Connect with us

GAYA HIDUP

Perbedaan Antara Mesin Cuci Top Load vs Front Load

Perbedaan Antara Mesin Cuci Top Load vs Front Load

[ad_1]

1.

Mesin cuci top loading


Sesuai namanya, mesin cuci top loading memiliki tutup yang berada di atas. Jadi kamu memasukkan pakaian dari sisi atas mesin cuci.

Mesin cuci jenis ini membutuhkan volume air yang lebih banyak untuk mencuci pakaian, itulah mengapa deterjen yang dibutuhkan pun harus banyak.

Sementara itu secara mesin, mesin cuci top loading dapat menampung beban yang lebih berat serta menampung kapasitas pencucian lebih besar. Meski ada pula versi front load yang memiliki kapasitas besar.

Saat mesin cuci top loading mengalami kerusakan, biasanya perawatan dan perbaikannya akan lebih mudah. Dari segi harga, mesin cuci top loading biasanya lebih murah dibandingkan mesin cuci front loading. Sementara jika kamu memilih mesin cuci top loading dengan teknologi Digital Inverter seperti yang ditawarkan Samsung, maka penggunaan listrik akan lebih hemat.

Sayangnya, pakaian biasanya diputar dengan cepat dengan menggunakan beberapa mesin cuci top loading. Sehingga menyebabkan baju lebih cepat aus dan berpotensi mudah robek.

2.

Mesin cuci front loading


Mesin cuci jenis front loading memiliki keunggulan yakni hanya membutuhkan volume air yang kecil dan juga detergen yang sedikit. Tak hanya itu, mesin cuci ini juga lebih hemat energi

Mesin cuci front loading mencuci dengan menjatuhkan pakaian dalam gerakan naik turun mirip dengan mencuci tangan. Efek berguling lembut pada mesin cuci muatan depan mengurangi tekanan pada pakaian. Ini membuat pakaian jauh lebih awet.

Namun dari segi harga, mesin cuci front loading biasanya relatif mahal. Dan dari segi perawatan dan perbaikan akan lebih rumit dibandingkan mesin cuci top loading.

3.

Mana yang harus kamu pilih?


Selain mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan, sebelum membeli mesin cuci juga harus memilih merk terbaik. Samsung adalah salah satu merk barang-barang elektronik yang terbukti memiliki teknologi tinggi.

Pada mesin cuci top loading, Samsung membekali mesin cucinya dengan Wobble Technology atau teknologi anti lilit yang bisa membuat pakaian tetap awet meski sering dicuci. Pulsator Wobble-nya menghasilkan aliran pencucian multi-arah yang dinamis untuk mencegah kusut, lilitan, dan simpul. Hal ini juga dapat membersihkan pakaianmu dengan lembut dan menyeluruh.

Mesin cuci Samsung jenis ini juga memberikan fitur Magic Dispenser. Fitur ini membuat kamu bisa mencuci tanpa mengkhawatirkan sisa deterjen. Magic Dispenser menciptakan pusaran air yang kuat. Sehingga bisa melarutkan deterjen cair dan bubuk dan menyebarkannya secara merata sebelum siklus pencucian dimulai. Hal ini menjaga kotak deterjen tetap bersih dan meminimalkan risiko residu tertinggal pada pakaianmu.

Lalu masih ada Eco Tub Clean, yang bisa membersihkan drum mesin cuci tanpa deterjen. Sehingga bisa tetap ramah lingkungan. Kamu akan mendapatkan notifikasi jika nantinya drum mesin cuci sudah perlu dibersihkan.

Sementara pada mesin cuci front loading keluaran Samsung bisa merawat pakaian tetap lembut dengan adanya Diamond Drum. Desain sisi tabung yang unik menyerupai berlian merawat pakaian lebih baik dibandingkan drum konvensional. Tekstur drum yang lembut juga memiliki lubang-lubang kecil untuk pembuangan air mencegah kain tersangkut.

Tak hanya itu, dalam mesin cuci Samsung ada pula teknologi Eco Bubble. Eco Bubble dapat mencuci pakaian secara maksimal, membersihkan bahan halus seperti sutera atau wol dengan risiko kerusakan minimal karena adanya fungsi gelembung halus pada mesin cuci ini.

Selain itu, pencucian dapat dilakukan pada suhu 40 derajat Celsius tanpa gelembung, dimana penggunanya akan mampu menghemat energi sebesar 70 persen, dan memberikan cara lembut untuk mencuci pakaian berbahan sensitif yang tidak tahan panas.

