Feed

Presiden Jokowi ingin hasil pertanian bisa penuhi kebutuhan di Lamsel



Kita harus siap dulu, sehingga produktivitas petani kita tidak turun

Lampung Selatan (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan hasil pertanian di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di Provinsi Lampung.

“Kabupaten Lampung Selatan memiliki peluang untuk memenuhi kebutuhan pangan dan berperan sebagai penyangga bagi Provinsi Lampung,” kata Presiden Jokowi saat melakukan konferensi pers di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, setelah memberikan bantuan pompa air irigasi kepada petani setempat, Kamis.

Oleh karena itu, kata dia, untuk membuat hasil pertanian di Lampung Selatan tetap stabil pihaknya memberikan bantuan pompa air untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi).

“Kita harus siap dulu, sehingga produktivitas petani kita tidak turun, karena semua negara sekarang ini produksinya turun gara-gara gelombang panas dan kekeringan panjang,” katanya.

Kepala  Negara mengatakan program pompanisasi di Lampung Selatan tetap berlanjut pada saat cuaca hujan deras. Hal itu sebagai bentuk persiapan menghadapi kemarau panjang.

​​​​​​”Semua negara sekarang ini produksinya turun gara-gara gelombang panas dan kekeringan panjang,” kata dia.

Baca juga: Ketahanan pangan, Presiden tinjau lahan pertanian Lampung Selatan

Baca juga: Ribuan warga Palas berjejer untuk lihat langsung Presiden Jokowi


Presiden Jokowi memastikan Kementerian Pertanian (Kementan) akan berupaya memenuhi kebutuhan pompa secara keseluruhan untuk memastikan seluruh area produksi dapat tercukupi.

“Saya lihat di sini irigasinya cukup baik, jadi kita tarik airnya dari irigasi lebih rendah masuk ke dalam irigasi sekunder tersier bisa lari ke sawah, sehingga kita harapkan yang biasanya tanam panen sekali bisa dua kali dan yang sudah dua kali bisa tiga kali,” katanya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo  juga dijadwalkan meninjau RSUD Bob Bazar, hingga meresmikan gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Kebangsaan, Kabupaten Lampung Selatan, pada hari pertama kunjungan kerja di Provinsi Lampung.

Mengawali kegiatannya, Presiden di Kabupaten Lampung Selatan, langsung menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda untuk melakukan peninjauan fasilitas dan pelayanan kesehatan.

Selepas itu, Presiden menuju Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan untuk meninjau lokasi sawah tadah hujan dengan memberikan bantuan pompa air kepada petani.
Setelah peninjauan lokasi sawah, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke SMA kebangsaan untuk meresmikan gedung sekolah.

Kemudian pada siang harinya, Presiden Jokowi akan melanjutkan kegiatan di Kabupaten Lampung Utara meninjau pasar tradisional dan pemberian BLT kepada warga.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed