Connect with us

FEED

Project STOP Rampungkan Pembangunan 2 TPST3R di Pasuruan

Project STOP Rampungkan Pembangunan 2 TPST3R di Pasuruan




Project STOP Rampungkan Pembangunan 2 TPST3R di Pasuruan


© JPNN.COM
Project STOP Rampungkan Pembangunan 2 TPST3R di Pasuruan

jpnn.com, PASURUAN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meresmikan dua fasilitas TPST3R (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reduce-Reuse-Recycle) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kedua TPST3R ini dibangun sebagai kerja sama antara pemerintah daerah Pasuruan dan Project STOP, di mana Nestlé menjadi mitra utama dan penyandang dana kemitraan tersebut.

Selain itu, mitra strategis Project STOP yaitu Borealis, pemerintah Norwegia, Nova Chemicals, Borouge dan Siegwerk juga turut mendanai Project STOP di Pasuruan.

“TPST3R ini akan mengelola pengumpulan dan pemilahan sampah serta proses daur ulang sampah di kecamatan Lekok dan Nguling, dengan kapasitas sampai 32 ton per hari. Kedua fasilitas ini akan mengumpulkan semua sampah termasuk 1.500 ton sampah plastik pada saat beroperasi penuh pada 2022,” ujar Direktur Program Project STOP Mike Webster.

Di Pasuruan, bekerja sama dengan masyarakat setempat, Project STOP sejauh ini berhasil membangun sistem pengelolaan dan pengumpulan sampah, termasuk program edukasi masyarakat tentang pemilahan sampah dari rumah dan pembentukan badan usaha desa yang melayani lebih dari 42.000 warga.

“Project STOP berfokus pada pengelolaan sampah dan peningkatan manfaat sosial seperti kesehatan, perikanan, lapangan kerja, dan pariwisata. Kali ini, kami telah membangun sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan, lebih sirkular, dapat dikembangkan, dan dengan biaya lebih ekonomis di kecamatan Lekok dan Nguling, yang terletak di garis pantai dan memiliki tingkat pengumpulan sampah di bawah 1 persen,” jelas Mike. 

Lebih dari dua hektar lahan telah dialokasikan oleh Kabupaten Pasuruan untuk pembangunan TPST3R.

“Kami sangat senang dengan selesainya pembangunan kedua TPST3R ini. Kami yakin TPST3R ini dapat menjadi pusat pembelajaran pengelolaan sampah yang terintegrasi dan sesuai dengan tujuan di Pasuruan,” ungkap Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf. 

Kedua TPST3R dilengkapi dengan sistim pemilahan dan pemprosesan sampah, alat pengelola residu, dan berbagai fasilitas pendukung untuk memproses, dan mendaur ulang sampah, baik sampah organik maupun anorganik, yang dikumpulkan dari rumah-rumah dan tempat usaha.

Di TPST3R yang baru, sampah anorganik akan dipilah, didaur ulang dan dikirim ke industri daur ulang, sementara sampah organik diproses menjadi kompos untuk digunakan bagi pertanian. 

“Kami menghargai kemitraan ini, yang sejalan dengan komitmen Nestlé untuk memastikan 100% kemasan kami dapat didaur ulang atau digunakan kembali pada 2025, dengan fokus khusus pada pencegahan sampah plastik dan ambisi kami untuk menghentikan kebocoran plastik ke TPA, lautan, dan sungai,” seru Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar.

Ganesan juga menegaskan Nestlé terus mendukung berbagai upaya untuk menghentikan kebocoran sampah plastik ke lingkungan di wilayah operasi perusahaan, sehingga manfaat positif sosial dan ekonomi bisa terus dipertahankan.(chi/jpnn)



Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

ATM BRI Dibobol Maling di Jambi

ATM BRI Dibobol Maling di Jambi


AKURAT.CO, Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di samping mini market Arizona, Jambi, ditemukan karyawan mini market itu dalam keadaan rusak pintu teralisnya dan unit penyimpan uang di dalamnya sudah dirusak atau dibobol orang.

Kepala Satuan Reskrim Polresta Jambi, Komisaris Polisi Handreas, saat dihubungi, Sabtu (10/4/2021), membenarkan, kali ini ATM BRI di samping MM Sentosa yang berada di Arizona, di Jalan Sunan Kalijaga, Simpang III Sipin, Kecamatan Kota Baru, Jambi, telah dibobol orang dan temuan itu pertama kali diketahui pada saat karyawan mini market hendak membuka toko.