Dengan mesin cuci front loading dari Samsung, kamu juga bisa lebih menghemat waktu karena bisa mencuci lebih cepat dan efisien. Serta adanya sistem kerja motor dengan Digital Inverter membuat mesin tidak bising, lebih hemat listrik, dan tahan lama, dan mendapat garansi hingga 11 Tahun.

[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

GAYA HIDUP

Daftar Pangkat dan Golongan PNS dengan Gaji PNS Terbaru 2021

Daftar Pangkat dan Golongan PNS dengan Gaji PNS Terbaru 2021

[ad_1]

Pangkat Golongan PNS

Pangkat, Golongan dan Jabatan PNS Terbaru 2019 | kellypriceandcompany.info

Dari tabel di atas, kamu bisa melihat pangkat golongan PNS nggak akan saling berpengaruh. Ada perubahan tentang jenis-jenis pangkat golongan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan pendidikan.

Jika sebelumnya PNS golongan I memiliki kualifikasi pendidikan minimal SD-SMP, sekarang sudah diganti dengan lulusan SMA sederajat di tingkat jabatan administrasi sebagai jabatan pelaksana.

Itu dikarenakan pemerintah juga ingin meningkatkan kualitas para abdi negara. Hal ini dikarenakan kualitas PNS di Indonesia secara rata-rata bahkan kalah dibandingkan ASN di Malaysia atau Thailand.

Dengan adanya perubahan pangkat golongan PNS terbaru, maka PNS baru mayoritas diisi oleh generasi muda dengan kualifikasi pendidikan minimal S1-D4 sederajat yang akan ada di pangkat Jabatan Pengawas atau Jabatan Administrator. PNS yang dulu ada di golongan IVA-IVB akan memperoleh pangkat JA, JF-5 sampai JA, JF-15.

Untuk PNS yang dulu minimal di golongan IVC atau Eselon I dan II berhak duduk di Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT). Sedangkan JPT Pratama setara dengan Eselon II dan JPT Madya setara Eselon I. Untuk pangkat golongan PNS tertinggi yakni JPT Utama hanya boleh diisi oleh mereka-mereka yang menjadi Kepala atau Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian.

Simulasi Gaji Berdasarkan Pangkat Golongan PNS Terbaru

Jika kamu sudah mengerti tentang perubahan sistem golongan PNS yang baru, sekarang kita bakal masuk dalam sistem perubahan gaji PNS baru. Walaupun terlihat jadi lebih sederhana, gaji PNS terbaru malah meningkat.

Peningkatan gaji ini dihitung dengan sistem merit yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja sesuai UU ASN No.5 Tahun 2014. Gaji pokok berdasarkan beban dan risiko pekerjaan. Di mana berdasarkan pangkat golongan PNS tahun 2019, penghasilan terendah pada kelompok Jabatan Pelaksana yakni Rp 3,1 juta/bulan lebih besar daripada dulu saat golongan II yakni Rp 1.926 juta.

Perubahan gaji pokok ini juga dirasakan mereka yang menduduki jabatan lebih tinggi seperti pangkat JPT yang setara Eselon I-II. Contoh paling mudah adalah para Staf Ahli Gubernur yang dulu masuk golongan IVD berhak atas gaji pokok bulanan Rp 5.392.200. Staf Ahli Gubernur akan memperoleh pangkat JPT Pratama atau JPT-VI.

Untuk JPT VI ini, gaji pokok yang diperoleh bisa mencapai Rp 30.843.622/bulan. Meningkat hingga lebih dari lima kali lipat dan gaji pokok akan berdampak pada besaran Jaminan Hari Tua (JHT). Staf Ahli Gubernur yang sudah pensiun masih bisa menerima 70% dari gaji pokoknya yakni setidaknya Rp 21,5 juta/bulan sesuai sistem jabatan, pangkat golongan PNS terbaru.

Baca juga: Fakta Gaji PNS di 8 Instansi Pemerintahan Populer. Menggiurkan!

Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Kemahalan Daerah

Nggak sampai situ aja, komponen penghasilan PNS versi terbaru akan memiliki dua kategori tambahan, yakni Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Kemahalan Daerah.

Setiap pangkat dan jabatan PNS akan mendapat Tunjangan Kinerja sama rata yakni 5% dari gaji pokok. Sementara untuk Tunjangan Kemahalan Daerah, berbeda tergantung beban hidup di tiap-tiap provinsi.

Baca juga: Izin Suami ke Rumah Orangtua, Oknum PNS Malah Tidur Bareng Selingkuhan hingga Hamil 

Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Kemahalan Daerah
Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Kemahalan Daerah | infokerjakuu.com

Dari tabel di atas kamu bisa melihat jika DKI Jakarta memiliki beban hidup terbesar di Indonesia. Tunjangan Kemahalan Daerah-nya mencapai 117,54% dari gaji pokok.

Sementara itu, provinsi dengan beban hidup terendah adalah Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu 0%, sehingga para PNS yang ditempatkan di NTT, cuma berhak atas gaji pokok dan tunjangan kinerja saja.

Dari tabel yang ada, bisa disimpulkan bahwa sekalipun punya jabatan sama, penghasilannya berbeda. Misalkan Staf Ahli Gubernur Jawa Timur jelas punya total penghasilan bulanan jauh lebih besar daripada Staf Ahli Gubernur Sumatera Barat.

Itu karena dalam jenjang pangkat golongan PNS terbaru, kedua JPT VI ini memiliki Tunjangan Kemahalan Daerah berbeda.

Nah, sudah paham soal jenis-jenis pangkat, golongan dan jabatan PNS terbaru yang berdampak pada perubahan gaji pokok, sudah waktunya masuk ke golongan dan kepangkatan PNS.

Baca juga: 4 Citra Buruk PNS Ini Harus Bisa Diubah Oleh Para CPNS Nanti

Pangkat Golongan PNS

Golongan dan Kepangkatan PNS | beritagar.id

Golongan dan Kepangkatan PNS

Pada dasarnya terdapat empat pangkat golongan PNS, yaitu golongan 1 (I), golongan 2 (II), golongan 3a (III), dan golongan IV. Dalam setiap golongan Pegawai Negeri Sipil atau PNS ada beberapa pangkat PNS di dalam instansi pemerintahan. Golongan tersebut biasanya disesuaikan dengan jabatan PNS berdasarkan golongan dan masa kerja yang sudah ditempuh.

Begitu pula dengan pangkat golongan PNS berdasarkan tingkat pendidikan. Ketika seseorang baru diterima sebagai PNS untuk pertama kalinya, maka mereka akan memperoleh kepangkatan PNS berdasarkan pendidikan terakhir.

1. Juru (PNS Golongan I)

Juru merupakan jabatan PNS yang membutuhkan keterampilan dasar saja dan belum dituntut memiliki keterampilan ilmu tertentu. Biasanya PNS dengan golongan I merupakan kepangkatan PNS dengan pendidikan formal tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama atau sederajat.

Dalam pelaksanaannya, PNS dengan golongan I merupakan pelaksana pembantu dalam suatu kegiatan. PNS golongan I ini memiliki tanggung jawab untuk memberi asistensi kepada jenjang kepangkatan di atasnya (pengatur).

2. Pengatur (PNS Golongan II)

Pengatur merupakan jenjang PNS yang sudah memiliki gelar suatu keterampilan bidang ilmu tertentu dan bersifat teknis. PNS golongan II merupakan PNS yang memiliki pendidikan formal jenjang sekolah menengah atas atau sederajat hingga diploma III.

Dalam pelaksanaannya, PNS dengan golongan II memiliki tugas merealisasikan suatu kegiatan operasional dari program instansi.

3. Penata (PNS Golongan III)

Penata merupakan jenjang PNS yang menuntut pekerjaan yang membutuhkan keahlian bidang tertentu dengan lingkup pemahaman ilmu yang lebih mendalam. PNS golongan III merupakan PNS yang memiliki pendidikan formal jenjang sarjana S1 atau diploma IV ke atas.

Dalam pelaksanaannya, PNS dengan golongan 3a memiliki tanggung jawab menjamin mutu sebuah proses dan output kerja tingkatan pengatur.

4. Pembina (PNS Golongan IV)

Pembina merupakan jenjang kepangkatan PNS yang menuntut keahlian ilmu yang mendalam dan kematangan serta kearifan kerja selama masa kerja. Pembina merupakan jenjang kepangkatan tertinggi sepanjang karier seorang PNS.

Dalam pelaksanaannya, PNS dengan golongan IV memiliki tugas membina dan mengembangkan sumber daya untuk mencapai sebuah visi misi lembaga.

Eselonisasi

Selain terdapat golongan PNS dan gajinya berdasarkan pangkat dan masa kerja, ada juga eselonisasi yang merupakan hierarki jabatan struktural. Berikut merupakan jabatan eselon PNS dalam sebuah hierarki pemerintahan.

1. Eselon I

Dalam pelaksanaannya, Eselon I merupakan seorang pimpinan wilayah. Biasanya jenjang kepangkatan eselon I adalah golongan IV/C ataupun golongan IV/E.

Eselon I merupakan jabatan struktural tertinggi yang terdiri dari eselon IA dan eselon IB. Tugas seorang Eselon I adalah untuk menetapkan kebijakan pokok untuk mencapai sasaran jangka pendek dan jangka panjang.

