Lifestyle

Profil dan Biodata Morteza TikTok: Kekayaan, Ayah, Agama, Kasus

TikToker yang dikenal dengan Morteza ditangkap polisi di kampung halamannya, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Morteza diduga telah melakukan penistaan terhadap agama Kristen Protestan dan Katolik. Usai ditangkap, TikToker dengan dua jutaan pengikut itu menyandang status tersangka dan dijerat UU ITE.

Selain aktif membagikan konten di TikTok, Morteza kerap bersliweran di YouTube. Konten yang dibagikan Morteza umumnya berkutat di kehidupan sehari-hari dengan sketsa komedi kekayaan ayahnya. Lantas siapa Morteza? Berikut profil dan biodata Morteza.

1. Latar Belakang

TikToker Morteza Lahir di Binjai Seabagai Anak Tunggal

Dikutip dari kanal YouTube Art Hous Indonesia, Morteza memiliki nama asli Fikri Murtadha. Ia lahir di Kebun Lada, Binjai, Sumatera Utara pada 28 tahun lalu. Meski lahir di Binjai, Morteza dibesarkan di Rantau Prapat karena ikut orang tuanya yang saat itu pindah pekerjaan.

Terkait keluarga, Morteza mengaku sebatang kara karena ayah dan ibunya telah meninggal dunia. Morteza kini hidup sendirian karena tidak ada saudara kandung alias hanya anak tunggal.

2. Sempat Mau Bunuh Diri

Morteza
Morteza Sempat Ingin Bunuh Diri Lantaran Kedua Orang Tua Telah Meninggal dan Hidup Sebatang Kara

Ayah Morteza telah meninggal dunia lebih dahulu kemudian diikuti oleh ibunya. Sebab tidak ada saudara dan merasa kesepian, Morteza pernah memiliki keinginan untuk mengakhiri hidupnya.

“Iya (alasan ingin bunuh diri) Anak satu-satunya, adek kakak enggak ada, emak ayah meninggal, belum juga kawin masih muda, 20 tahunan akhir,” ujar Morteza dikutip dari YouTube Arc Hous Indonesia pada Senin, 23 Oktober 2023.

3. Pernah Tinggal di Amerika Serikat

Morteza
Morteza Pernah Tinggal di Amerika Serikat Setelah Lulus SMA

Setelah lulus SMA, Morteza rupanya tidak langsung melanjutkan kuliah melainkan pergi ke Amerika Serikat tepatnya di Oklahoma. Pria berusia 28 tahun ini tinggal di Amerika selama tiga tahun.

“Tiga tahun (di Amerika) terhitung dari 2010 sampai 2013, enggak kuliah, sehabis lulus SMA. (Alasan ke Amerika) Kalau bisa dibilang karena gabut,” tutur Morteza.

4. Media Sosial

Morteza dikenal dengan konten-kontennya di TikTok. Akun TikTok Morteza adalah @bangmorteza_ dan memiliki kurang lebih 2,5 juta pengikut, sayangnya akun Morteza sudah tidak bisa ditemukan begitu pula dengan akun Instagram-nya.

Kendati demikian, kanal YouTube Morteza masih aktif hingga sekarang. Pengikut kanal YouTube Morteza cukup banyak yakni 12,1 ribu subscribers. Morteza mengaku aktif menjalankan TikTok hingga YouTube karena merasa kesepian setelah kepergian sang bunda.

5. Kasus Morteza

Saat siaran langsung di TikTok, Morteza sempat menyinggung agama Kristen terkait keyakinan mereka. Tidak berselang lama, Morteza dilaporkan dan akhirnya ditangkap polisi pada Sabtu, 21 Oktober 2023 di Desa Deli Serdang, Sumatera Utara.

Morteza dituduh atas penistaan agama dan melanggar UU ITE. Sebelum dilaporkan, Morteza mengunggah video klarifikasi di akun TikTok pribadinya.

“Saya mengaku salah atas apa yang saya ucapkan atau saya perbuat tentang me-roasting agama sebelah. Saya mita maaf karena itu saya sebagai Morteza yang berbuat. Itu cuma joke-joke saja cuman berlebihan dan tidak tahu batasan,” ujar Morteza melalui akun TikTok-nya yang diunggah kembali oleh pengguna TikTok @justniiel_.

6. Biodata Morteza

Morteza
Morteza Melanjutkan Kuliah di Medan hingga Akhirnya Berkarier sebagai Konten Kreator
  • Nama: Fikri Murtadha
  • Nama Panggilan: Morteza
  • Tempat, Tanggal Lahir: Binjai, 1994/1995
  • Umur: 28 Tahun
  • Pendidikan: Unversitas di Medan
  • Agama: Islam
  • Profesi: Konten Kreator
  • Tahun Aktif: 2019 – 2023
  • Kanal YouTube: MORTEZA

Atas perbuatannya, Morteza dijerat pasal 45 A (2) jo 28 (2) UU ITE dan pasal 156 A KUHP Pidana tentang penistaan agama. Oleh karenanya, Morteza terancam hukuman enam tahun penjara.

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed