Info

Pejuang Hak Perempuan akan Duduki Kursi Senat Feinstein yang Kosong

Gubernur California Gavin Newsom, Minggu (1/10) menunjuk aktivis hak-hak perempuan dan mantan pemimpin serikat buruh Laphonza Butler ke Senat Amerika Serikat, mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh kematian Dianne Feinstein.

“Saya bangga mengumumkan Senator Amerika Serikat yang baru di California – Laphonza Butler,” kata Newsom di platform media sosial X, memuji senator baru tersebut atas karyanya “memperjuangkan perempuan dan anak perempuan” serta pekerja.

Butler akan membuat sejarah dengan menjadi lesbian kulit hitam pertama yang secara terbuka bertugas di Senat, kata Newsom.

Feinstein, tokoh penting dalam politik AS yang mencatat serangkaian prestasi legislatif selama tiga dekade kariernya di Senat, meninggal pada hari Kamis.

Pada usia 90 tahun, ia menjadi anggota Senat tertua, dan dianggap sebagai pelopor perempuan dalam politik dan legislator yang sangat efektif. Butler akan menjalani sisa masa jabatan Feinstein, yang berakhir pada tahun 2024.

“Sementara kami berduka atas wafatnya Senator Feinstein, kebebasan yang perjuangkan Feinstein – kebebasan reproduksi, perlindungan yang setara, dan keamanan dari kekerasan bersenjata – menghadapi ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Newsom, menyebut alasan memilih Butler.

Butler telah aktif dalam politik California selama lebih dari 15 tahun. Ia terakhir menjabat sebagai presiden Emily’s List, sebuah organisasi advokasi yang bekerja untuk membantu memilih perempuan Demokrat yang pro-choice untuk menduduki jabatan publik. Pro-choice adalah orang-orang yang berpandangan bahwa perempuan memiliki hak untuk menentukan nasibnya sendiri.

Butler sebelumnya adalah penasihat Wakil Presiden AS Kamala Harris dan juga menjabat sebagai ketua serikat pekerja terbesar di California.

“(Butler) selalu membela apa yang benar dan memimpin dengan hati nuraninya dan nilai-nilainya,” kata Newsom.

“Saya yakin ia akan melanjutkan perjuangan Senator Feinstein, terus mendobrak batasan, dan berjuang untuk semua warga California di Washington.” [ab/uh]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed