Business is booming.

Potret Banjir Jakarta di Akhir 1800an dan Awal 1900an


Ilustrasi Banjir

Ilustrasi Banjir | unsplash.com

Rupanya, Banjir di Jakarta telah melanda sejak lama.

Setiap musim penghujan datang, Jakarta dikenal sebagai kota yang menjadi langganan banjir terjadi. Rupanya, banjir yang terjadi di Jakarta sudah terjadi sejak lama. Bahkan, bencana banjir di Jakarta telah terjadi sejak zaman penjajahan Belanda.

Sebuah unggahan oleh akun twitter @mazzini_gsp menunjukan beberapa potret saat banjir menerjang Jakarta di akhir 1800an dan awal 1900an. Seperti apa kondisinya? Yuk kita simak di bawah ini.

1.

Menunjukkan foto lawas banjir di Jakarta

Ilustrasi Banjir

Dalam unggahan akun twitter @mazzini_gsp, ia menunjukan potret saat Jakarta diterjang banjir di era sebelum kemerdekaan. Ia mengunggah potret banjir Jakarta dari tahun 1872, 1898, 1918, dan 1920. Foto tersebut ia dapatkan dari sumber KITLV, sebuah lembaga penelitian asal Belanda.

2.

Awal mula banjir Jakarta

Ilustrasi Banjir

Banjir Jakarta 1898 | twitter.com

Dari keterangan sang pengunggah, banjir di Jakarta telah terjadi jauh sebelum tahun tersebut. Ia mengatakan bahwa banjir terjadi di Jakarta sejak tahun 1621. Banjir di Jakarta lalu berlanjut bertahun – tahun kemudian hingga saat ini.

“Jakarta udah banjir dari zaman Jan Pieterszoon Coen tahun 1621. Lanjut tahun berikutnya banjir besar di Jakarta 1654, 1873, 1918, 1976, 1979, 2007 sampai sekarang,” ujar @mazzini_gsp.

3.

Viral di media sosial

Ilustrasi Banjir

Unggahan ini diunggah oleh pemilik akun tersebut pada 20 Februari 2021. Unggahan ini telah di-retweet sebanyak hampir dua ribu kali. Unggahan ini juga telah mendapatkan enam ribu lebih likes dari para pengguna twitter.

4.

Reaksi dari netizen

Ilustrasi Banjir

Banjir Jakarta 1920 | twitter.com

Unggahan ini mendapatkan berbagai reaksi dari netizen. Sebab, di saat pemilik akun mengunggah cuitannya, Jakarta juga sedang dilanda banjir di beberapa titik. Beberapa netizen juga baru mengetahui asal usul banjir yang terjadi di Jakarta.

“wkwkw apa yang salah y sm ni kota ternyata banjir dah dari 1 abad yang lalu…” – @hitshalom

“Banjir adalah tradisi budaya yang melekat di masyarakat Ibukota,” – @kacangcokltkeju

“Meskipun banjirnya udah dari dlu,tapi salahkan gubernurnya. Begitu kata orang sebelah,” – @alvinvin89

“dari dulu emgsi langganan banjir, makanya menurut arsitek belanda jkt bukan tempat yg sehat dan ideal buat pusat pemerintahan maupun pusat bisnis,” – @ottipain

Artikel Lainnya

Ternyata banjir di Jakarta rupanya telah terjadi sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, hingga kini banjir di ibu kota ini seolah menjadi tradisi tahunan yang terjadi. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat pun dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan menahun yang seolah tak kunjung selesai ini.

Tags :





Source link