Feed

Penawaran Surat Utang (SUN) Masuk Rp52 T, Susut dari Lelang Lalu



Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah melaksanakan lelang Surat Utang Negara (SUN) pada Senin (12/2/2024) hari ini melalui sistem lelang Bank Indonesia (BI). Total penawaran yang masuk sebesar Rp52,6 triliun, lebih rendah dari total penawaran pada lelang sebelumnya, 30 Januari 2024 yang mencapai Rp73,2 triliun.

Kendati demikian, total penawaran kali ini tercatat dua kali lipat dari target indikatif yang diumumkan sebelumnya.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) menjelaskan hal ini didukung positifnya data perekonomian domestik. Salah satunya, tingkat pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2023 yang mencapai 5,04% (yoy) atau lebih tinggi dari kuartal III 2023 sebesar 4,94% (yoy).

“Serta tetap tingginya cadangan devisa Januari pada level US$145,1 miliar. Sementara itu, sentimen pasar global masih wait and see atas langkah the Fed dalam penurunan suku bunga acuan mendatang, terutama atas data ekonomi Amerika Serikat yang cenderung masih robust,” demikian tertulis dalam keterangan pers DJPPR Kemenkeu, Senin (12/2/2024).

Minat investor asing pada lelang SUN hari ini masih cukup solid dengan jumlah penawaran (incoming bids) Rp4,23 triliun. Mayoritas dari incoming bids tersebut pada seri SUN tenor menengah (5 tahun) sebesar Rp2,42 triliun atau 57,13% dari total incoming bids investor asing dan dimenangkan sebesar Rp680 miliar atau 2,84% dari total tawaran yang diberikan (awarded bids).





Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed