Info

PM Slovakia Fico Dalam Kondisi Hidup dan Mati Setelah Ditembak

PM Slovakia Robert Fico dalam kondisi hidup dan mati dua hari setelah upaya pembunuhan terhadapnya yang mengguncang Eropa, kata PM Hongaria Viktor Orban kepada radio publik, Jumat (17/5).

Penembakan ini merupakan upaya pembunuhan besar pertama terhadap seorang pemimpin politik Eropa dalam kurun 20 tahun lebih, dan telah menuai kecaman internasional.

Para analis politik dan legislator mengatakan insiden itu telah mengungkapkan semakin tidak stabil dan terpolarisasi di Slovakia maupun di berbagai penjuru Eropa.

“Kami berdoa untuk perdana menteri dan mendukung Slovakia,” kata Orban. “Kami berharap ia lekas sembuh dan kembali bekerja. Robert Fico dalam keadaan hidup dan mati.”

Orban mengatakan seandainya pun Fico pulih, ia tidak akan bisa bekerja selama berbulan-bulan, pada saat yang kritis menjelang pemilihan Parlemen Eropa yang dijadwalkan berlangsung awal bulan depan.

“Kami menghadapi pemilu yang akan memutuskan bukan hanya mengenai para anggota di Parlemen Eropa, tetapi bersama-sama dengan pemilu AS dapat menentukan arah perang dan damai di Eropa,” lanjut Orban.

“Dalam situasi itu, kami akan sangat membutuhkan Robert Fico dan Slovakia yang properdamaian,” lanjutnya. [uh/lt]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed