Info

Pesawat Pertama Mulai Evakuasi Wisatawan di Kaledonia Baru

Pesawat pertama yang dikirim untuk mengevakuasi wisatawan yang terkatung-katung dari Kaledonia Baru mendarat Selasa (21/5) di ibu kota Noumea.

Sebuah pesawat angkut militer Australia mendarat di bandara internasional kota itu untuk mulai mengevakuasi 300 wisatawan Australia yang tidak dapat meninggalkan wilayah Prancis di Pasifik itu sejak kerusuhan pecah seminggu yang lalu.

Pemerintah Selandia Baru mengirim pesawat untuk mengevakuasi 50 warga negaranya dari Noumea, ibu kota di kepulauan Pasifik, yang merupakan penerbangan pertama dari serangkaian usulan penerbangan untuk membawa pulang warganya.

Sedikitnya enam orang tewas dan ratusan lainnya terluka di Kaledonia Baru setelah kekerasan meletus pekan lalu menyusul reformasi pemilu yang kontroversial yang disahkan di Paris.

Prancis telah mengirimkan lebih dari seribu personel keamanan, dan ratusan lainnya tiba pada Selasa (21/5), dalam upaya meredam kerusuhan dan memulihkan kendali pemerintah.

Selama beberapa dekade telah terjadi ketegangan antara penduduk asli Kanak yang menginginkan kemerdekaan dan keturunan penjajah yang ingin tetap menjadi bagian dari Prancis. [lt/jm]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed