Connect with us

amazon

Puluhan Ribuan Netizen Minta Jeff Bezos Tak Usah Balik dari Perjalanan Luar Angkasa

Puluhan Ribuan Netizen Minta Jeff Bezos Tak Usah Balik dari Perjalanan Luar Angkasa

[ad_1]

Jeff Bezos berniat terbang ke luar angkasa juli 2021, muncul petisi memintanya tak usah balik ke Bumi

Pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos, mengumumkan rencananya menjajal terbang ke luar angkasa. Foto oleh MANDEL NGAN / via AFP

Pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos, mengumumkan rencana menaiki pesawat ulang alik komersial ke luar angkasa. Penerbangan itu dijadwalkan berlangsung pada Juli 2021. Mendengar kabar itu, netizen lantas iseng membuat petisi yang meminta Bezos agar tidak usah kembali ke Bumi sekalian.

Bezos merupakan salah satu orang terkaya di dunia yang punya reputasi buruk. Sebab Amazon terkenal berusaha memonopoli setip bisnis yang mereka masuki, memberangus serikat pekerja, menyiksa karyawan lewat aturan tak manusia, serta dianggap menghalalkan segala cara untuk mencapai posisinya. Petisi online yang diteken lebih dari 60 ribu netizen itu semakin menegaskan citra buruk Bezos di mata orang kebanyakan.

Jeff Bezos, yang tahun ini berusia 57, akan menjajal terbang melewati atmosfer Bumi bersama adiknya, Mark Bezos. Mereka menjadi penumpang sipil pertama yang diangkut pesawat bikinan Blue Origin. Perusahaan antariksa ini merupakan salah satu anak perusahaan Amazon, didirikan Bezos lebih dari dua dekade lalu. Salah satu ambisi Blue Origin adalah mewujudkan komersialisasi wisata luar angkasa.

“Sejak berusia lima tahun, terbang ke luar angkasa adalah salah satu cita-cita saya,” kata Bezos dalam caption akun Instagram pribadinya bulan lalu. “Pada 20 Juli [2021], saya akan mewujudkan cita-cita itu.”

Merespons kabar tersebut, petisi segera muncul di situs Change.org, dengan judul sangat nyelekit “Jangan Biarkan Jeff Bezos kembali ke Bumi.” Per 22 Juni 2021, sudah 71 ribu orang yang menyetujui isi petisi tersebut.

“Miliarder tidak seharusnya ada di Bumi, atau di seluruh semesta ini. Tapi kalau memang salah satu dari manusia macam itu ingin ke luar angkasa, tolong biarkan dia berada di sana saja selamanya,” begitu kutipan isi petisinya.

Bukan cuma petisi itu yang ramai dukungan. Petisi lain menyindir Jeff Bezos juga muncul di Change.org, yang judulnya “Jangan izinkan Jeff Bezos kembali ke Bumi.” Kalau petisi yang ini lebih bernuansa meme, sebab isinya mengaitkan Bezos pada teori konspirasi, termasuk soal ambisi elit global menanamkan chip dan teknologi 5G untuk menguasai umat manusia.

Bezos, yang kekayaannya ditaksir mencapai US$200 miliar, sebelumnya mengejutkan publik karena berniat mundur dari posisi CEO Amazon pada triwulan ke-3 tahun ini. Dia akan menempati posisi komisaris, dan menyerahkan roda operasional harian Amazon ke sosok lain di perusahaan.

“Saya akan tetap terlibat dalam berbagai bisnis Amazon, tapi fokus saya tidak akan lagi mengurus situasi harian atau bulanan, tapi mengembangkan bisnis lain yang dimiliki perusahaan. Mulai dari Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan berbagai ambisi pribadi lainnya,” demikian kutipan surat yang dikirim Bezos kepada karyawan Amazon pada Februari lalu.

[ad_2]

Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close