2. Eselon II

Dalam pelaksanaanya Eselon II merupakan kepala sebuah instansi. Biasanya Eeselon II adalah mereka yang memiliki pangkat golongan IV/C dan tertinggi golongan IV/D.

Eselon II merupakan jabatan struktural lapis kedua yang terdiri dari dua jenjang, yaitu Eselon IIA dan Eselon IIB. Tugas seorang eselon II adalah dalam hal perencanaan dan implementasi strategi dalam mengembangkan kebijakan pokok wilayah.

3. Eselon III

Dalam pelaksanaannya, Eselon III merupakan kepala bidang atau bisa disebut dengan manajer madya dalam satuan kerja. Biasanya Eselon II merupakan PNS yang memiliki golongan III/D dan tertinggi golongan IV/D.

Eselon III merupakan jabatan struktural lapis kedua yang memiliki dua jenjang, yaitu Eselon IIIA dan Eselon IIIB. Tugas eIII adalah bertanggung jawab dalam penyusunan dan realisasi yang diturunkan dari strategi instansi oleh eselon II.

4. Eselon IV

Eselon IV merupakan seorang kepala seksi atau bisa disebut dengan manajer lini dalam satuan kerja. Biasanya eselon IV merupakan PNS yang memiliki PNS yang memiliki golongan III/b dan tertinggi memiliki golongan III/d.

Eselon IV merupakan jabatan struktur lapis ketiga yang memiliki dua jenjang, yaitu Eselon IVA dan eselon IVB. Tugas eselon IV adalah bertanggungjawab pada kegiatan operasional yang disusun di tingkat Eselon IIIE.

Baca juga: PNS Menghina Profesi Babu, Ibu Rumah Tangga Ini Beri Balasan Pedas: Lulusan S2 Belanda Tapi Hobi Sikat WC 

[ad_2]

Continue Reading

HUMOR

10 Potret Tukang Tambal Ban Ini Bikin Susah Nahan Ketawa!

10 Potret Tukang Tambal Ban Ini Bikin Susah Nahan Ketawa!

[ad_1]

10 Potret Tukang Tambal Ban Ini Bikin Susah Nahan Ketawa!

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak. | web.facebook.com

Foto ini menunjukkan serba-serbi kehidupan tukang tambal ban yang tentunya kadang unik

Jasa tambal ban di Indonesia, khususnya di perkotaan, merupakan jasa yang cukup mudah ditemui di jalanan. Keberadaan mereka bisa dianggap seperti oasis gurun ketika kita sedang mengalami kesulitan gara-gara ban motor bocor atau kempes. Dengan adanya tukang tambal ban, kita tidak perlu repot-repot mendorong sepeda motor yang bannya sedang bocor.

Kita pun tidak perlu mengganti ban dalam yang harganya bisa mencapai tiga kali lipat dari ongkos yang diperlukan untuk menambal ban. Tapi dengan catatan ban dalamnya masih cukup layak untuk dipakai. Nah, di bawah ini, kamu bisa melihat beberapa potret jasa tambal ban yang tampak unik dan bisa menghibur kamu.

2.

Tukang tambal ban yang sakti

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak.

Dinas kebocoran dan pengendali angin. | 1cak.com

Apakah ketika dunia membutuhkannya, dia menghilang seperti Avatar?

3.

Datang jauh-jauh untuk tambal ban

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak.

Tambal ban mobil F1. | www.instagram.com

Bapaknya mungkin bisa jaga di pit stop sirkuit juga, nih.

5.

Udah canggih nih jasa tambal bannya

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak.

Tambal ban sistem komputer. | web.facebook.com

Mungkin kebocorannya bisa di-scan terus tambalannya bisa di-print.

6.

Supaya nggak ribet nyalain apinya

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak.

Menggunakan kompor. | 1cak.com

Bisa nambal dua ban sekaligus, lho.

8.

Emangnya tambal ban sepeda?

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak.

Sepeda motor yang direbahkan untuk ditambal bannya. | twitter.com

Kalau bisa nyanyi, mungkin sepeda motor ini bakal nyanyi, “Aku Bukan Sepeda”.

9.

Tukang tambal ban bersertifikasi

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak.

ITB, Institut Tambal Ban. | www.brilio.net

Nggak perlu khawatir kalau ditambal sama tukang tambal ban yang satu ini. Sudah bersertifikasi, nih.

10.

Dari atas sampai bawah, spanduk ini bikin ngakak

Potret-potret jasa tambal ban ini menarik perhatian dan bisa bikin orang ngakak.

Spanduk unik milik tukang tambal ban. | www.brilio.net

Ban pun diperlakukan seperti manusia. Bisa terluka juga dan bisa diobati.

Artikel Lainnya

Itulah beberapa potret kocak dari jasa-jasa tambal ban yang ada di negeri kita. Foto-foto ini menjadi bukti bahwa kreativitas orang Indonesia memang bisa sangat menghibur, termasuk tukang tambal ban. Apakah kamu pernah dapat pengalaman yang lucu juga saat sedang tambal ban?
Tags :




[ad_2]

Source link

Continue Reading

HUMOR

Foto-foto dengan Ilusi Optik Ini Bisa Mengecoh Mata Kamu

Foto-foto dengan Ilusi Optik Ini Bisa Mengecoh Mata Kamu

[ad_1]

Foto-foto dengan Ilusi Optik Ini Bisa Mengecoh Mata Kamu

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan. | www.yukepo.com

Kalau nggak dilihat secara seksama, orang bisa salah tafsir, nih.

Dr. Joe Spinoza, seorang pakar psikologi mengatakan bahwa sebenarnya manusia tidak benar-benar melihat melalui mata karena sebenarnya yang membuat kita “merasa melihat” adalah otak. Sudah pernah nonton film The Matrix? Kalau sudah, kamu pasti tahu tentang dialog-dialog yang menyampaikan bahwa otak kitalah yang mempersepsi segala sesuatu di dunia ini. Mata hanya sebuah medium yang mungkin bisa dianalogikan sebagai kaca mobil.

Berhubung instrumen yang bekerja dalam menerjemahkan materi-materi visual dan jumlahnya lebih dari satu yakni mata dan otak, kadang daya pandang kita bisa mengalami glitch dan menghasilkan suatu ilusi optik.

Nah, untuk menguji ketelitian mata kamu dalam menerima informasi sebelum mengirimkan itu ke otak, mungkin kamu bisa uji kemampuan mata dengan melihat foto-foto berikut ini. Penasaran? Inilah beberapa foto yang bisa mengecoh mata dan pikiran kamu!

1.

Pria melayang di udara?

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan.

Ilusi 1. | www.yukepo.com

Gara-gara ada bercak hitam yang tampak seperti bayangan, jadinya orang ini terlihat seperti sedang melayang di udara.

3.

Bagian bawahnya sejajar, tapi kok?

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan.

Ilusi 3. | www.yukepo.com

Kalau dicari-cari bagaimana bentuknya bisa seperti itu, jawabannya mungkin bakal ketemu. Tapi juga lengkap sama pusingnya karena susah dipahami!

4.

Agak mirip sama yang tadi, nih

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan.

Ilusi 4. | www.yukepo.com

Melihat foto yang tadi aja berasa jetlag kalau terus menerus mencari bagaimana cara bikinnya. Nggak kalah juga sama foto ini, bikin pusing!

6.

Menjebak pikiran kotor

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan.

Ilusi 6. | www.yukepo.com

Kalau orang yang sering pakai VPN buat buka situs aneh-aneh, pasti otomatis kejebak melihat belahan payudara di foto ini. Ngomong-ngomong, objek pada foto di atas sebenarnya adalah kertas yang digantung dan di bagian bawah kertasnya terdapat sedikit lipatan.

7.

Kamu akan terkecoh kalau foto ini dibalik

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan.

Ilusi 7. | www.yukepo.com

Kalau ketemu cewek yang bentuk mukanya seperti orang yang ada pada foto di atas, mungkin kenalannya sambil handstand aja kali ya?

9.

Kira-kira jendelanya menghadap ke mana, nih?

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan.

Ilusi 9. | www.yukepo.com

Jadi, kamu masuk tim mana? Tim jendela menghadap ke kiri, atau ke kanan? Atau ada yang punya jawaban lain?

10.

Ilusi yang agak creepy

Ada yang ilusinya dirancang secara sengaja, dan ada juga yang kebetulan.

www.yukepo.com

Kalau dilihatnya cuma sekilas, mungkin foto ini bisa bikin orang kaget. Bagaimana apakah kalian bisa memahami? Atau masih bingung mencari tahu? Hehehe.

Artikel Lainnya

Beberapa foto dengan ilusi optik tadi memang bisa mengecoh mata dan logika. Ilusi optik merupakan hal yang wajar dan jika kamu selalu terkecoh, bukan berarti kamu kurang pintar dibanding orang yang tidak terkecoh. Soalnya, ilusi optik memang hal yang wajar dan memang butuh ketelitian serta waktu untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dibalik foto tersebut.
Tags :


[ad_2]

Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close