Connect with us

Tren

Pelajari 5 Tools Berikut Jika Ingin jadi Content Writer

Pelajari 5 Tools Berikut Jika Ingin jadi Content Writer

Sebagai seorang content writer, tentunya Kawan harus memahami arti dari Content Writer itu sendiri. Dikutip dari CloudHouse, content writer adalah sebuah tanggung jawab yang harus diemban dengan tujuan untuk memproduksi berbagai konten menarik di media on line.

Biasanya, Kawan akan mempublikasikan konten melalui sebuah website dan blog. Kendati demikian, tugas seorang content writer bukan hanya bertanggung jawab pada tulisan yang dikerjakan, tapi juga pada semua hal yang berkaitan dengan konten. Mulai dari website, tulisan, gambar, hingga video yang akan dipublikasi.

Atas tugas dan tanggung jawab tersebut, tentunya Kawan harus menguasai beberapa aplikasi dan website agar tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Lantas, apa saja peralatan yang hars dikuasai oleh seorang content writer?

1. Saran Uber

Menurut halaman Glints, Ubersugesti adalah salah satu alat kata kunci yang dikembangkan oleh pemasar digital ternama, yaitu Neil Patel. Ia mengembangkan alat ini untuk memudahkan para content writer guna mencari kata kunci di tulisannya.

Akan tetapi, berbagai fitur yang tersedia pada Ubersuggest tidak hanya sebatas itu. Terdapat berbagai fitur lainnya, yaitu:

  • Melihat statistik domain
  • Melihat kompetitor
  • Mendapatkan kata kunci yang disarankan
  • Mendapatkan ide konten baru
  • Mendapatkan data tautan balik

Berbagai fitur tersebut dapat digunakan secara gratis melalui situs web Umenyarankan. Hal ini disebabkan, karena Ubersuggest banyak digunakan oleh content writer sebagai alat kata kunci andalan.

Simak 5 Cara Ini Agar Tidak Kecanduan Media Sosial

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI Online adalah peralatan dikembangkan oleh Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sama seperti KBBI pada umumnya, Kawan dapat mengetahui kata baku dan artinya.

Caranya mudah, Kawan hanya perlu mengetikkan kata yang ingin dicari pada kolom pencarian. Agar dapat menggunakan KBBI Daring, Kawan tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Kawan dapat mengakses KBBI Daring secara gratis dan bebas. Kendati demikian, untuk mengakses beberapa fitur tertentu, seperti mengajukan usulan kata dan makna kata baru, Kawan harus registrasi akun terlebih dahulu. KBBI Daring dapat diakses melalui situs web, perangkat android, maupun iOS, y, Kawan!

3. Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

Tahukah Kawan betapa pentingnya PUEBI untuk menulis konten yang baik? Meski begitu, tidak semua orang bisa mengingat kaidah ejaan berdasarkan PUEBI.

PUEBI dalah penyempurnaan dari Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang sebelumnya menjadi panduan penggunaan bahasa Indonesia. Nah, PUEBI kali ini sudah hadir secara Daring dan dikembangkan berdasarkan Permendikbud 50/2015.

PUEBI dapat diakses melalui situs web maupun seluler. Tidak hanya itu, PUEBI Daring juga dapat diakses secara gratis tanpa memerlukan registrasi akun.

Seperti Apa Efek Menjadi 'People Pleaser' di Dunia Kerja?

4. Jalan Heming

Bila KBBI dan PUEBI membantu menulis kata baku dan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Hemingway adalah peralatan bagi content writer yang ingin menulis efektif dalam Bahasa Inggris.

Biasanya, peralatan ini digunakan untuk menulis konten salinan dengan paragraf yang singkat. Cara menggunakan peralatan ini cukup sederhana, Sobat hanya perlu menyalin tulisan ke Hemingway. Kemudian, Tols ini akan mendeteksi poin-poin yang perlu diperbaiki secara otomatis.

Umumnya, Editor Hemingway akan menandai kalimat yang perlu dikoreksi dengan warna tertentu. Teman-teman hanya perlu menyempurnakan tulisan sesuai dengan saran yang diberikan pada setiap tanda. Wah, makin mudah kerja jadi content writer ya, Sob!

Manfaat Penting Meditasi, untuk Kurangi Stres hingga Lebih Bahagia

5. Tata Bahasa

Hampir sama dengan Hemingway, Grammarly juga dapat digunakan untuk Kawan yang ingin menulis dalam bahasa Inggris sesuai dengan tata bahasa.

Selain itu, Grammarly juga akan memberikan saran padanan kata yang efektif digunakan sesuai kebutuhan. Cara menggunakan Grammarly, yaitu Kawan perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu. Grammarly dapat diakses melalui aplikasi Desktop, seluler, maupun pengaya browser seperti Google Chrome.

Itulah beberapa peralatan yang bisa Kawan gunakan saat menjadi seorang content writer. Dengan menggunakan peralatan tersebut tentunya dapat membantu pekerjaan Kawan. Selamat mencoba, ya.*

Referensi: glints |Rumah awan

Link Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Tren

Seperti Apa Efek Menjadi ‘People Pleaser’ di Tempat Kerja?

Seperti Apa Efek Menjadi ‘People Pleaser’ di Tempat Kerja?

[ad_1]

People Pleaser © Harvard Business Review


Pengarang : Ega Krisnawati

Apakah Teman pernah mendengar? ‘menyenangkan orang’?orang menyenangkan adalah kecenderungan yang dilakukan seseorang untuk menaruh kebahagiaan orang lain di atas kebahagiaannya.

Menurut halaman Pusat Psikologi, seseorang dengan kebiasaan orang menyenangkan selalu berupaya untuk membuat orang-orang di sekitarnya merasa senang. Pasalnya, tipe orang yang seperti ini sangat mengharapkan validasi atau persetujuan dari orang lain.

Kiat dan Kehati-hatian Agar Tak Tertipu Pinjaman Online

Akan tetapi, tanpa disadari, kebiasaan menjadi orang menyenangkan akan memberi banyak tekanan dan stres pada Teman. Tekanan dan stres ini adalah hasil dari Teman yang telah melakukan terlalu banyak hal.

Atas hal tersebut, Kawan menjadi kurang tidur, cemas, bahkan kesal apabila tidak bisa menyenangkan orang lain. Kendati demikian, apakah menjadi orang menyenangkan atau selalu menyenangkan orang lain di tempat kerja adalah pilihan yang baik?

Efek samping menjadi people pleaser

info gambar

Orang Menyenangkan | Foto: Psikomedia


Dikutip dari halaman sangat baik, ciri-ciri orang yang cenderung orang menyenangkan adalah sulit untuk menolak permintaan, sibuk dengan hal yang orang lain pikirkan, takut dianggap jahat atau egois, dan mengabaikan kebutuhan diri sendiri.

Kendati begitu, terdapat cerita terkait karyawan dengan tipe orang menyenangkan sebagaimana yang dilansir dari Blog Heartmanity, kala itu terdapat seorang karyawan yang selalu menolong rekan kerjanya ketika kesulitan.

Karyawan itu juga selalu datang tepat waktu dan pulang paling akhir dari tempat kerja. Hingga akhirnya, suatu hari karyawan yang selalu menyenangkan hati orang di sekitarnya itu tidak ada kabar. Ia diam-diam mengundurkan diri dari pekerjaannya. Hal ini membuat bos dan rekan kerjanya merasa sulit untuk menggantikan dirinya.

Pasalnya, karyawan itu memiliki kinerja yang baik. Ia sangat produktif dan bisa diandalkan. Saat karyawan itu kedapatan tidak bekerja lagi, rupanya mereka baru menyadari bahwa pekerjaan yang dimiliki olehnya sangat berat.

Manfaat Penting Meditasi, untuk Kurangi Stres hingga jadi Lebih Bahagia

Mereka harus lembur untuk menyelesaikan pekerjaan karyawan itu. Lantas, dari cerita ini terdapat garis besar yang sangat nampak terkait bahaya menjadi orang menyenangkan.

Karyawan yang berupaya untuk menyenangkan hati orang di sekitarnya adalah ia yang diam-diam juga ingin merasa dihargai dan dipuji. Jika tidak bisa mendapatkannya, karyawan ini akan mulai membenci orang-orang yang semula ia upayakan kebahagiannya.

Maka itu, jika Kawan terjebak menjadi pribadi yang berupaya menyenangkan hati semua orang terutama di tempat kerja, cobalah untuk mengingat kembali prioritas Kawan dalam bekerja. Misalnya, Kawan bekerja agar bisa makan lima kali sehari dengan cukup.

Lantas, bekerjalah untuk itu. Hindari bekerja untuk menyenangkan hati orang lain. Pasalnya, hal ini akan merugikan Kawan nantinya.

Apakah karyawan orang menyenangkan tidak dipekerjakan?

Orang Menyenangkan |  Foto: Prampors FM

info gambar

Orang Menyenangkan | Foto: Prampors FM


Setelah membaca penjelasan sebelumnya, Kawan tidak boleh langsung menyimpulkan bahwa karyawan dengan sifat orang menyenangkan’ tidak layak untuk dipekerjakan. Karyawan dengan sifat ini justru akan membawa dampak baik bagi perusahaan.

Mereka yang berusaha untuk menyenangkan orang sekitar, bisa menjadi karyawan yang luar biasa dan sangat setia. Tipe kepribadian ini juga memiliki standar yang sangat tinggi.

Simak 5 Cara Ini Agar Tak Kecanduan Media Sosial

Mereka juga akan berusaha untuk membuktikan bahwa mereka layak dan memiliki tingkat keterampilan yang hebat di bidangnya. Kendati demikian, mereka membutuhkan dukungan, kebaikan yang tegas, dan pengarahan kembali oleh kepemimpinan yang efektif.

Pasalnya tipe karyawan orang menyenangkan hanya terbuka ketika mereka merasa aman, dan dapat membantu menjaga budaya perusahaan agar tetap sehat. Berikut langkah-langkah yang dapat dituju untuk memimpin tipe karyawan orang menyenangkan.

Mintalah mereka bertanggung jawab untuk jujur. Jujur dengan diri sendiri dan kemudian dengan orang lain. Kemudian, bantulah mereka untuk menyeimbangkan antara prioritas utama dan tanggung jawab lainnya.

Nah, itulah bahaya menjadi orang menyenangkan di tempat kerja. Kalau Kawan sendiri, pernah menemukan atau sedang mengalaminya, kah?*

Referensi: sangat baik | Blog Heartmanity | PsychCentral

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.jshttps://platform.instagram.com/en_US/embeds.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading

Tren

Manfaat Penting Meditasi untuk Kurangi Stres hingga jadi Lebih Bahagia

Manfaat Penting Meditasi untuk Kurangi Stres hingga jadi Lebih Bahagia

[ad_1]

Pengarang : Ega Krisnawati

Di zaman seperti pandemi sekarang, mengelola manajemen waktu dan pikiran harus dilakukan dengan baik. Jika tidak, stres semakin sering melanda. Faktanya, stress bisa berdampak buruk terhadap karier Kawan dan membuat manajemen waktu buruk dan kurang fokus.

Ketika Kawan kelelahan, pekerjaan menjadi tidak maksimal. Meski sudah berjam-jam bekerja, tapi hal tersebut tidak mampu membuat karier Kawan menjadi lebih baik.

Dilansir dari laman Forbes, setiap minggunya pekerja kantoran di Amerika harus bekerja lebih dari 40 jam. Hal ini menjadi bukti bahwa sejak tahun 1950-an, prodiktivitas pekerja di Amerika telah meningkat sebanyak 400 persen.

Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress? Menurut pelatih karier Ashley Stahl, meditasi adalah jawabannya. Berikut alasan penting mengapa meditasi cocok untuk mempertahankan kualitas kinerja Kawan.

Meditasi sangat baik untuk kesehatan

info gambar

Meditasi | Foto: Hindustan Times


Halaman Taraf gaji melaporkan bahwa meditasi telah membantu banyak pekerja untuk mengurasi stres, mengelola rasa sakit, dan membantu tidur agar lebih nyenyak akibat tekanan dalam pekerjaan.

Kebiasaan Buruk WFH yang Harus Dihindari

Pasalnya, saat Kawan melakukan meditasi, tubuh dan pikiran akan memiliki ruang lebih luas untuk beristirahat dan bersantai. Keina Bryant Worrell, praktisi bodymind dan pemilik Terapi Pemikiran di Jacksonville Florida mengungkapkan bahwa meditasi adalah kondisi ketika tubuh berada dalam sebuah pertarungan dan mencoba untuk beristirahat.

Meditasi meningkatkan fungsi kognitif

Kognitif |  Foto: Menuju Ilmu Data

info gambar

Kognitif | Foto: Menuju Ilmu Data


Sebagai seorang yang bergelut dalam dunia karier, pastinya kita memiliki begitu banyak tugas untuk diselesaikan. Dengan meditasi, maka akan memberi kesempatan bagi tubuh agar dapat berfokus pada satu hal dalam satu waktu.

Efek dari melakukan meditasi adalah meningkatnya kualitas kinerja otak. Kinerja otak yang baik akan membuat Kawan lebih mudah memahami isi pesan, lebih fokus, dan lebih mudah memecahkan masalah.

Meditasi membuat lebih bahagia

Meditasi akan membuat seseorang merasa lebih bahagia, karena mampu meningkatkan suasana positif dalam hati. Meski meditasi membutuhkan waktu, tapi meditasi juga dapat membuat seseorang lebih teliti untuk melihat sesuatu. Menurut Worrell meditasi membuat Kawan mampu memberikan keputusan yang lebih baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Masalah Kesehatan yang Terjadi pada Pekerja Selama WFH

Meditasi meningkatkan kreativitas

Kreatif |  Foto: Unsplash

info gambar

Kreatif | Foto: Unsplash


Sebenarnya, otak manusia akan lebih mudah untuk mempelajari atau menemukan hal-hal baru setelah bermeditasi. Pasalnya, saat meditasi, maka otak manusia akan menjalankan tugasnya secara utuh.

Dengan begitu, meditasi bisa menjadi bagian olahraga bagi otak. Olahraga otak ini dapat membantu Kawan agar bisa berpikir lebih kreatif. Tidak sedikit karyawan yang memanfaatkan ponselnya untuk mengakses berbagai kelas meditasi.

Meditasi membuat lebih bijaksana

Meditasi memberi kita kemampuan untuk melihat segala sesuatu dari berbagai sisi. Sehingga, saat ada sebuah isu perspektif yang dipakai bukan lagi atas dasar emosi dari dalam diri, tapi dari berbagai pertimbangan yang dapat mempengaruhi banyak pihak.

Olah Depresi dengan Manajemen Stres Sebagai Soft Skill

Atas keuntungan dari meditasi untuk mempertahankan kualitas kinjera, maka tidak sedikit karyawan yang memanfaatkan ponselnya untuk mencari berbagai jenis meditasi. Berikut 2 Mejenis meditasi yang dapat dilakukan.

1. Cakra

Untuk melakukan meditasi chakra, biasanya hal yang perlu disiapkan adalah dupa atau kristal. Kedua benda ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi pada chakra dalam diri Kawan. Chakra adalah pusat energi yang berbeda di dalam tubuh seseorang.

2. Yoga

Jenis meditasi ini bisa dilakukan dengan cara mengambil matras dan melakukan beberapa kali peregangan. Yoga termasuk salah satu bentuk meditasi paling populer, melibatkan, pose dan latihan pernapasan untuk meningkatkan ketenangan.*

Referensi: Forbes | Taraf gaji

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.jshttps://platform.instagram.com/en_US/embeds.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading

Tren

Mantap! Hampir Seluruh Netizen Indonesia Adalah Pengguna YouTube

Mantap! Hampir Seluruh Netizen Indonesia Adalah Pengguna YouTube

[ad_1]

YouTube aplikasi video streaming terbesar di dunia. © CNET


Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, per tahun 2020 jumlah penduduk Indonesia ada sebanyak 270,20 juta jiwa. Pada laporan lain, yakni dari Data Reportal, jumlah penduduk Indonesai per Januari 2021 ada 274,9 juta jiwa. Dari sekian ratus juta penduduk Indonesia, sebanyak 170 juta di antaranya merupakan pengguna internet (pengguna internet) berdasarkan data yang ditampilkan oleh Data Reportal. pengguna internet juga sering juga dikaitkan dengan istilah Warganet atau akronim warga internetcit yakni orang-orang yang mendiami dunia virtual dan terkoneksi melalui jaringan internet.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pembangunan infrastruktur penunjangnya, sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia. Terdapat beragam latar belakang dari para pengguna internet dalam memanfaatkan keanekaragaman pilihan berselancar di dunia virtual salah satunya adalah penggunaan media sosial. Alasan dalam memilih berbagai macam aplikasi media sosial di internet antara lain guna mencari bahan ajar, panduan dalam mengerjakan sesuatu hingga sekadar hiburan penghilang penat.

Jumlah pengguna aplikasi media sosial dan lama waktu penggunaannya di Indonesia

Awal tahun 2021, tepatnya pada bulan Februari 2021, Data Reportal merilis laporan dengan judul Digital 2021 yang berisi laporan statistik internet terbaru dari berbagai negara termasuk Indonesia. Berdasarkan laporan tersebut, tertangkap bahwa YouTube menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet Indonesia yang kemudian disusul dengan WhatsApp dan Instagram. Guna lebih detailnya, berikut adalah data penggunaan internet untuk media sosial dari pengguna internet Indonesia.

  1. Youtube

Sebanyak 93,8 persen dari 170 juta pengguna internet Indonesia merupakan pengguna YouTube. Persentase tersebut setara dengan 159,46 juta pengguna internet. Laporan Digital 2021 juga memaparkan bahwa rata-rata total lama waktu yang digunakan oleh pengguna internet di Indonesia untuk mengakses YouTube adalah 25,9 jam per bulannya. Data tersebut menandakan hampir seluruh pengguna internet Indonesia pernah dan bahkan rutin menggunakan aplikasi media sosial streaming video terbesar di dunia.

  1. Ada apa

Media sosial yang identitk disingkat dengan WA ini menempati urutan kedua dalam daftar media sosial media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet Indonesia. Sebanyak 87,7 persen dari total pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai media bertukar pesan melalui online dengan rata-rata lama waktu 30,8 jam per bulan.

  1. Instagram

WhatsApp dan Instagram merupakan bagian dari raksasa media sosial Facebook. Menyusul rekannya, WhatsApp, pengguna internet di Indonesia yang mengakses Instagram sebanyak 86,6 persen atau setara dengan 147,22 juta pengguna internet dengan rata-rata lama waktu akses sebanyak 17 jam per bulan.

Selain tiga nama aplikasi media sosial di atas, Data Reportal menuliskan secara lengkap nama-nama aplikasi media sosial yang digunakan oleh pengguna internet Indonesia yakni Facebook 85,5 persen, Twitter 63,6 persen, Facebook Messanger 52,4 persen, Line 44,3 persen, LinkedIn 39,4 persen, TikTok 38,7 persen dan beberapa media sosial media sosial lainnya dengan jumlah pengguna di bawah 40 persen dari total pengguna internet di Indonesia.

info gambar

Foto: AB. HALIM HADI/SHUTTERSTOCK


Pengguna internet di dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun

Melihat deretan angka dari para pengguna internet Indonesia yang mana hampir seluruh pengguna internet pernah mengunjungi dan mengakses YouTube, maka fenomena meningkatnya jumlah Pencipta konten yang basisnya berada di YouTube adalah salah satu hal yang dapat diperkirakan. Kemudahan akses internet yang semakin membaik, tersedianya perangkat akses internet dan variatifnya jenis konten yang ada di YouTube menjadikan YouTube berada di posisi puncak dalam daftar aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet Indonesia berdasarkan laporan Digital 2021 dari Data Reportal.

Data Reportal sendiri merupakan salah satu situs yang menyediakan laporan dan data dengan berbagai fokus kajian dari berbagai negara. Laporan yang disajikan dibuat oleh Simon Kemp dan tim di Kepios serta didukung oleh Hootsuite, We Are Social dan berbagai sumber dari pihak ke tiga. Pada bulan April lalu, Data Reportal merilis laporan Digital 2021 : Laporan Tinjauan Global yang menunjukkan bahwa penggunaan internet dari seluruh dunia mengalami kenaikan baik dari segi jumlah maupun infrastruktur yang digunakan.

Bijaknya, semakin majunya perkembangan teknologi, informasi serta infrastruktur penunjanganya juga diimbangi dengan literasi bermedia terutama secara virtual. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak sumber informasi yang ada maka kemungkinan terjadinya bias informasi akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, selalu memeriksa, periksa kembali dan pemeriksaan kembali informasi yang didapat sebelum menyimpulkan dan membagikannya kepada orang lain.

Sumber : Data Reportal | BPS Indonesia

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading

Trending Dari BuzzFeed

close