Connect with us

NASIONAL

Proaktif Masyarakat Melaksanakan 3M di wajibkan Agar Dapat Membantu Menekan Rantai Penyebaran Covid-19

Avatar

Published

on

Proaktif Masyarakat Melaksanakan 3M di wajibkan Agar Dapat Membantu Menekan Rantai Penyebaran Covid-19

[ad_1]

Proaktif Masyarakat Melaksanakan 3M di wajibkan Agar Dapat Membantu Menekan Rantai Penyebaran Covid-19


Telegraf – Pandemi COVID-19 belum berakhir hingga saat ini. Pemerintah terus berupaya agar rantai penularan COVID-19 bisa ditekan, salah satunya dengan merencanakan pengadaan vaksin COVID-19. Akan tetapi tanpa dukungan masyarakat, program vaksinasi tentu tidak akan bisa berjalan lancar apalagi menekan penularan COVID-19. Masyarakat merupakan garda terdepan dalam penularan Virus Covid-19 diharapkan perlunya proaktif dengan menjalankan protokol kesehatan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak, hingga vaksi di suntikan.

“Berdasarkan penelitian dari WHO dan telah ditetapkan sebagai standar bagi semua negara bahwa 3Mhaarus di lakukan. Jadi, kalau kita tidak melakukan apa-apa kemungkinan kita tertular COVID-19 itu 100%, namun kalau kita mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, itu menurunkan risiko penularan hingga 35%. Kalau kita menggunakan masker biasa yang tiga lapis, akan mampu menurunkan risiko penularan hingga 45%, kalau kita menggunakan masker bedah yang warnanya hijau atau biru menurunkan risiko penularan hingga 70%, dan kalau kita menjaga jarak aman, akan menurunkan risiko penularan hingga 85%. Jadi yang berkerumun itu saya rasa keterlaluan sekali karena abai kepada dirinya sendiri dan orang di sekitarnya”, hal itu di ungkapkan oleh dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH. Pakar Imunisasi dalam sebuah forum diskusi melalui webinar, beberapa hari lalu.

Hal tersebut di benarkan oleh tenaga kesehatan (nakes) Lia Gustina AMD.Kep, relawan tenaga kesehatan yang sudah bertugas sejak April di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, bahwa di himbau masyarakat indonesia khususnya yang masih melakukan aktifitas, harus menjaga dan wajib melaksanakan protokol kesehatan di kehidupan sehari hari.

“Saya berharap kepada masyarakat, untuk tetap menjaga protokol Kesehatan 3M dan tidak berkerumun meski ada vaksin nantinya. Tetap mendukung kami yang ada di garda terdepan”, tuturnya.

dr. Elizabeth mengatakan vaksin sudah tiba di indonesia tapi masyarakat harus menyadari kapasitas produksi vaksin tidak akan cukup untuk semua penduduk, sudah pasti vaksinasi nantinya akan bertahap. Sehinga masyarakat harus tetap pelaksanakan 3 M. Terkait program vaksinasi nanti, tentu Pemerintah akan memberikan aturan mengenai yang akan bertugas memberikan vaksinasi dan siapa yang diberikan vaksin secara bertahap.

“Tentu nantinya ada aturan kapan vaksinasinya, di mana, dan siapa. Tentu siapanya ini tidak semua orang, itu yang harus kita mengerti. Karena vaksin yang ada baru untuk kelompok tertentu, seperti misalnya yang diprioritaskan kepada tenaga kesehatan terlebih dahulu. Kenapa diutamakan tenaga kesahatan? Karena mereka yang menolong orang sakit, dan kalau tenaga kesehatan kita tertular, mereka bisa menularkan kepada orang lain, itu alasan yang harus bisa diterima”, ujar dr. Elizabeth.

Sementara itu Lia Gustina yang tentunya sebagai tenaga kesehatan dan bersinggungan langsung dengan pasien COVID-19, mengatakan sangat mendukung pengadaan vaksin COVID-19 oleh Pemerintah, “Mewakili teman-teman di Wisma Atlet ini, saya sangat mendukung dan berharap pandemi ini akan segera berakhir, dan untuk kebaikan rakyat Indonesia semua. Saya berharap agar segera diadakan vaksinasi agar kami juga tenaga kesehatan bisa terus menolong masyarakat yang terpapar COVID-19. Lalu bagi masyarakat di luar sana mari kita bersama-sama memutus rantai penyebaran COVID-19 ini dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak terutama dengan tidak berkerumun”, kata Lia.


Photo Credit : Ilustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan/Doc/SHUTTERSTOCK/MARIDAV


 

 

Atti K.



[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

NASIONAL

Akibat Tanah Longsor Di Matim, Petani Kebun Merugi Hingga Kelaparan

Avatar

Published

on

Akibat Tanah Longsor Di Matim, Petani Kebun Merugi Hingga Kelaparan
Akibat Curah Hujan Tinggi, Tanah Longsor kembali melanda Elar Manggarai Timur pada Selasa, 4 Januari 2022 (Ejhy.S)

BuzzFeed – Akibat dampak dari curah hujan yang tinggi, terdapat Tanah Longsor terjadi di kawasan Elar Manggarai Timur. Tanah longsor tidak hanya menyasar ke kawasan Jalan Raya, melainkan Kebun Milik beberapa Warga.

Lebih tepatnya, di Desa Rana Gepang Kampung Gorong. Berdasarkan laporan dari warga yakni Thomas Redo (49), menyampaikan bahwa banyak terjadi musibah tanah longsor yang cukup luas, baik kebun hingga sawah tersapu bersih oleh tanah Longsor.

“Saat ini Saya dan keluarga yang lain yang terdampak longsor di kebun kami masing-masing merasa kehilangan mata pencaharian dan penghasilan kami,” ungkapnya kepada awak media pada Selasa (4/1/2022).

Akibat tanah longsor, menurutnya, sebagai petani kebun merasa kehilangan penghasilan. Pasalnya satu hamparan kebun kopi,kemiri bahkan porang yang ia tanam kisaran 5 hektare luasnya hilang tersapu bersih oleh tanah longsor, sawah pun ikut tertimbun material longsor seperti tanah,batu dan pepohonan. Oleh karena itu, ia merasa gelisah atas kekurangan makan hingga uang.

“Padi yang kami harapkan bisa untuk kami makan berasnya nanti ketika Panen telah tertimbun longsor,begitupun Kebun tanaman komoditi kami seperti kopi,kemiri dan porang yang kami harapkan bisa menghasilkan uang,” bebernya.

“Jika nantinya kami panen kini hanyalah hayalan semata semuanya telah tertimbun tanah longsor. Untuk Tahun Ini Mungkin kami hanya bisa meminta kepada keluarga untuk sedikit bisa hidup karna tak ada lagi yang bisa kami harapkan dari hasil jerih payah kami”,tuturnya dengan nada sedih.

Pada kesempatan lain juga Yohan mengatakan bahwa hal serupa, Sawah saya seluas 3 hektare semuanya tertimbun longsor.

“Pupuslah harapan kami,dengan desahan nafas panjang saya menahan duka ini.kami kehilangan harapan kami.kami merasa sedikit stress karna memikirkan jerih payah kami hingga awal mulai membajak hingga biaya sewa traktor dan biaya lainnya selama proses pengerjaan sawah kami.Tahun ini kami kekurangan Makan”,Tutupnya sambil mengelus dada.

Secara kompak bersama Warga Lainnya yang terdampak, mereka Sangat mengharapkan agar pemerintah setempat membantu atas bencana alam tersebut.

Dalam hal ini Pihak Desa dan Kecamatan untuk segera meninjau langsung kelokasi terdampak longsor sehingga barangkali Pihak Desa dan Kecamatan bisa meneruskan hal ini ke BPBD Manggarai Timur sebagai Laporan.

Pihaknya Juga berharap jika Pemerintah setempat telah meninjau langsung kelokasi dan telah meneruskan laporannya ke BPBD Matim dan Pemda Matim, dengan harapan mendapat sedikit perhatian dari Pemda dan BPBD matim. (Ejhy.S)

Continue Reading

NASIONAL

5 Januari 2022, Rencana Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Empat Kabupaten/Kota, Provinsi Jateng

Aji Cahyono

Published

on

5 Januari 2022, Rencana Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Empat Kabupaten/Kota, Provinsi Jateng
Presiden Jokowi bertolak menuju Jateng, dalam rangka kunjungan kerja, Rabu (05/01/2022) (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

BuzzFeed – Presiden RI, Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja menuju Provinsi Jawa Tengah, Rabu (05/01/2021) menggunkana Pesawat Kepresidenan Indonesia sekira pukul 07.00 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali.

Melansir dari Laman Resmi Sekretariat Kabinet RI, Presiden 2 Periode berencana akan melanjutkan perjalanannya dari Boyolali menuju Kabupaten Sragen dalam rangka menyerahkan bantuan bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Warung di Pasar Gemolong.

Kemudian, Jokowi bakal menyerahkan bantuan serupa di Pasar Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Selain itu, Presiden juga diagendakan untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi anak yang digelar di SD Negeri 3 Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan.

Pasca peninjauan, Presiden asal Solo melanjutkan perjalanannya menuju Kabupaten Blora menggunakan Helipkopter Super Puma TNI AU dalam rangka peresmian Bendungan Randugunting.

Setelahnya, Presiden Jokowi akan kembali melanjutkan perjalanan menuju Kota Semarang dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Presiden akan meresmikan Pasar Johar Semarang dan menyerahkan bantuan tunai bagi para PKL dan warung yang ada di halaman depan Alun-Alun Kauman, Kota Semarang.

Presiden bersama rombongan diagendakan untuk kembali ke Jakarta pada petang harinya melalui Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Continue Reading

NASIONAL

Urgensi Perlindungan terhadap Pelecehan Kekerasan Seksual, Presiden Jokowi Dorong Sahkan RUU TPKS

Aji Cahyono

Published

on

Urgensi Perlindungan terhadap Pelecehan Kekerasan Seksual, Presiden Jokowi Dorong Sahkan RUU TPKS
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sumber: Menkominfo

BuzzFeed – Dalam rangka memberikan perlindungan terhadap korban kekerasa seksual, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mendorong adanya langkah percepatan dalam pengesahan Rancangan Undang – Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) yang saat ini masih menjadi draft pembahasan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

“Saya mencermati dengan saksama Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, sejak dalam proses pembentukan pada tahun 2016, hingga saat ini masih berproses di DPR. Karena itu saya memerintahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk segera melakukan koordinasi dan konsultasi dengan DPR dalam pembahasan RUU tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual ini agar ada langkah-langkah percepatan,” ujar Presiden dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (04/01/2022) dikutip dari Menkominfo.

Kendati demikian, Presiden RI dua periode meminta kepada Gugus Tugas Pemerintah yang menangani RUU TPKS menyiapkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) terhadap draf RUU yang sedang disiapkan oleh DPR RI.

Dengan demikian, proses pembahasan bersama nanti lebih cepat, masuk ke pokok-pokok substansi untuk memberikan kepastian hukum, serta menjamin perlindungan bagi korban kekerasan seksual.

“Saya berharap RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual ini segera disahkan sehingga dapat memberikan perlindungan secara maksimal bagi korban kekerasan seksual di Tanah Air,” pungkasnya.

Continue Reading

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2022 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close