Connect with us

FEED

Penipuan Pinjaman Online, Polisi Tangkap 5 Orang yang Libatkan Jaringan Tiongkok

Penipuan Pinjaman Online, Polisi Tangkap 5 Orang yang Libatkan Jaringan Tiongkok

[ad_1]



foto


© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO
foto


TEMPO.CO, Jakarta – Bareskrim Polri menangkap lima orang dalam kasus dugaan tindak pidana penipuan pinjaman online yang melibatkan jaringan asal Tiongkok.

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Komisaris Besar Whisnu F Kuncoro mengatakan para pelaku menyediakan layanan pinjaman online menggunakan aplikasi RPCepat yang tidak tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau aplikasi ilegal.

“Tersangka ada lima orang ditangkap di wilayah Jakarta Barat, dan ada dua tersangka masih DPO yang diduga warga negara asing asal Tiongkok,” kata Whisnu Kamis 17 Juni 2021.

Whisnu menyebutkan, penangkapan para tersangka berdasarkan laporan dari masyarakat. Total ada empat pelapor yang masuk ke Dirtipideksus Bareskrim Polri. Tetapi penyidik menerima banyak aduan masyarakat terkait pinjaman online yang meresahkan. Beberapa korban, kata Whisnu, mendapatkan teror dengan foto-foto vulgar, dan melakukan tagihan ke kerabat, teman dan orang terdekat.

Aksi para pelaku penipuan pinjaman online tersebut membuat korbannya stres karena terus diteror. Aplikasi RPCepat menipu para korbannya, dengan mempromosikan pinjaman senilai Rp1 juta, tetapi yang disetujui Rp500 ribu dan diberikan Rp250 ribu. Sementara bunga pengembaliannya besar bisa dua kali lipat bahkan lebih. “Kami informasikan kepada masyarakat bahwa aplikasi RPCepat ini tidak ada izinnya,” ucap Whisnu.

Ia menjaskan, secara legalitas aplikasi RPCepat dibawah operasional PT SCA tidak berizin. Setelah dilakukan pengecekan ke OJK, penyidik langsung melakukan penyelidikan di lapangan.

Para pelaku melakukan aksi dengan cara berpindah tempat, untuk mengelabui petugas. Selain menawarkan pinjaman online, pelaku juga melakukan tindak pidana pencurian data menggunakan aplikasi dari Tiongkok. “Kita lihat ada ribuan ‘SIM card’ yang ditemukan di tempat kejadian perkara, alat-alat modempool, ini untuk mengirimkan pesan ke ribuan nomor ponsel,” papar Whisnu.

Hingga kini penyidik Dittipideksu Bareskrim Polri masih memburu dua warga negara Tiongkok, Xuan Wei dan Gao Kun yang telah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Ahmad Ramadhan menyebutkan, jaringan penipuan pinjaman online tersebut telah beroperasi selama empat tahun, dari tahun 2018 hingga 2021.

Baca: Hindari Kesalahan Pakai Pinjaman Uang Online

[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

4 Bukti Bahaya Radiasi Handphone

4 Bukti Bahaya Radiasi Handphone

Eksperimen yang membuktikan betapa bahayanya radiasi HP

Kita semua tahu bahwa keberadaan handphone atau smartphone saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Handphone memang mempunyai banyak manfaat untuk kita. Tidak hanya sebagai media komunikasi, tetapi juga menyediakan berbagai kemudahan lainnya, seperti belanja online, ojek online, hingga mencari informasi di internet.

Di samping itu, berbagai macam fitur menarik yang ditawarkan di smartphone juga membuat kita semakin betah berlama-lama menatap layar ponsel.

Namun di balik manfaatnya tersebut, nyatanya handpone juga dapat menimbulkan bahaya apabila digunakan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan efek radiasi dari handphone yang sangat tinggi. Oleh karena itu, kita patut waspada sebab radiasi handphone bisa merusak DNA otak dan menganggu kesehatan tubuh.

Nah, jika sebagian dari kalian masih tidak percaya dengan bahaya radiasi ponsel, kali ini ada 4 tayangan video yang akan memberikan pemahaman pada kalian akan dampak radiasi handphone

1. Memasak popcorn menggunakan handphone

Pada video pertama menunjukkan pengaruh radiasi handphone terhadap biji jagung. Di dalam video tersebut, ditunjukkan ada sebuah biji jagung mentah yang dikelilingi 4 buah handphone. Kemudian satu diantara mereka menghubungi 4 handphone tersebut, sehingga semuanya berdering. Video ini membuktikan betapa besarnya pengaruh radiasi HP pada area di sekitarnya.

2. Mematangkan telur mentah

Video kedua menunjukkan pengaruh radiasi ponsel terhadap telur mentah. Pada awalnya, 1 butir telur mentah didekatkan dengan beberapa buah handphone. Lalu, panggilan kedua handphone tersebut pun dimulai. Dalam hitungan menit saja, telur pun perlahan-lahan terlihat matang saat berada di dekat HP.

3. Mampu mendidihkan air

Di video ketiga, menunjukkan pengaruh radiasi handphone terhadap air. Awalnya, sebotol air putih diletakkan diantara 8 hanphone. Ketika handphone-handphone tersebut berdering, air di dalam botol mulai menjadi hangat. Dan setelah beberapa saat kemudian, air pun mendidih.

4. Mampu menyulut api

Di video yang terakhir ini terlihat bahwa sebuah handphone mampu membakar alumunium foil yang berada di atas wajan. Nah, sekarang udah tahu kan seberapa besar bahaya radiasi dari ponsel? Dari keempat tayangan video di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa radiasi ponsel memang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Continue Reading

FEED

Seekor Ikan Misterius Berbobot Ukuran Manusia Terdampar

Seekor Ikan Misterius Berbobot Ukuran Manusia Terdampar
Sebuah ikan besar dan misterius ditemukan di pesisir utara Oregon, Amerika Serikat. Ikan Opah sepanjang 1 meter dan seberat 45 kilogram terdampar. Ini adalah satu-satunya ikan yang berdarah panas.

Penampakan langka! ditemukan seekor ikan misterius yang belum jelas teridentifikasi spesiesnya di bagian pantai utara Oregon, Amerika Serikat. Ikan tersebut memiliki bentuk bulat, berwarna oranye, dan perak di bagian depannya, dihiasi bintik-bintik putih dengan berat 45 kilogram dan panjang 1 meter.

Matanya besar berwarna emas.Penemuan ini pertama kali dikonfirmasi oleh pihak Seaside Aquarium, Oregon yang kini menjadi tempat penangkaran ikan tersebut. Menurut asisten manajer Seaside Aquarium, Tiffany Boothe, setelah diidentifikasi, ternyata spesies ikan tersebut adalah jenis opah fish. Hal ini menjadi langka mengingat baru pertama kali spesies ikan opah terdampar di daratan.

“Tidak jelas bagaimana ikan ini mati, tapi kemungkinan ia mati saat berada di dekat pantai karena kondisinya masih bagus,” kata Boothe seperti yang dikutip dari Kumparan, Rabu (21/7).

Ikan opah itu telah diposting di akun Facebook Seaside Aquarium ketika pertama kali ditemukan dan membuat heboh netizen. Boothe bilang, pejabat di Aquarium Seaside langsung memanggil banyak orang untuk datang melihat ikan opah, dan mereka juga memperlihatkan penampakan hewan itu kepada para pengunjung pantai.

Heidi Dewar, ahli biologi di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Fisheries, mengatakan bahwa ikan opah umumnya jarang sekali terdampar, tapi ini lebih mengejutkan mengingat ukurannya yang sangat besar dan mereka biasanya berada di luar Oregon. Ia berpendapat, perubahan iklim mungkin menjadi penyebabnya. Jadi ini merupakan kasus yang langka sebenarnya.

“Kami melihat beberapa organisme laut bergerak ke utara saat suhu laut meningkat,” kata Dewar. “Tanpa data yang kuat, sulit untuk mengatakan apa yang menyebabkan opah terdampar.”

Kendati begitu, beberapa ikan opah memang tinggal di lepas pantai California. Jadi kata Dewar, tidak terlalu mengherankan apabila mereka bisa terdampar di Oregon. Adapun ikan opah yang terdampar di Oregon akan diawetkan sampai akhir tahun ini dan akan dibedah untuk dipelajari lebih lanjut. Menurut Dewar, banyak yang bisa dipelajari dari ikan opah. Isi perut opah, misalnya, dapat membantu menentukan apa yang ia makan. Sementara jaringannya dapat mengungkapkan di mana ikan itu hidup.

NOAA mengatakan, ikan opah banyak ditemukan di perairan tropis dan beriklim sedang, termasuk pulau-pulau Pasifik dan Pantai Barat dan Tenggara Amerika Serikat, New England, serta wilayah Atlantik Tengah. Ikan opah sendiri disebut juga sebagai moonfish. Mereka bisa tumbuh dengan panjang mencapai 1,8 meter dan berat 272 kilogram.

NOAA juga menyebut, masih banyak yang belum diketahui tentang seluk beluk ikan opah, termasuk berapa lama masa hidup mereka. “Penelitian kecil tentang biologi dasar dan ekologi opah telah dilakukan. Namun para ahli biologi masih mengembangkan metode untuk menentukan berapa rentang hidup ikan tersebut,” kata Dewar.

Pada 2015, penelitian yang dilakukan oleh NOAA dan diterbitkan di jurnal Science menyebut bahwa opah adalah satu-satunya ikan berdarah panas yang baru diketahui. Ikan predator laut dalam punya pembuluh darah di insangnya yang memungkikan dia mengalirkan darah hangat ke seluruh tubuhnya.

“Tidak banyak yang diketahui tentang ikan cantik ini, jadi apapun yang kita pelajari akan bermanfaat,” kata Boothe.

Sumber Berita

Continue Reading

FEED

Kata Ombudsman Pertanyaan TWK Pegawai KPK Biasa Dipakai untuk Kontra-Intelijen

Kata Ombudsman Pertanyaan TWK Pegawai KPK Biasa Dipakai untuk Kontra-Intelijen

[ad_1]



foto


© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO
foto


TEMPO.CO, Jakarta – Ombudsman RI menemukan dugaan pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan ke pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) biasa digunakan untuk kegiatan kontra-intelijen. Ombudsman menilai pertanyaan itu tidak relevan untuk kebutuhan alih status pegawai menjadi aparatur sipil negara.

“Pertanyaan itu biasa dipakai di lingkungan tentara dan kontra-intelijen,” kata anggota Ombudsman, Robert Endi Na Jaweng dalam acara Ini Budi di kanal YouTube Tempo, Jumat, 23 Juli 2021.

Kontra-intelijen dapat dimaknai sebagai kegiatan untuk melindungi negara dari spionase, sabotase dan kegiatan teroris. Menurut Robert, pertanyaan itu tidak dibutuhkan dalam alih status pegawai menjadi pegawai negeri sipil. “Pertanyaan itu tidak cocok untuk keperluan alih status, tetapi Ombudsman tidak sampai menguji itu,” kata Robert.

Robert mengatakan mendapatkan informasi itu saat meminta keterangan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. BNPT menjadi salah satu lembaga yang digandeng oleh Badan Kepegawaian Negara untuk menyelenggarakan TWK terhadap pegawai KPK.

Robert menjelaskan salah satu kesimpulan investigasi Ombudsman adalah BKN tak memiliki kompetensi untuk menggelar asesmen bagi pegawai KPK. Namun, anehnya BKN sendiri yang secara tertulis mengajukan diri bekerja sama dengan KPK untuk menyelenggarakan TWK. Robert mengatakan menurut keterangan ahli yang diperiksa, BKN seharusnya mengundurkan diri dari kerja sama itu. Namun, BKN tak melakukannya.

Karena itu, Robert menduga, karena tak memiliki alat ukur, maka BKN menggandeng lembaga seperti BNPT, Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat dan badan intelijen lainnya untuk penyelenggaraan TWK. BKN meminjam alat ukur yang dipakai oleh lembaga keamanan dan pertahanan negara tersebut untuk menguji para pegawai KPK.

Menurut Robert, karena alasan itu pula BKN sampai sekarang tidak memiliki hasil lengkap TWK. Bahkan, sulit untuk membuktikan bahwa para asesor yang menguji para pegawai komisi antirasuah, bersertifikat dan berkompetensi melakukan asesmen.

[ad_2]

Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close