Feed

Pengolahan Sampah Pemalang Banyak Terindikasi Oknum Pemain Anggaran Proyek

BuzzFeed – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam menangani kasus pencemaran dampak pengolahan sampah yang tidak terkelola baik di pemalang di kritisi oleh Puput TD Putra, Putra daerah Pemalang, mantan Ketua WALHI Jakarta yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Umum DPN Koalisi Kawali Indonesia Lestari (KAWALI).

Pengolahan sampah yang tidak terkelola dengan baik di duga karena maraknya kepentingan dan dugaan ada bancakan anggaran proyek oleh oknum pejabat, elit politik dan LSM under bow di pemerintahan periode bupati Mansyur,

Ketua Umum Koalisi Kawali Indonesia Lestari (KAWALI), Puput TD Putra menjelaskan, guna mengungkap persoalan pengolahan sampah dan pencemarannya yang terjadi di kabupaten Pemalang, perlu dilakukan penelusuran dengan benar oleh para pihak terkait, baik dari provinsi ataupun pusat harus turun tangan menyelesaikan persoalan sampah Pemalang, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Menurut Andi Siswanto ketua DPD Pemalang, Jateng, pihak pemerintah juga harus tegas menjalankan peraturan, khususnya dalam bidang lingkungan. Nantinya, bila ditemukan ada kesengajaan dengan tidak terselesaikan persoalan sampah dan pencemaran ini di Pemalang, pemerintah dan pihak-pihak terkait harus berkoordinasi dengan kementerian terkait, aparat penegak hukum terkait untuk menindaknya.

Oknum pejabat yang lalai dalam tupoksinya dalam hal pengolahan sampah dan pencemaran bisa ditindak ke ranah sangsi dan pidana karena sudah ada payung hukumnya, baik itu sangsi administrasi atau pidana (bila sampai ada korban jiwa),” ucap dia Andi Siswanto ketua DPD KAWALI Pemalang, Selasa (25/06/2024).

Dalam mengusut kasus ini, kata Puput TD Putra ketua umum DPN KAWALI Pusat, perlu ditelusuri lebih dalam, dan harus ada hasil pendukung yang menyatakan kelalaian dalam penyelesaian tata kelola sampah yang diduga banyak di intervensi oleh para oknum nakal pemain anggaran APBD dan anggaran APBN yang di kelola oleh Pemkab Pemalang.

“Dari hasil investigasi atau jejak persoalan tata kelola sampah yang carut marut tak kunjung selesai ini, nanti bisa keliatan sumber asalnya, dalam melakukan hal ini bisa membuat tim kolektif independen, yang berasal dari unsur penegak hukum, akademisi, profesional, LSM, warga terdampak dan pihak pemerintah terkait,” tegasnya.

“Ini hanya tergantung kecepatan dan kemauan saja dalam menangani kasus tersebut, karena ketegasan dalam menegakan aturan dalam bidang lingkungan itu sangat penting,” lanjutnya.

Andi Siswanto Ketua DPD KAWALI Pemalang menyampaiakan, dalam kontek permasalah lingkungan, yang menjadi salah satu permasalahan lainya adalah, pemkab Pemalang tidak tegas dan tidak paham dalam menangani kasus ini.

“Sangat jelas terindikasi ada oknum-oknum pemain anggaran proyek pemkab yang nakal, melakukan kongkalikong pada pihak perusahaan yang akan mendapatkan porsi proyek dalam hal permasalah carut-marutnya pengolahan sampah di pemalang, harus dikawal bersama-sama dengan melibatkan setiap unsur untuk mengawasi, jadi tidak ada praduga,” pungkas Andi.

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed