Lifestyle

Penampungan Tunawisma di Los Angeles, Bukan Sekadar Tempat Tidur

Untuk mengatasi populasi tunawisma yang terus meningkat di kota Los Angeles, California, pemerintah setempat membuka tempat penampungan unik. Diberi nama “Northeast New Beginnings”, tempat itu menampung 95 orang. Tidak hanya menyediakan tempat tidur dan makanan, tempat itu juga menyediakan banyak layanan lainnya, termasuk membantu mencarikan pekerjaan dan mengobati kecanduan.

Pembangunan tempat penampungan tunawisma unik yang disebut Northeast New Beginnings di Los Angeles dimulai pada 2022. Mengawali 2024, pada 3 Januari, Wali Kota Los Angeles Karen Bass memotong pita untuk meresmikan pembukaan tempat tersebut.

Karen Bass, Los Angeles Mayor. (BuzzFeed.co.id/videograb)

“Menurut saya, ini adalah contoh sempurna dari apa yang perlu kita bangun di seluruh kota! Dan salah satu tantangan terbesar kita adalah kita tahu apa yang harus dilakukan, tetapi bagaimana kita bisa meningkatkannya?,” jelasnya.

Kompleks bagi tunawisma itu, disebut shelter, akan menampung 95 orang. Ini adalah langkah awal bagi kota itu yang, menurut Los Angeles Homeless Service Authority, memiliki sekitar 46.000 tunawisma. Shelter ini memiliki semua yang dibutuhkan penghuninya, kamar mandi lengkap, dapur yang luas, dan cukup lapang.

“Ruangan ini untuk tiga orang. Ada kamar mandi lengkap. Setiap unit disesuaikan, kami cat dengan warna-warna tertentu. Kami menginginkan mereka berada dalam rumah. Kami ingin mereka merasa seperti di rumah sendiri!,” jelas Direktur Program Shelter, Sherrill Morris.

Yang membuatnya unik, shelter ini dirancang untuk mengajarkan penghuninya cara kembali tinggal di dalam rumah. Pengurusnya membantu mereka mendapatkan pekerjaan, dan jika dibutuhkan, mengajukan tunjangan pengangguran dan tunjangan lain, serta menangani penyalahgunaan narkoba.

Eunisses Hernandez, Los Angeles City Council. (VOA/videograb)

Eunisses Hernandez, Los Angeles City Council. (BuzzFeed.co.id/videograb)

Anggota dewan kota Eunisses Hernandez mengatakan ini adalah tampilan baru untuk tempat penampungan sementara. “Biasanya rumah-rumah sementara bentuknya seperti gubuk kecil, hanya tempat orang tidur. Di sini kami menyediakan lebih dari sekadar itu, dan mereka boleh tinggal selama diperlukan sampai mereka mendapatkan tempat tinggal permanen,” jelas Eunisses Hernandez.

Hernandez memaparkan, pada 2024, dari alokasi anggaran $13 miliar, pemerintah kota Los Angeles akan membelanjakan sekitar $1 miliar dolar untuk membeli hotel-hotel, yang akan diubah fungsi dan dijadikan tempat penampungan, serta membangun shelter seperti ini bagi tunawisma. Ia menjelaskan,“Proyek ini menelan biaya $16 juta, bukan jumlah yang besar, karena kami mengeluarkan lebih banyak uang untuk hal-hal lain, seperti seragam, helikopter. Ini tidak seberapa bagi anggaran kota, yang miliaran dolar!.”

FILE - Tenda berjajar di jalan layang di North Hill Street di atas Cesar Chavez Avenue dekat A.S. 101 di Los Angeles, November. 15, 2023. (AP/Christopher Weber)

FILE – Tenda berjajar di jalan layang di North Hill Street di atas Cesar Chavez Avenue dekat A.S. 101 di Los Angeles, November. 15, 2023. (AP/Christopher Weber)

Dalam beberapa tahun ini, California membelanjakan lebih dari $2 miliar untuk mencoba mengatasi tunawisma, tetapi penduduk setempat belum melihat banyak perubahan. Pada Oktober, Gubernur California Gavin Newsom menandatangani undang-undang yang bisa menahan orang yang menderita kecanduan atau penyakit jiwa dan memaksa mereka untuk berobat.

Savino tinggal di seberang jalan dari tempat penampungan baru tersebut. Selama lima tahun ini dia telah tidur dalam tenda. “Bekerja dan membayar sewa. Uang sewa menyusahkan semua orang, terutama kalau kita tidak punya keluarga di sini. Jadi ya, bagi saya lebih baik tinggal di shelter!,” jelasnya.

Savino mengatakan dia akan dengan senang hati melalui hari-hari selama musim dingin di Northeast New Beginnings. Tetapi, daftar tunggu untuk bisa tinggal di sana sangat panjang sehingga dia mungkin baru akan merasakan tinggal di sana pada musim panas mendatang. [ka/lt]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed