Feed

Pj Gubernur:Festival Bunga dan Buah tingkatkan perekonomian masyarakat



Saya kagum melihat kreativitas masyarakat Karo pada Festival Bunga dan Buah 2024 ini,

Medan (ANTARA) – Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni menyebut Festival Bunga dan Buah 2024 yang diselenggarakan di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo, Kecamatan Berastagi, Sumatera Utara berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Festival Bunga dan Buah, ini sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, UMKM, pedagang kecil,” ujar Agus Fatoni usai membuka Pesta Bunga dan Buah 2024 di Berastagi, Karo, Sumatera Utara, Kamis.

Menurutnya, festival yang masuk dalam Kalendar Karisma Nusantara Kemenparekraf ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, terlihat dari antusias masyarakat yang hadir memeriahkan festival tahunan tersebut. “Festival seperti ini menjadi daya tarik lain bagi wisatawan untuk berkunjung ke Sumut. Ini menjadi hal yang bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata dia

Mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan itu pun kagum dengan kreativitas masyarakat Karo yang mampu mengemas acara ini sebaik mungkin.

Festival Bunga dan Buah ini menyajikan berbagai penampilan seperti pawai mobil hias, lomba fashion show, membuat desain landmark dan merangkai bunga, pentas seni serta pesta rakyat.

Kegiatan yang berlangsung selama 4-6 Juli 2024 ini juga memberikan buah gratis sebanyak 1 ton kepada pengunjung yang hadir selama festival itu berlangsung.

“Saya kagum melihat kreativitas masyarakat Karo pada Festival Bunga dan Buah 2024 ini,” kata dia.

Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang pada kesempatan yang sama mengatakan festival ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang d wilayah ini.

“Jumlah pengunjung pada hari ini saja sekitar 25.000 orang, dan dari laporan hotel yang berada di kawasan Berastagi sudah penuh,” kata Cory.

Dia mengatakan, jumlah pengunjung di acara festival yang diselenggarakan selama tiga hari ini, bisa mencapai target sebanyak 80.000 sampai 90.000 orang dengan perputaran uang sekitar Rp10 miliar.

Kegiatan yang masuk agenda nasional ini, menurut Cory, merupakan momentum untuk bisa menarik wisatawan lebih banyak yang bisa hadir di Berastagi maupun kawasan sekitarnya.

“Ada 160 UMKM yang berada di dalam area selain di luar, ini otomatis bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed