Info

Polisi Italia Ringkus Jaringan Pialang Pencuci Uang asal China

Polisi Italia menangkap 33 orang pada hari Rabu (4/10) dalam tindakan keras terhadap jaringan pialang uang China yang diduga mencuci lebih dari 50 juta euro (Rp790 miliar) dari kelompok-kelompok penyelundup narkoba, termasuk mafia ‘Ndrangheta.

Kolonel polisi Guardia di Finanza Francesco Ruis mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa aspek khusus dari kasus ini adalah hubungan yang tercipta antara organisasi seperti ‘Ndrangheta dan entitas China yang menyediakan layanan keuangan.

Ruis, yang memimpin penyelidikan terbaru itu di Roma, mengatakan angka pergerakan keuangan lebih dari 50 juta euro yang terlacak tidak memberikan dimensi sebenarnya dari kasus tersebut.

“Ini yang kita lacak dari tahun 2020 hingga 2022, tapi investigasi tidak bisa menelusuri seluruh operasi. Ibarat melakukan pengintaian, kami hanya bisa melihat 20% yang terjadi,” ujarnya.

Polisi Guardia di Finanza mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menangkap 33 orang, termasuk tujuh warga negara China, di Roma dan di enam kota lainnya di Italia atas tuduhan konspirasi kriminal terorganisir untuk perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Mereka juga menyita uang tunai sekitar 10 juta euro (Rp165 miliar) dari para pialang yang bertugas mentransfer uang ke luar negeri, kata pernyataan itu. Beberapa investigasi baru-baru ini menunjukkan bagaimana kartel narkoba di Italia semakin banyak menggunakan jaringan bayangan broker uang China yang tidak memiliki izin untuk melakukan pembayaran lintas batas negara. [lt/jm]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed