Feed

Ramai Dugaan Korupsi Jet Tempur Prabowo, Jubir Kemhan Buka Suara



Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Pertahanan membantah kabar yang beredar soal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diduga melakukan korupsi dalam pembelian 12 Jet Mirages 2000-5 bekas dari Qatar.

Pernyataan ini dilontarkan untuk menanggapi artikel media asing bertajuk Investigasi Korupsi Uni Eropa terhadap Prabowo Subianto atau Indonesia Prabowo Subianto EU Corruption Investigation.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan, setidaknya terdapat 3 alasan yang melandasi bahwa pemberitaan itu palsu (hoaks). Pertama, Kemhan telah membatalkan pembelian 12 Jet Mirages 2000-5 bekas dari Qatar. Dengan kata lain, pihaknya tidak pernah melakukan transaksi dan pembelian tersebut.

“Tidak ada pembelian Pesawat Mirage walaupun itu (pernah) direncanakan, (tetapi) sudah dibatalkan. Jadi tidak ada pembelian Pesawat Mirage. Artinya tidak ada kontrak yang efektif di Kemhan terkait dengan pembelian Mirage, secara konten semua yang disampaikan di berita hoax, itu jelas fitnah,” ujar Dahnil dalam keteranganya di Jakarta, dikutip Minggu (11/2/2024).

Kedua, Kemhan menemukan bahwa artikel tersebut merupakan konten dari situs Microsoft Network (MSN). Dalam kaitan itu, MSN merupakan konten pengepul (aggregator) Microsoft dan mengambil dari Meta Nex.





Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed