Connect with us

INDONESIA

Paus Fransiskus Doakan Korban Ledakan Bom di Makassar

Paus Fransiskus Doakan Korban Ledakan Bom di Makassar


Dalam Misa Minggu Palma, yang untuk kedua kali tidak dihadiri jemaat karena pandemi virus corona, Paus Fransiskus menyampaikan beberapa pesan dan doa, terutama untuk korban ledakan bom di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Mari kita berdoa bagi seluruh korban aksi kekerasan, terutama korban serangan di depan Gereja Katedral di Makassar, Indonesia. Semoga Bunda Maria, yang senantiasa memandu kita di jalan iman, membantu kita,” kata Paus.

Misa Minggu Palma biasanya dipimpin Paus dengan prosesi di Lapangan Santo Petrus di hadapan puluhan ribu jemaat dan wisatawan yang memegang ranting zaitun dan pohon palem yang disatukan, sebelum merayakan misa di luar ruangan. Namun, seperti yang dilakukan Paus pada musim semi 2020, hanya beberapa minggu setelah pandemi virus corona merebak di Italia, Paus memimpin kebaktian Misa Minggu Palma di dalam Basilika Santo Petrus.

Italia adalah negara pertama di Barat yang dilanda virus mematikan itu.

Paus Fransiskus memimpin Misa Minggu Palma di tengah pembatasan untuk meredam pandemi COVID-19 di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu, 28 Maret 2021. (Foto: Giuseppe Lami/Pool via Reuters)

Paus Fransiskus memimpin Misa Minggu Palma di tengah pembatasan untuk meredam pandemi COVID-19 di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu, 28 Maret 2021. (Foto: Giuseppe Lami/Pool via Reuters)

Korban Luka 20 Orang

Sedikitnya 20 orang luka-luka terkena serpihan bom dalam insiden ledakan bom bunuh diri yang terjadi di depan gerbang Gereja Katedral di Jalan Kartini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3) pagi. Polisi menduga ledakan dilakukan oleh dua orang, tetapi masih melakukan penyelidikan di lapangan bersama Densus 88 Antiteror.

Ketika mengunjungi lokasi ledakan pada Minggu (28/3) malam, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan polisi telah menangkap empat orang yang diduga terlibat aksi bom bunuh diri itu. Mereka diduga bagian dari Jamaah Ansharut Daulat (JAD) Sulawesi Selatan.

“Hari ini kita sudah amankan sekitar empat orang di wilayah Bima, yang tentunya kita amankan karena terkait dengan kelompok teror,” ujarnya kepada wartawan.

Keterlibatan JAD

Tiga pakar intelijen dan terorisme yang diwawancarai VOA secara terpisah sebelumnya sudah mengindikasikan keterlibatan JAD dalam ledakan bom di Makassar.

“Diduga kuat, pelaku terkait dengan jaringan JAD yang cenderung melakukan aksi amatiran dibandingkan dengan jaringan Jemaah Islamiah yang lebih rapi dan terarah,” ujar Noor Huda Ismail, visiting fellow di S. Rajaratnam Institute of International Studies, Nanyang Technological University of Singapore saat dihubungi melalui telEpon.

Polisi forensik memeriksa lokasi tersebut setelah diduga bom meledak di dekat sebuah gereja di Makassar pada 28 Maret 2021. (Foto: AFP/Indra Abriyanto)

Polisi forensik memeriksa lokasi tersebut setelah diduga bom meledak di dekat sebuah gereja di Makassar pada 28 Maret 2021. (Foto: AFP/Indra Abriyanto)

Hal senada disampaikan pakar terorisme di Universitas Indonesia, Stanislaus Riyanta.

“Dilihat dari karakteristik dan model aksinya, kemungkinan besar pelaku berasal dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah. Model ini sama dengan aksi di Gereja Surabaya pada Mei 2018 dan Polrestabes Medan pada November 2019,” ujarnya.

Pakar terorisme lainnya, Al Chaidar, yang kini sedang melakukan penelitian di Belanda, juga menyampaikan hal serupa.

“Pelakunya suami istri,” ujarnya melalui telepon, dan meminta merahasiakan sumber informasi yang merinci hal itu. “Ini ciri khas utama mereka. Sama seperti bom di Surabaya tahun 2018, juga bom di Sibolga tahun 2019.”

Menurut Al Chaidar, pelaku ingin balas dendam atas dua teman mereka yang ditembak polisi di Makassar Januari lalu. Pada awal Februari, lanjutnya, juga ada 26 orang ditangkap, termasuk dua ditembak.

“Semua dari jaringan JAD Makassar,” tambahnya. [em/ft]



Source link

Advertisement
Click to comment

INDONESIA

Pemerintah Papua mengupayakan penangkapan pembunuh dua guru

Pemerintah Papua mengupayakan penangkapan pembunuh dua guru


Apa yang mereka lakukan itu biadab

Jayapura, Papua (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Papua meminta aparat keamanan melacak dan menindak pelaku kejahatan bersenjata Papua yang menembak mati dua guru pekan lalu.

“Yang mereka lakukan itu biadab,” kata Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, Senin.

Penembakan maut yang dilakukan oleh para penjahat bersenjata di Desa Julukoma, Kecamatan Beoga, Kabupaten Puncak, dalam keadaan apapun tidak bisa dibenarkan, tegas Tinal.

Tinal mencontohkan, guru membawa dampak positif bagi anak-anak Papua, sehingga penembakan maut kedua guru itu tidak bisa dibenarkan dengan alasan apa pun.

Beberapa penjahat Papua bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah kios di Desa Julukoma pada Kamis (8 April) sekitar pukul 09.30 waktu setempat.

Insiden penembakan tersebut mengakibatkan kematian seorang guru sekolah dasar negeri Beoga, Oktovianus Rayo.

Setelah membunuh Rayo, para penyerang bersenjata melanjutkan aksi terornya dengan membakar tiga ruang kelas di SMA Negeri Beoga.

Pada Jumat (9/4), penjahat Papua bersenjata itu kembali menyerang guru lainnya, Yonatan Randen. Guru SMP ini ditembak di dadanya.

Beberapa penduduk desa berusaha menyelamatkan nyawa Randen dengan memindahkannya ke pusat kesehatan umum Beoga, tetapi dia meninggal.

Para penjahat bersenjata Papua terus menghalangi upaya pemerintah daerah untuk mengangkut peti mati guru yang dibunuh ke Timika di Kabupaten Mimika pada hari Jumat.

Penjahat bersenjata terkenal, yang tetap tinggal di area Bandara Beoga, mengizinkan pesawat yang membawa peti mati untuk terbang pada Sabtu (10 April) setelah menerima uang tebusan.

Pada Minggu malam (11 April), para penjahat bersenjata kembali melakukan kampanye kekerasan dengan membakar sembilan ruang kelas di SMP Negeri Beoga.

Menanggapi penganiayaan maut kedua guru itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin menyebut para penjahat Papua bersenjata itu adalah teroris.

“Hampir setiap tahun kelompok kriminal bersenjata melakukan aksi teror terhadap warga sipil di Papua,” kata Syamsuddin dalam keterangannya.

Namun, aparat keamanan Indonesia yang ditempatkan di provinsi tersebut masih lamban dalam melacak dan menindak para pelaku aksi teror tersebut.

Serangan mematikan para penjahat bersenjata terhadap guru yang bernasib malang itu memang tindakan terorisme, katanya, menambahkan bahwa dia menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas kematian mereka.

Personel TNI dan Polri yang ditempatkan harus mampu menciptakan rasa aman dan menghilangkan ketakutan akan aksi teror para penjahat bersenjata dari benak masyarakat luas.

“Untuk itu, dengan jumlah personel yang memadai, TNI dan Polri harus terus mengamankan seluruh kawasan permukiman. Jangan sampai warga sipil kembali menjadi korban,” tandasnya.

Syamsuddin juga mengimbau semua pihak terkait di tanah air untuk mencari solusi yang komprehensif atas masalah Papua, sehingga masyarakat bisa mendapatkan perdamaian dan kesejahteraan yang langgeng.

Berita Terkait: Penjahat bersenjata Papua membakar helikopter sipil di Bandara Ilaga

Berita Terkait: Pembunuhan dua guru Papua tidak manusiawi: pembela hak asasi manusia

Menutup
DIEDIT OLEH INE

Continue Reading

INDONESIA

Indonesia mengharapkan turis domestik untuk kebangkitan pariwisata pada tahun 2021

Indonesia mengharapkan turis domestik untuk kebangkitan pariwisata pada tahun 2021


Jakarta (ANTARA) – Pemerintah optimistis ekowisata menjadi salah satu pendorong penerapan ekonomi hijau secara komprehensif untuk mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia. Ekowisata dapat diartikan sebagai pariwisata yang dilakukan secara bertanggung jawab untuk melestarikan lingkungan dan menopang kesejahteraan masyarakat setempat. Manfaatnya terdiri dari mempromosikan kesadaran lingkungan, menawarkan manfaat finansial langsung untuk konservasi, dan memberi manfaat finansial serta memberdayakan masyarakat lokal.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong menegaskan, pengelolaan kawasan wisata alam dapat mendatangkan devisa bagi daerah dan masyarakat selain menciptakan lapangan kerja dengan tidak melakukan tindakan merusak dan eksploitasi.

Jawa Barat memiliki beberapa destinasi ekowisata, seperti Taman Nasional Gede Pangrango yang dapat mendongkrak aktivitas ekonomi masyarakat, dan jembatan gantung Situgunung yang menjadi objek wisata populer.

Di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kementerian LHK telah membuka kembali Gunung Rinjani di Pulau Lombok dan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat untuk pendaki dan wisatawan sejak 1 April 2021.

Kegiatan wisata pendakian di kedua lokasi tersebut sebelumnya telah ditutup sejak 1 Januari 2021, akibat cuaca pegunungan yang tidak bersahabat yang membahayakan nyawa manusia.

“Kegiatan pendakian di Gunung Rinjani masih dibatasi kuota maksimal 50 persen dari kapasitas normalnya, dan lama tinggal pendaki hanya tiga hari dua malam,” Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Dedy Asriady berkomentar.

Wisatawan yang ingin melakukan aktivitas pendakian diharuskan memesan tiket pendakian melalui aplikasi e-Rinjani yang dapat diunduh melalui Playstore.

Petugas TNGR juga memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat pada wisatawan, langsung dari pintu masuk, di lokasi wisata dan saat meninggalkan kawasan taman nasional.

Selain itu, tiga zona hijau COVID-19 di Bali rencananya akan dibuka mulai Juli tahun ini di tengah penurunan jumlah kasus penyakit virus korona harian di Indonesia dan kampanye vaksinasi massal secara nasional.

“Saya melihat di Provinsi Bali kami ingin berkonsentrasi pada tiga zona hijau yang ditetapkan, yakni Ubud, Sanur, dan Nusa Dua. Kami optimis ini menjadi zona hijau, kawasan hijau yang bisa kami buka sepenuhnya untuk wisatawan,” Presiden Joko Kata Widodo saat menyaksikan kampanye vaksinasi massal di Puri Saren Agung, Kabupaten Gianyar, Bali, belum lama ini.

Ubud terletak di Kabupaten Gianyar, Sanur terletak di Kota Denpasar, dan Nusa Dua terletak di Kabupaten Badung. Otoritas Bali telah memberikan vaksin COVID-19 untuk pekerja pariwisata, tokoh agama Bali, dan perwakilan budaya dan pemuda, antara lain.

“Sehingga nantinya mereka (wisatawan) akan merasa aman dan nyaman untuk tinggal di Bali. Dengan fokus kita pada ketiga zona tersebut, maka kebangkitan sektor pariwisata di Provinsi Bali akan dimulai,” tegasnya.

