Connect with us

FEED

Pedagang Malioboro Hendak Gugat Netizen yang Viral Protes Harga Pecel Lele Mahal

Pedagang Malioboro Hendak Gugat Netizen yang Viral Protes Harga Pecel Lele Mahal


Pedagang Malioboro Hendak Gugat Netizen TikTok yang Viral Protes Harga Pecel Lele Mahal

Video viral wisatawan domestik mengeluh pecel lele di objek wisata Malioboro, Yogyakarta terlalu mahal rupanya bikin perkumpulan pedagang panas. Dalam sehari sejak video tersebut memancing perdebatan di internet, Paguyuban Lesehan Malam Malioboro langsung menyatakan sikap. Mereka keberatan dengan keluhan yang viral itu karena warung yang dimaksud secara administratif sudah keluar sedikit dari wilayah Malioboro. Karena itu, paguyuban lesehan memberi dua pilihan kepada wisatawan terkait: segera bikin klarifikasi atau mereka laporkan ke polisi.

“Teman-teman merasa dirugikan dengan pernyataan mbaknya yang pengin viral itu mungkin. Teman-teman berencana kalau tidak segera ditarik atau klarifikasi akan kita gugat balik karena mencemarkan nama Malioboro, Itu di luar Malioboro tetapi yang disebut di Malioboro,” ujar Ketua Paguyuban Lesehan Malam Malioboro Sukidi kepada Kompas, hari ini (27/5).

Video tersebut diunggah akun TikTok @tokopedia kemarin. “Makan pecel lele di Jogjakarta harganya ga masuk akal!” tulisnya. Perempuan di video tersebut menceritakan bagaimana ia merasa tertipu meski sudah menanyakan harga sebelum makan. Harga 20 ribu untuk seekor lele goreng dan 7 ribu untuk seporsi nasi ternyata belum termasuk lalapan dan sambal. Total, ia mengeluarkan 37 ribu yang menurutnya tidak setimpal untuk nasi lele goreng.

Di internet, keluhan ini mayoritas disambut dengan suara setuju. “Di malioboro emang mahal2 mas, orang Jogja aja jarang beli makan di sana. Kalau agak melipir ke daerah taman siswa, taman sari atau jalan parangtritis,” imbuh salah satu komentator.

Sukidi menyebut, warung yang dimaksud berlokasi di Jalan Perwakilan, salah satu gang yang bisa ditembus dari Jalan Malioboro. Ia menjelaskan, Jalan Malioboro dikelola UPT Malioboro di bawah Dinas Kebudayaan Yogyakarta, sedangkan Jalan Perwakilan diatur kecamatan setempat. Karena perbedaan wilayah administratif ini, Sukidi menganggap video tersebut sudah salah memberi informasi karena warung pecel lele yang mahal bukan di Malioboro.

Sejauh ini belum ada informasi apakah ancaman gugatan hukum dari paguyuban lesehan akan bikin pemerintah setempat turun tangan atau mengadakan mediasi.

Keluhan tentang harga yang lebih mirip pemalakan sudah bolak-balik terjadi di Yogyakarta. Rata-rata disebabkan oleh ketidakjujuran antara harga di menu dan di nota, atau karena harga tidak dipajang. Pada 2019 misalnya, pernah ada pengunjung yang protes ketika mobil parkir ditarif Rp35 ribu, padahal harga tertera di karcis hanya Rp10 ribu. Di tahun yang sama, seorang wisatawan lain keberatan dengan harga gudeg di lesehan depan Pasar Beringharjo, masih di Kawasan Malioboro. Keluhan serupa juga muncul beberapa kali pada 2017 dan membuat salah satu lesehan yang diadukan ditutup oleh UPT Malioboro. Pemerintah setempat sendiri sadar kejadian seperti ini memang langganan terjadi sehingga pada libur Natal dan Tahun Baru 2019 sampai dibentuk satgas yang menyamar untuk mendeteksi pedagang curang.

Menyinggung niat paguyuban pedagang membuka opsi jalur hukum, menurut kami sikap kayak gini malah bikin calon wisatawan antipati. Lebih adil jika yang ditindak adalah pedagang bersangkutan karena menjadi penyebab kekacauan. Apalagi jika alasan paguyuban karena warung terkait udah bukan di Jalan Malioboro. Yah, jelas enggak banyak wisatawan tahu cabang-cabang di sekitar Jalan Malioboro resminya sudah tak termasuk kawasan Malioboro.

Apabila alasan administratif itu dipakai, efeknya malah akan menjadi bumerang ke penyedia jasa lain. Hotel yang namanya berembel-embel Malioboro, tapi lokasinya di Jalan Sosrowijayan atau Jalan Dagen, misalnya. Nanti kalau konsumen balas menggugat dengan alasan yang sama kan malah repot.





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

FEED

Respek! Ini Peran Kubu Finlandia saat Insiden Christian Eriksen Kolaps

Respek! Ini Peran Kubu Finlandia saat Insiden Christian Eriksen Kolaps




Momen ketika Christian Eriksen mendapatkan perawatan saat mengalami kolaps ketika pertandingan berlangsung. Foto: REUTERS/Hannah McKay


© Disediakan oleh Kumparan
Momen ketika Christian Eriksen mendapatkan perawatan saat mengalami kolaps ketika pertandingan berlangsung. Foto: REUTERS/Hannah McKay


Laga Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia, Sabtu (12/6) malam WIB, diwarnai insiden besar. Christian Eriksen tiba-tiba kolaps di tengah pertandingan.

Insiden ini terjadi di menit ke-43. Eriksen, yang tengah menerima bola lemparan masuk terjatuh dan tak sadarkan diri di atas lapangan. Tim medis lalu dengan cepat memberikan pertolongan.

Saat insiden itu terjadi, beberapa pihak berusaha memberikan dukungan maksimal terhadap Eriksen. Tak terkecuali dari kubu lawan, Finlandia.

Ketika Eriksen tengah diberi pertolongan, rekan-rekannya membuat formasi yang menutupi Eriksen untuk menjaga privasi sang penggawa Inter Milan itu. Nah, para pemain ini lalu menutup ruang tersebut dengan bendera Finlandia.





© Disediakan oleh Kumparan



Menurut kabar yang beredar, bendera Finlandia itu didapatkan dari para fans Finlandia.

Tak sampai di situ, fans Finlandia juga menyorakkan nama Eriksen bersama para fans Denmark guna memberi dukungan. Hal ini terlihat dalam video yang diunggah beIN Sports di Twitter.

Dalam video itu, tampak para fans Finlandia saling berbalas sorakkan ”Christian Eriksen”. Fans Finlandia meneriakkan ”Christian!”, lalu dibalas oleh fans Denmark dengan teriakan ”Eriksen!”.

Adapun, UEFA sudah memutuskan untuk menunda laga Denmark vs Finlandia karena insiden ini. Kabar terkini menyebut bahwa kondisi Eriksen kini sudah membaik.



Source link

Continue Reading

Berita

Kereta Api Baturraden Ekspress Relasi Purwokerto-Bandung Beroperasi Mulai 25 Juni

Kereta Api Baturraden Ekspress Relasi Purwokerto-Bandung Beroperasi Mulai 25 Juni


JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) segera mengoperasikan KA Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung pergi pulang (PP) mulai 25 Juni 2021.

“Peluncuran KA Baturraden Ekspress ini dalam rangka memberikan pilihan perjalanan kereta api khususnya dari Stasiun Purwokerto ke Bandung yang selama ini hanya dilayani oleh KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen,” kata Kepala PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Joko Widagdo dilansir dari Antara, Minggu.

Ia mengatakan KA Baturraden Ekspress terdiri atas dua kelas layanan, yakni eksekutif dengan tarif Rp160 ribu dan kelas bisnis dengan tarif Rp130 ribu.

Menurut dia, perjalanan perdana KA Baturraden Ekspress akan dilaksanakan pada Jumat, 25 Juni dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.40 WIB.

Dalam perjalanannya, KA Baturraden Ekspress dijadwalkan berhenti di Stasiun Bumiayu, Prupuk, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta, Cimahi, dan tiba di stasiun Bandung pada pukul 12.09 WIB.

Sementara, jadwal KA Baturraden Ekspress relasi Bandung-Cikampek-Purwokerto, berangkat dari Stasiun Bandung pukul 16.30 WIB dan akan berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Prupuk, Bumiayu, serta tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB.

Selanjutnya, perjalanan KA Baturraden Ekspress akan beroperasi kembali pada 27 Juni, 2 Juli, dan 4 Juli 2021.

“Walaupun di tengah pandemi, KAI terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan meluncurkan satu perjalanan baru kereta api relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP yang diberi nama KA Baturraden Ekspress. Kereta api ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi pelanggan tujuan Bandung dan sekitarnya yang selama ini dilayani KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen PP,” kata Joko.

Ia mengatakan sebagai upaya optimalisasi, pendapatan angkutan penumpang dengan memanfaatkan bangku kosong pada relasi tertentu, maka akan diberlakukan pula tarif khusus pada KA Baturraden Ekspress.

Menurut dia, relasi tertentu tersebut di antaranya untuk perjalanan Purwokerto-Cirebon diterapkan tarif khusus sebesar Rp65 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp45 ribu untuk kelas bisnis.

“Pemesanan tiket KA Baturraden Ekspress untuk keberangkatan tanggal 25 Juni 2021 sudah dapat dilayani dan dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerja sama dengan PT KAI (Persero),” katanya menjelaskan.

Kendati demikian, dia menambahkan bagi pelanggan kereta api jarak jauh masih harus melampirkan surat keterangan bebas dari COVID-19 berupa surat keterangan negatif berdasarkan tes reaksi rantai polimer (PCR) atau tes antigen yang dapat diambil dalam kurun waktu 3×24 jam atau tes GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam.

Menurut dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menyediakan fasilitas pemeriksaan antigen dan GeNose untuk membantu melengkapi syarat surat bebas dari COVID-19 tersebut.

Dalam hal ini, pemeriksaan antigen tersedia di tiga stasiun, yakni Purwokerto, Kroya dan Kutoarjo dengan harga Rp85.000, sedangkan pemeriksaan GeNose C19 tersedia di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, dan Stasiun Sidareja dengan harga Rp30 ribu.

Khusus di Stasiun Purwokerto, jam layanan pemeriksaan antigen dan GeNose C19 setiap harinya dimulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

“Dengan adanya aturan tersebut, PT KAI (Persero) senantiasa berkomitmen mendukung program pemerintah dalam upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID19 dengan tetap menyediakan jasa layanan transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman hingga stasiun tujuan,” kata Joko.

.



Sumber Berita

Continue Reading

FEED

Christian Eriksen Kolaps, Jesse Lingard Langsung Kirim Doa

Christian Eriksen Kolaps, Jesse Lingard Langsung Kirim Doa




Selebrasi Jesse Lingard usai mencetak gol di laga West Ham vs Tottenham Hotspur. Foto: Kirsty Wigglesworth/Reuters


© Disediakan oleh Kumparan
Selebrasi Jesse Lingard usai mencetak gol di laga West Ham vs Tottenham Hotspur. Foto: Kirsty Wigglesworth/Reuters


Jesse Lingard menanggapi insiden kolapsnya Christian Eriksen. Eriksen tiba-tiba terjatuh dalam laga Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia, Sabtu (12/6) malam WIB.

Insiden ini beberapa menit jelang turun minum, tepatnya pada menit ke-43. Eriksen tetiba terjatuh saat menerima operan di atas lapangan.

Sang gelandang lantas langsung diberi pertolongan tim medis. Laga Denmark vs Finlandia sendiri akhirnya resmi ditangguhkan oleh UEFA.

Beberapa pesepak bola pun langsung merespons insiden itu, salah satunya Jesse Lingard.


Momen ketika Christian Eriksen kolaps dalam pertandingan Denmark vs Finlandia di Euro 2020. Foto: REUTERS


© Disediakan oleh Kumparan
Momen ketika Christian Eriksen kolaps dalam pertandingan Denmark vs Finlandia di Euro 2020. Foto: REUTERS


Harapan dan doa untuk Christian Eriksen dan keluarganya. Saya berdoa supaya semuanya baik-baik saja,” tulis Lingard di Twitter pribadinya.Lingard dan Eriksen memang tak pernah bermain untuk klub yang sama. Namun, keduanya sama-sama mentas di Premier League sejak 2013 ketika Eriksen memperkuat Tottenham Hotspur sebelum memutuskan hengkang ke Serie A dengan bergabung Inter Milan pada awal 2020.





© Disediakan oleh Kumparan





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close