Connect with us

FEED

PC PMII Kabupaten Bogor Resmi Memiliki Nahkoda Baru

Tia Mutiara

Published

on

PC PMII Kabupaten Bogor Resmi Memiliki Nahkoda Baru

BuzzFeed – Pasca purna dari masa khidmat 2020-2021, PC PMII Kab. Bogor menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) yang ke-22 untuk melanjutkan tonggak kepemimpinan demi berlangsungnya roda organisasi.

Dimulai sejak 11 desember 2021 dan berlangsung selama kurang lebih 3 hari, Konfercab PC PMII Kab. Bogor ini dibuka secara langsung oleh Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri di Gedung Pemda Kab. Bogor.

Dalam Konfercab yang ke-22 tersebut, telah terjaring 2 kandidat ketua PC dan 1 kandidat ketua PC Kopri. Kandidat pertama ketua PC, Miftahuddin dari Komisariat STIE MBI Bogor. Sementara kandidat kedua, ialah Bella Akbar dari Komisariat Al-Aulia Bogor. Dan yang selanjutnya kandidat PC Kopri tunggal, yaitu Dewi Nur Baiti dari Komisariat UNUSIA Bogor.

Berdasarkan informasi yang penulis himpun dari Ketua Badan Pekerja Konfercab (BPK) PMII Kabupaten Bogor, Lutfi JH, mengatakan bahwa terdapat 9 pihak dari total keseluruhan 6 Komisariat dan 3 Rayon yang memiliki hak untuk mengikuti persidangan Konfercab dan dan hak untuk memilih para kandidat calon.

Menurut Lutfi, “hasil pemeriksaan BPK, berdasarkan Ad/Art dan Peraturan Organisasi PMII, hanya ada 6 komisariat dan 3 Rayon yang melengkapi syarat administratif dan mempunyai legalitas untuk mengikuti Konfercab yang ke-22 ini”.

Pada umumnya, dalam setiap prosesi pemilihan di sebuah organisasi, memang tak bisa dipungkiri, bahwa setiap terjadinya proses pergantian kepemimpinan selalu menimbulkan ketidakcocokan pendapat yang berujung pada cekcok antara para pihak.

Hal demikian pun turut terjadi dalam proses persidangan Konfercab tersebut dan sempat terjadi pertentangan, bahkan menyebabkan beberapa kali untuk di-pending (tunda) sementara oleh BPK. Kejadian tersebut disebabkan karena masifnya praktik saling lempar argumen yang berlangsung selama berlangsungnya Konfercab.

Menanggapi hal ini, Demisioner Ketua PC PMII Kab. Bogor (2020-2021), Imam S Wa’di, mengatakan bahwa “dalam iklim demokrasi, berbeda argumentasi adalah hal yang lumrah terjadi”.

Namun, karena terdapat pihak yang kecewa ketika balas-membalas argumen selama proses persidangan, hal ini kian menyebabkan naiknya tensi pihak yang kecewa tersebut. Bahkan, berimbas pada massa yang di luar persidangan, merengsek masuk, hingga menimbulkan suasana yang tidak kondusif dalam persidangan Konfercab.

Hal ini menyebabkan, persidangan Konfercab Ke-22 PMII Kab. Bogor sempat ditunda beberapa jam. Selain itu, terdapat 2 komisariat yang tidak melanjuti Konfercab dengan tanpa ada informasi lebih lanjut.

Kendatipun demikian, setelah menimbang dan memperhatikan kelancaran roda organisasi, BPK Konfercab PMII Kab. Bogor kembali melanjutkan proses persidangan walaupun menyisakan 4 Komisariat dan 3 Rayon. Menurut ketua BPK “Keputusan dari kelanjutan Konfercab ini kami tetapkan, karena berdasarkan ketentuan quorum yang termaktub dalam ART PMII BAB XIV tentang Permusyawaratan Pasal 41 (5) dan turut ditegaskan pula dalam Peraturan Organisasi PMII (hasil Muspimnas 2019) Bab V Pasal 10 (6) yang berbunyi (Konfrensi Cabang dapat berlangsung apabila dihadiri oleh 2/3 peserta penuh), serta Ketentuan quorum yang ada dalam Draft Konfercab Ke-22 PC PMII Kab. Bogor”.

Dikarenakan landasan untuk memulai kembali Konfercab sudah terpenuhi, maka dilanjuti dengan pleno persidangan, hingga ke tahap pemilihan ketua PC PMII Kab. Bogor.

Alhasil, setelah proses pemungutan suara, Sahabat Miftahuddin ditetapkan sebagai Ketua PC PMII Kab. Bogor 2021-2022 dengan mengantongi tujuh suara. Sedangkan, Sahabati Dewi Nur Baiti ditetapkan sebagai Ketua Kopri PC PMII Kab. Bogor secara aklamasi.

Dalam hasil wawancara pasca ditetapkannya ketua terpilih, Ketua Komisariat Unusia Bogor, Fahri Uki, mengatakan bahwa “Dinamika yang terjadi selama Konfercab merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Tapi, tentu kita tidak ingin proses transisi kepemimpinan berlarut-larut hingga mengganggu berjalannya organisasi pergerakan”.

Selain itu, menurut peserta Konfercab dari Rayon Fajrul Falaakh, Zainul Mustafa, mengatakan bahwa “Konfercab memang sudah berakhir, tapi hal ini justru jadi sebuah awalan untuk menstimulus progresivitas PMII di bumi Tegar beriman”. Kami berharap, semoga dalam Nahkoda Ketua Miftahuddin, dapat meningkatkan produktivitas bagi PMII Kab. Bogor dan tidak lupa akan esensinya sebagai (organisasi) mahasiswa yang salah satunya untuk terus mengawal persoalan sosio-kemasyarakatan di tingkat local maupun nasional. Imbuhnya.

 

Advertisement
Click to comment

FEED

Hadiri Asian Afrika Youth Goverment, GMNI DKI Jakarta Angkat Isu Kesetaraan

Avatar

Published

on

Hadiri Asian Afrika Youth Goverment, GMNI DKI Jakarta Angkat Isu Kesetaraan
Dari Kiri ke Kanan, Andi Aditya, Michael Silalahi, Sakhyan, Rahmat Shah, Tantan Taufiq Lubis pada Acara Asian African Youth Government (AAYG) World Congress, di Kota Bandung, 16-19 Desember 2021. FILE ISt PHOTO

BuzzFeed – Dalam rangka menjadi delegasi pada agenda Asian African Youth Government (AAYG) World Congress, di Kota Bandung, 16-19 Desember 2021, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Michael Silalahi mengatakan pentingnya kesetaraan diantara negara Asia-Afrika maupun bangsa lain yang diperjuangkan melalui pendistribusian vaksin.

Kendati demikian, menurutnya, pendistribusian vaksi dilaksanakan secara merata melalui program kerja konkret dan konsisten, khususnya di Benua Afrika masih berjuang dengan terbatasnya persediaan vaksin.

“Pemuda/i Asia dan Afrika turut andil dalam mengatasi persoalan peningkatan kesejahteraan, pemulihan ekonomi, serta pandemi Covid-19 secara global,” ungkapnya.

Acara bertemakan ‘The notion of Asian African Youth for the World’s Collaboration on Covid-19 and Beyond’ merupakan isu kontemporer yang saat ini terjadi di didunia. Salah satunya yakni soal pandemi COVID_19 secara global.

Serta keberlangsungan dan eksistensi dair Kongres Pemuda Asia dan Afrika dibahas oleh delegasi cukup dinamis dengan dialektika dan narasi dari delegasi dan formulasi berupa solusi terhadap isu sosial.

Sementara itu, Sekretaris DPD GMNI DKI Jakarta, Andi Aditya menuturkan bahwa acara tersebut, menjadi ruang sumbangsih pemikiran pemuda dan keterlibatan soal pembangunan dimulti sektor.

“Pemuda di dalam agenda tersebut sekiranya dapat memberikan pemikiran dan keterlibatan terkait berbagai macam pembangunan baik pembangunan nasional maupun mancanegara,” ungkapnya kepada BuzzFeed.

Di sisi lain, Ketua National Youth Council (NYC Indonesia) Tantan Taufiq Lubis mengatakan terpilihnya Saddam merupakan spirit baru bagi keberlanjutan organisasi pemuda asia afrika.

“Semoga keterwakilan pemuda asia afrika dapat masuk dalam struktur kepengurusan yang baru AAYG agar terwujud sinergy dan gotong royong yang lebih kuat antar pimpinan pemuda di kawasan asia afrika,” tuturnya.

“Tentunya jika ini terjadi akan semakin memudahkan koordinasi dalam implementasi program program unggulan AAYG dalam memberdayakan para pemuda asia afrika,” tutupnya.

Continue Reading

FEED

PAC GP Ansor Kecamatan Kemang Gelar Pelatihan Kepempimpinan Dasar Angkatan XII

Tia Mutiara

Published

on

PAC GP Ansor Kecamatan Kemang Gelar Pelatihan Kepempimpinan Dasar Angkatan XII

BuzzFeed – Gerakan Pemuda Ansor adalah salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama yang bergerak di bidang kepemudaan. GP Ansor didirikan saat Muktamar NU ke-9 yaitu tanggal 24 April 1934 M / 10 Muharram 1353 H di Banyuwangi dan juga GP Ansor membawahi Barisan Ansor Serbaguna.

Organisasi tidak terlepas dari kaderisasi, dalam GP Ansor Pelatihan Kader Dasar (PKD) pelatihan awal seorang kader. PKD adalah pelatihan kepemimpinan, bukan rekruitmen anggota yang kapan saja bisa dilakukan oleh Pimpinan Ranting. Selama 2 hari peserta akan digembleng menjadi calon pemimpin Ansor yang kelak akan menentukan kemana arah organisasi Ansor di masa mendatang.

Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kemang kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) Angkat ke XII yang berlangsung hari ini, Sabtu (18/12/2021) di Majlis Ummul Qur’an, Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.
Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari seperti yang di sampaikan oleh ketua pelaksana PKD Ansor angkatan ke XII Ismail Saleh, S.Pd.i dalam sambutannya.
“Kegiatan PKD Ansor ini akan berlangsung selama 2 hari yakni hari Jum’at dan Sabtu” tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kemang, Roberto Septianus Dwitaritas, S.H dalam sambutannya mengapresiasi kinerja panitia pelaksana PKD Angkatan ke XII ini, yang dalam satu bulan ini telah bekerja keras dengan tim yang solid sehingga acara ini bisa terlaksana hari ini.

“Saya haturkan terima kasih atas khidmat seluruh sahabat-sahabat panitia atas kerja keras nya tersebut, dalam mewujudkan program atau agenda kaderisasi di GP Ansor Kemang, tentu semua itu bernilai pahala yang besar disisi Allah SWT, Aamiin,” harapnya.

Dengan mengangkat tema “Revitalisasi menuju kader militan” kegiatan tersebut bertujuan untuk mencetak kader yang militan, membangkitkan semangat para pemuda di kabupaten Bogor khusus nya kecamatan Kemang, seperti yang di sampaikan oleh Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bogor, Dhomiri A. Ghazali.

 

PAC GP Ansor Kecamatan Kemang Gelar Pelatihan Kepempimpinan Dasar Angkatan XII

“Besar harapan saya untuk seluruh kader GP Ansor se-kabupaten Bogor terkhusus kecamatan Kemang agar menjadi kader yang militan, cocok dengan tema yang di angkat pada kegiatan PKD ke XII ini”
Kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) Angkat ke XII di ikuti oleh 32 peserta dan dihadiri oleh jajaran pemerintah dan aparat kepolisian.

Continue Reading

FEED

Implementasikan MBKM, PAI UNUSIA Jalin Kerjasama dengan SMPN 220 Jakarta

Tia Mutiara

Published

on

Implementasikan MBKM, PAI UNUSIA Jalin Kerjasama dengan SMPN 220 Jakarta

BuzzFeed – Dalam upaya memengambangkan kompetensi mahasiswa dalam bidang pengajaran Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) menyelenggarakan Pengenelan Porfesi Mahasiswa (PPM). Pada semester ini PAI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia menyelenggarakan PPM di 22 Sekolah yang meliputi kawasan Jabodetabek. Jakarta (17/12/2021)

Sebagai bentuk penerapan Merdeka Belajar, PAI UNUSIA berkerjasma dengan mitra pendidikan dalam hal ini SMPN 220 melalui kegiatan PPM yang berlangsung selama 3 bulan. Dalam sambutannya Dekan FKIP, Dede Setiawan menuturkan bahwa kegiatan PPM ini sebagai bentuk upaya dalam menjadikan mahasiswa PAI sebagai guru-guru yang professional, dan tentunya senatiasa memegang teguh nilai-nilai washatiyah dalam beragama.
Hal senanda disampaikan oleh Gunawan Ahmad, M.Pd selaku kepala sekolah SMPN 220 kegiatan PPM yang telah berlangsung selama 3 bulan ini sangat diapresiasi dimana kehadiran mahasiswa sangat membantu dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dalam masa pandemic-19. SMPN 220 sangat menyambut baik untuk kegiatan PPM ini dapat dilakukan secara berkala tuturnya.
Sebagai bentuk keberlangsungan dari kegiatan PPM ini, dilangsungkan dengan pendandatanganan MoU antara UNUSIA dan SMPN 220 dalam bidang pendidikan dan pengembangan kompetensi pendidik. Turut hadir dalam kegiatan ini, Saiful Bahri, M.Ag selaku Kaprodi PAI dan Dewi Anggraeni, Lc,M.A selaku dosen Pembimbing PPM

Continue Reading

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2022 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close