Berita Terkait: Perekonomian Indonesia mendapatkan dorongan yang signifikan dari industri kuliner

Berita Terkait: Menteri memproyeksikan masuknya pengunjung di tujuan wisata

Berita Terkait: Indonesia, Singapura menyelidiki kemungkinan pembukaan akses pariwisata

Continue Reading

INDONESIA

Peta jalan kesiapan pemerintah untuk Making Indonesia 4.0: Presiden

Peta jalan kesiapan pemerintah untuk Making Indonesia 4.0: Presiden


Jakarta (ANTARA) – Pemerintah tengah menyiapkan roadmap implementasi Making Indonesia 4.0, kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) sembari mengajak Jerman bermitra dengan Indonesia untuk mewujudkan transformasi digital di Tanah Air.

“Saya ingin mengajak Jerman untuk menjalin kerjasama dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Indonesia sedang mempersiapkan roadmap implementasi Making Indonesia 4.0,” kata Presiden dalam sambutan pembukaannya di pameran Hannover Messe 2021 yang disampaikan secara online dari The State. Istana di sini pada hari Senin.

Dia diapit Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Ada tiga hal pokok. Pertama, di era industri 4.0, penguatan sumber daya manusia merupakan suatu keharusan,” kata Presiden.

Indonesia juga memiliki bonus demografis, ujarnya.

“Pada 2030 nanti, jumlah usia produktif (WNI) di Indonesia akan berlipat ganda. Tantangannya adalah menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menghadapi tantangan masa depan, tantangan big data, artificial intelligence, internet of things,” tandasnya.

Ia yakin Jerman dapat mendukung penguatan sumber daya manusia Indonesia melalui pengembangan pendidikan vokasi dan penguatan perguruan tinggi berbasis riset dan teknologi.

Kedua, menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi Industri 4.0. Perbaikan iklim investasi membutuhkan reformasi struktural, salah satunya pengesahan UU Cipta Karya, ”imbuhnya.

Berita Terkait: Hannover Messe akan menampilkan Making Indonesia 4.0: Minister

Berita Terkait: Jokowi dan Merkel akan bersama-sama membuka Hannover Messe 2021 Digital Edition

UU Cipta Kerja akan mempermudah izin usaha untuk diperoleh, memberikan kepastian hukum, dan memberikan insentif, ucapnya.

“UU Cipta Kerja juga memberikan insentif bagi ekonomi digital. UU Cipta Kerja akan mendukung perkembangan Industri 4.0,” kata Presiden.

Ketiga adalah investasi dalam pembangunan hijau, katanya.

“Pandemi ini menjadi momentum untuk mendorong pembangunan hijau. Menurut WEF (World Economy Forum), potensi ekonomi hijau atau pembangunan hijau sangat besar – peluang bisnis mencapai US $ 10,1 triliun dan (ada) peluang 395 juta lapangan kerja baru. pada tahun 2030, “katanya.

Menurut Presiden Widodo, Indonesia telah melakukan beberapa terobosan dalam pengembangan industri hijau, di antaranya mendapatkan biodiesel dari kelapa sawit dan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya atap untuk rumah tangga.

“Proyek ini tidak hanya akan menciptakan puluhan ribu lapangan kerja baru, tetapi juga mengurangi emisi gas rumah kaca,” ucapnya.

Sebagai produsen nikel terbesar dunia, Indonesia juga sedang mengembangkan bijih nikel untuk diolah menjadi baterai lithium, komponen utama baterai ponsel dan mobil listrik, tambahnya.

“Kemitraan Indonesia dan Jerman untuk pembangunan hijau masa depan merupakan salah satu prioritas. Saya mengapresiasi German Green Infrastructure Initiative senilai 2,5 miliar euro. Program ini diharapkan dapat mendukung pembangunan infrastruktur hijau di Indonesia,” tandasnya.

Dia mengatakan dia berharap Jerman akan keluar dari krisis, pulih, dan tumbuh lebih kuat.

“Saya yakin Indonesia dan Jerman bisa bermitra untuk keluar dari pandemi ini sebagai pemenang,” tandasnya. (INE)

Berita Terkait: Hannover Messe membuka perspektif global terhadap Indonesia ‘: Minister

Berita Terkait: Hannover Messe untuk menampilkan potensi industri Indonesia

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close