Connect with us

FEED

Ponsel Lebih Penting dari Toilet, 10 Fakta Mengejutkan Tentang Kesehatan Global

Ponsel Lebih Penting dari Toilet, 10 Fakta Mengejutkan Tentang Kesehatan Global


AKURAT.CO, Hari Kesehatan Dunia dirayakan setiap 7 April untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan global. Setiap tahunnya, Organisasi kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengangkat tema berbeda. Dan tema dari Hari Kesehatan Dunia tahun ini adalah “Building a fairer, healthier world for everyone” atau membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat untuk semua orang.

Dilansir CMMB, dalam upaya membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan, Akurat.co membagikan beberapa fakta tentang kesehatan yang mungkin mengejutkan bagi kamu:

  1. Setidaknya separuh populasi dunia tidak menerima layanan kesehatan penting yang mereka butuhkan.
  2. Biaya kesehatan yang mahal telah mendorong 100 juta orang menuju kemiskinan. Lebih dari 800 juta orang menghabiskan setidaknya 10 persen dari anggaran rumah tangga mereka untuk membayar perawatan kesehatan pada tahun 2017. Itu hampir 12 persen dari total populasi dunia. Mirisnya, seringkali yang termiskin yang semakin dimiskinkan oleh biaya perawatan kesehatan.
  3. Faktanya, lebih banyak orang yang memiliki akses ke ponsel daripada toilet. Tidak semua orang langsung menyadari pentingnya sanitasi yang layak. Hal ini didorong oleh begitu banyak kebutuhan tidak terpenuhi, seperti makanan, perawatan kesehatan, tempat tinggal. Sehingga kebutuhan akan toilet menjadi terabaikan.
  4. Sistem kesehatan yang buruk berkontribusi pada kematian 6,6 juta anak di seluruh dunia setiap tahun.
  5. Setiap hari, lebih dari 800 wanita meninggal karena komplikasi selama kehamilan dan persalinan. Sudan Selatan dan Kenya, dua negara dengan angka kematian ibu tertinggi di seluruh dunia. Di Sudan Selatan, angka kematian ibu mencapai 789 per 100.000, menempati peringkat ke-179 di dunia. Kenya, berada di peringkat 510 per 100.000 sebagai peringkat 168 di dunia. Banyak dari kematian ini seharusnya dapat dicegah dengan akses kesehatan yang lebih baik.
  6. Orang Amerika menghabiskan lebih banyak menghabiskan uang untuk Halloween daripada untuk mengatasi malaria dalam setahun.
  7. Total pengeluaran untuk Halloween tahun ini mencapai 8,4 miliar dolar AS.
  8. Diare dan pneumonia membunuh lebih banyak anak daripada gabungan AIDS, malaria, dan Tuberkulosis. Diare terbukti telah membunuh 2.195 anak setiap hari, lebih banyak dari gabungan AIDS, malaria, dan campak.
  9. Kesehatan Global tampaknya telah menjadi dunia pria. Hanya 28 persen pejabat kesehatan tertinggi di WHO adalah wanita. Ketidaksetaraan gender ada di seluruh dunia. Namun, sejumlah pengamay melihatnya paling relevan di negara berkembang, di mana implikasi sosial telah membuat wanita hanya memiliki sedikit pilihan dan sedikit kebebasan. Kekerasan berbasis gender pun tetap tinggi di seluruh dunia. WHO melaporkan bahwa 35,6 persen perempuan pernah mengalami kekerasan fisik atau seksual.
  10. Prediksi dan usaha tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan terbukti cukup sulit dibuat dan direalisasikan.

Meskipun Hari Kesehatan Dunia adalah peringatan global, ini bukan hari libur umum. Hari Kesehatan Dunia adalah satu dari delapan kampanye kesehatan yang didirikan oleh WHO.[]

baca juga:

Editor: Bonifasius Sedu Beribe





Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

Hilang Sejak 3 Bulan Lalu, Pria yang Terseret Ombak di Pantai Cidaun Ditemukan Tinggal Tengkorak

Hilang Sejak 3 Bulan Lalu, Pria yang Terseret Ombak di Pantai Cidaun Ditemukan Tinggal Tengkorak




RS (23), warga Kecamatan Cianjur yang hilang terseret ombak Pantai Cidaun tiga bulan yang lalu, jenazahnya ditemukan dalam kondisi tak utuh tinggal tulang, Jumat (9/4/2021).


© Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
RS (23), warga Kecamatan Cianjur yang hilang terseret ombak Pantai Cidaun tiga bulan yang lalu, jenazahnya ditemukan dalam kondisi tak utuh tinggal tulang, Jumat (9/4/2021).

TRIBUNNEWS.COM – Misteri hilangnya seorang wisatawan di Pantai Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat akhirnya terungkap.

Sebelumnya seorang pria berinisial RS (23) dilaporkan terseret ombak sekitar 3 bulan yang lalu.

Semenjak itu korban dinyatakan hilang.

Hingga akhirnya pada Jumat (9/4/2021), RS berhasil ditemukan dalam dalam kondisi tak utuh tinggal tulang.

Baca juga: Tak Tahan Lihat Ibunya Sering Dipukuli, Jamal Nekat Sabetkan Parang ke Leher Ayah hingga Tewas

Jenazah RS ditemukan sudah tak utuh, namun korban ditemukan masih mengenakan celana bertuliskan nafaro.

Ia ditemukan di pinggir perairan Pantai Cisela, Kecamatan Cidaun.

Kapolsek Cidaun, AKP Sumardi SH mengatakan, mayat yang ditemukan oleh seorang nelayan, adalah wisatawan yang terseret pada hari Minggu 23 Januari 2021.

“Sesosok mayat laki-laki yang kondisinya sudah dalam keadaan rusak (tulang belulang dada, tengkorak dan tangan) pergelangan tangan kiri tidak ada dan tidak ditemukan identitas diri.”

“Ternyata korban yang tenggelam beberapa bulan yang lalu dan sempat disisir pencarian bersama sama tim gabungan tidak ditemukan,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Baca juga: Tertangkap Basah, Pencuri Motor di Bogor Dikabarkan Tewas Diamuk Massa

Kapolsek mengatakan, masih ada yang mengenali korban karena celana pendek warna biru dan abu ada tulisan Nafaro.

“Setelah mayat diangkat ke darat ada yang menghubungi keluarga dan orang tersebut meyakinkan bahwa mayat tersebut adalah RS,” katanya.

Kapolsek mengatakan, pihak keluarga mengenali ciri-ciri mayat dari celana yang masih terpakai pada jenazah.

“Kami menyerahkan ke Puskesmas Cidaun lalu jenazah dibawa keluarganya ke Cianjur menggunakan mobil ambulans,” katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Terseret di Pantai Cidaun 3 Bulan Lalu, Wisatawan Ini Ditemukan Tinggal Tulang, Dikenali dari Celana

(Tribunjabar.id/ Ferri Amiril Mukminin)

Berita lainnya seputar Kabupaten Cianjur.



Source link

Continue Reading

FEED

Karier Jadi Prioritas Utama bagi 4 Zodiak Ini, Kamu Termasuk?

Karier Jadi Prioritas Utama bagi 4 Zodiak Ini, Kamu Termasuk?


AKURAT.CO Kehidupan karier memang masih menjadi rahasia bagi setiap orang. Ada yang mungkin memiliki karier panjang di satu perusahaan hingga pensiun, atau bahkan sering berpindah-pindah karena tidak cocok.

Tak semua orang akan sama dari kariernya. Hal ini wajar mengingat setiap orang memiliki sifat yang berbeda dan prioritas masing-masing.

Sama dengan zodiak, maka bisa jadi kelahiran rasi bintang bisa berpengaruh pada pandangan kamu mengenai karier ke depannya.

baca juga:

Berikut ini 4 zodiak yang akan memiliki karier panjang, dilansir dari berbagai sumber.

1. Scorpio
Zodiak satu ini memiliki energi yang besar dalam melakukan pekerjaannya. Untuk itu, tujuan karier baginya menjadi prioritas utama.

Paling penting bagi Scorpio adalah terus melatih kemampuan yang ada, agar ini dapat menunjang semangat yang dimiliki.

Untuk itu, penting sekali bagi kamu menjaga motivasi dan inspirasi untuk mencapai tujuan dan karier yang semakin sukses.

2. Sagitarius
Perencanaan serta keyakinan yang baik soal karier zodiak ini akan menjadi kunci untuk mendapatkan karier yang panjang.

Sagitarius juga akan memperoleh banyak energi positif dari sekitar, di mana ini akan membuat kamu semakin percaya diri terhadap karier yang digeluti.

Editor: Dhera Arizona Pratiwi





Source link

Continue Reading

FEED

IHSG Masih Lesu Pagi Ini, Dibuka Turun 0,2% ke 5.938 : Okezone Economy

IHSG Masih Lesu Pagi Ini, Dibuka Turun 0,2% ke 5.938 : Okezone Economy



 JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali lanjutkan pelemahan pada pagi ini. IHSG dibuka turun 10,7 poin atau 0,2% ke 5.937,87 atau 5.938.

Pada awal perdagangan, Selasa (13/4/2021), terdapat 98 saham menguat, 112 saham melemah dan 119 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp140 milar dari 266,59 juta lembar saham yang diperdagangkan.

 Baca juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Pelemahan, Cek Dulu Rekomendasi Sahamnya

Indeks LQ45 turun 1,9 poin atau 0,21% ke 880,92, indeks JII turun 1,9 poin atau 0,32% ke 587,05, indeks IDX30 turun 0,8 poin atau 0,18% ke 468,63 dan indeks MNC36 naik 3,1 poin atau 0,33% ke 301,41.

Sementara itu, saham-saham yang masuk top gainers yaitu saham SUPR naik Rp1.000 atau 16,7% ke Rp7.000, saham BMAS naik Rp320 atau 24,8% ke Rp1.610, dan saham UNTR naik Rp200 atau 0,9% ke Rp21.625.

 Baca juga: Ini Sentimen-Sentimen yang Bisa Dorong IHSG Kembali ke 6.000

Adapun saham-saham yang masuk top losers antara lain, saham TKIM turun Rp475 atau 4,8% ke Rp9.400, saham BBCA turun Rp300 atau 1% ke Rp30.025, dan saham POLL turun Rp200 atau 6,5% ke Rp2.860.

(rzy)



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close