Setelah mendapatkan informasi itu, anggota Reskrim Polresta dan Polsek Kota Baru langsung turun ke lokasi kejadian pembobolan mesin ATM guna mendapatkan informasi dan melakukan olah tempat perkara.

Untuk sementara ini dugaan terjadinya pembobolan mesin ATM itu terjadi pada waktu subuh, namun baru diketahui siang pukul 10.00 WIB. “Untuk jumlah kerugian dari aksi tersebut belum diketahui kerugian dari bank,” kata Handreas.[]

baca juga:





Source link

Continue Reading

FEED

Koleksi 4 Sandal Mewah Ayu Ting Ting, Totalnya Rp40 Jutaan! : Okezone Lifestyle

Koleksi 4 Sandal Mewah Ayu Ting Ting, Totalnya Rp40 Jutaan! : Okezone Lifestyle


Pedangdut Ayu Ting Ting terkenal dengan tampilannya yang modis. Meski tampilannya cukup simpel, jangan salah jika harga outfitnya mencapai puluhan juta.

Sebagai penggemar barang branded, tentu Ayu Ting Ting mempunyai koleksi barang milik brand terkenal. Dilansir dari akun instagram, berikut koleksi sandal mewah Ayu Ting Ting yang harganya enggak main-main.

Sandal H-cut Motif

Ayu Ting Ting

Mengenakan dress polos kuning dan tas biru membuat kesan simpel pada penampilan Ayu Ting Ting. Sebagai pelengkap tampilannya ia memilih sandal H-cut motif animal print berbahan kanvas. Sandal tersebut merupakan keluaran brand Hermes yang dibanderol Rp11 jutaan.

Baca Juga : Intip Gaya Ayu Ting Ting Pakai Outfit Nyaris Rp10 Juta di Pernikahan Aurel

Baca Juga : Pangeran Philip Meninggal, Ratu Elizabeth II Akan Pakai Busana Hitam Selama Masa Berkabung

Sandal Hak H-cut Cokelat

Ayu Ting Ting

Kali ini Ayu Ting-Ting mengenakan sandal H-cut cokelat dengan hak rendah sebagai pelengkap tampilannya. Sandal tersebut diketahui milik brand Hermes seharga Rp10,7 juta.

Sandal H-cut Cokelat

Ayu Ting Ting

Hampir sama dengan model sandal sebelumya, sandal Ayu Ting-Ting kali ini bermodel flat. Menjadi pelengkap tampilannya dengan jeans, sandal h-cut milik brand Hermes ini dibanderol hampir Rp9,6 juta.

Sandal H-cut Putih

Ayu Ting Ting

Terakhir, penampilan Ayu Ting-Ting yang kasual dengan atasan off shoulder abu-abu dan celana putih dipadu dengan sandal model h-cut senada dengan celananya. Sandal milik brand Hermes ini mencapai harga Rp10 jutaan.



Source link

Continue Reading

FEED

Fasilitas Publik Rusak Akibat Gempa Malang, Berikut Ini Rinciannya

Fasilitas Publik Rusak Akibat Gempa Malang, Berikut Ini Rinciannya



loading…

JAKARTAGempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang daerah Malang dan sekitaran Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa tersebut berpusat di selatan laut Jawa dengan kedalaman 80 kilometer (Km).

Akibat dari gempa tersebut, ratusan rumah di berbagai daerah di Jawa Timur mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan, hingga rusak berat. Tak hanya itu, sejumlah fasilitas publik juga turut mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Baca juga: Korban Meninggal Akibat Gempa di Malang Bertambah Jadi 7 Orang

“Adapun, fasilitas publik yang mengalami kerusakan yakni, 11 sarana pendidikan (sekolah); tujuh kantor pemerintahan; enam sarana ibadah; satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD); serta satu pondok pesantren,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/5/201). Baca juga: BNPB Catat Lebih dari 300 Rumah Rusak Akibat Gempa Malang

Sementara itu, dari laporan terakhir yang diterima BNPB, sebanyak tujuh orang dilaporkan meninggal dunia akibat dampak dari gempa bumi tersebut. Namun, jumlah itu kemungkinan masih akan berkembang. “Korban meninggal dunia, BNPB masih menunggu verifikasi data dari BPBD. Data meninggal dunia berjumlah tujuh jiwa, luka berat dua dan luka ringan 10 orang. Korban meninggal dunia di Kabupaten Malang tiga jiwa, Lumajang dua dan di wilayah perjalanan Lumajang – Malang dua,” bebernya.

(cip)



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close