

Berita Terkait: Kementerian menyiapkan dana Rp27,26 triliun untuk pendidikan

“Kami mendapat tambahan alokasi anggaran sebesar Rp8,3 triliun dari bagian anggaran Bendahara Umum Negara, khususnya untuk internet dan tambahan tunjangan profesi dan sertifikasi untuk guru serta subsidi gaji untuk tenaga kependidikan,” kata Na’im.

Alokasi anggaran untuk kementerian sebagian besar digunakan untuk bantuan sosial yang mencapai Rp16,17 triliun atau 99,85 persen dari target Rp16,20 triliun.

Alokasi anggaran terbesar kedua adalah untuk gaji yang mencapai Rp24,25 triliun atau 95,91 persen dari target Rp25,28 triliun.

Sedangkan realisasi anggaran pembiayaan barang mencapai Rp33,09 triliun atau 86,26 persen dari target Rp35,36 triliun, sedangkan untuk permodalan mencapai Rp5,48 triliun atau 85,85 persen dari target Rp6,38 triliun.
Berita Terkait: Presiden menyampaikan rencana pemerintah tentang reformasi pendidikan

Advertisement
Click to comment

INDONESIA

BMKG memperingatkan banjir bandang menyusul gempa Malang

BMKG memperingatkan banjir bandang menyusul gempa Malang


Semoga mereka tetap waspada terhadap potensi tanah longsor dan banjir bandang jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebagai akibat dari dampak gempa kuat selanjutnya.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah gempa di Jawa Timur mewaspadai potensi longsor dan banjir pascagempa 6,7 ​​SR.

“Semoga mereka tetap waspada terhadap potensi longsor dan banjir bandang jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akibat dampak gempa dahsyat berikutnya,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers online di Jakarta, Sabtu.

Gempa berkekuatan 6,0 dianggap mampu membuat lereng atau batuan menjadi rapuh dan dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi, termasuk tanah longsor dan banjir bandang, jelasnya.

Dia teringat gempa bumi berkekuatan 4,1 yang melanda Nusa Tenggara Timur satu hari sebelum hujan lebat turun di provinsi itu.

“Kami khawatir jika hujan turun di daerah yang terkena gempa, maka akan memicu longsor dan banjir bandang,” ujarnya.

Beberapa kabupaten di Jawa Timur seperti Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Bondowoso, Jember, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Gresik, Lamongan, Madiun, Nganjuk, Probolinggo, Tulungagung, Ponorogo, dan Pasuruan berpotensi mengalami hujan deras , dia menambahkan.

Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter melanda kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 2 siang waktu setempat pada hari Sabtu, tetapi tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa terletak 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang pada kedalaman 25 kilometer, katanya.

Gempa yang berlangsung selama 37 detik itu juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten di Jawa Timur, termasuk Kediri, tambah badan tersebut. (INE)

Berita Terkait: Blitar: Beberapa bangunan rusak akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter

Berita Terkait: Enam tewas, satu luka berat dalam gempa Malang

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading

INDONESIA

Bandara Ngurah Rai Bali meluncurkan tes alat pernafasan COVID

Bandara Ngurah Rai Bali meluncurkan tes alat pernafasan COVID


Bandara Internasional Ngurah Rai merupakan bandara kelima yang menerapkan GeNose setelah bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, bandara Husein Sastranegara di Bandung, bandara internasional Yogyakarta, dan bandara Juanda di Suraba.

Jakarta (ANTARA) – GeNose, alat bantu pernapasan COVID-19 yang dikembangkan oleh ilmuwan Indonesia, awalnya dapat digunakan di bandara internasional Ngurah Rai Bali untuk menyaring pelancong, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. “Bandara Internasional Ngurah Rai merupakan bandara kelima yang mengimplementasikan GeNose setelah bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, bandara Husein Sastranegara di Bandung, bandara internasional Yogyakarta, dan bandara Juanda di Surabaya pada 1 April (2021),” kata Sumadi dalam sambutannya. siaran pers di sini pada hari Sabtu.

Ia berterima kasih dan memuji Pemprov Bali dan PT Angkasa Pura 1 yang telah membantu pelaksanaan layanan GeNose di bandara Ngurah Rai.

“Layanan GeNose telah diuji. Sebanyak lima ratus ribu penumpang kereta api telah menggunakan dan mengaku merasa lebih nyaman karena lebih murah, tidak sakit, dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi, ”kata Menkeu.

Penumpang hanya perlu membayar Rp40.000 untuk tes GeNose C-19 di bandara Ngurah Rai, katanya. Tempat pengujian terletak di area umum terminal kedatangan dan beroperasi dari jam 9 pagi hingga 7 malam waktu setempat.

Pelaksanaan uji GeNose di sarana transportasi, seperti bandara, merupakan tindak lanjut, sesuai surat Satgas (No.12 / 2021) terkait perjalanan domestik di tengah pandemi COVID-19, diubah menjadi surat Kementerian Perhubungan No. 26/2021 tentang pedoman perjalanan domestik dengan pesawat selama pandemi COVID-19. (INE)

Berita Terkait: Perlu GeNose di pabrik untuk menghidupkan kembali aktivitas ekonomi: menteri

Berita Terkait: Pesantren At Taujieh Al Jawa Tengah menggunakan GeNose

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading

INDONESIA

Blitar: Beberapa bangunan rusak akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter

Blitar: Beberapa bangunan rusak akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter


Blitar, Jawa Timur (ANTARA) – Beberapa bangunan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter pada Sabtu sore.

“Sejumlah rumah di beberapa kecamatan (rusak akibat gempa). Kami sedang mendata (jumlah bangunan yang rusak),” kata juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, Sabtu. .

Bangunan itu berada di Kecamatan Binangun, Kesamben, Wates, Lodoyo, dan Wlingi, tambahnya.

Gempa dahsyat tersebut merusak beberapa rumah dan fasilitas umum, termasuk kantor Pemkab Blitar, masjid, dan gedung sekolah, katanya.

Gempa bumi melanda kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 2 siang waktu setempat pada hari Sabtu, tetapi tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa terletak 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang, pada kedalaman 25 kilometer, katanya.

Gempa itu berlangsung selama 37 detik, badan itu menambahkan.

Hal itu juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten di Jawa Timur, antara lain Kediri, Malang, Gresik, dan Surabaya (INE).

Berita Terkait: Enam tewas, satu luka berat dalam gempa Malang

Berita Terkait: Gempa berkekuatan 6,7 melanda Kabupaten Malang di Jawa Timur

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close