Business is booming.

Panduan Menuju K-Pop, Dari Super Junior dan Girls ‘Generation hingga BTS dan BLACKPINK



“Ribuan penggemar memanggil nama kami di tempat tersebut, dan hampir semua orang menghafal lirik Korea dari lagu kami, yang luar biasa dan luar biasa,” RM, pemimpin dari boy band BTS, menggambarkan salah satu pertunjukan pertama mereka di luar Asia. Itu terjadi pada pertengahan 2010-an, ketika dia menyadarinya K Pop sudah go internasional. Sekarang, hallyu, atau Gelombang Korea, telah membanjiri dunia. Dan BTS hanyalah salah satu dari banyak riaknya.

Jika Anda salah satu dari banyak yang masuk ke BTS di karantina, mengalami diskografi mereka, dan sekarang menginginkan lebih, maka panduan ini cocok untuk Anda. Ini berjalan melalui banyak fase dan wajah K-pop, diceritakan secara musik melalui beberapa lagu terpopulernya. Tapi sebelumnya, sedikit pelajaran sejarah. Jadi, seperti yang dikatakan Girls ‘Generation di “Saya memiliki anak laki-laki, ”“ Sijakhae bolkka (Haruskah kita mulai)? ”

Sebagian besar setuju bahwa semuanya dimulai dengan Seo Taiji & Boys, grup beranggotakan tiga orang yang terdiri dari Seo Taiji, Lee Juno, dan Yang Hyun-suk (Siapa yang kemudian mendirikan YG Entertainment). Industri bernilai miliaran dolar sekarang memiliki permulaan yang pasti sejak 11 April 1992 – hari ketika Seo Taiji & Boys menampilkan lagu debut mereka, “Aku tahu, ”Di televisi nasional untuk pertama kalinya. Memadukan suara dan koreografi jack swing baru yang trendi dengan lirik Korea, debut trio ini memulai era baru dalam musik Korea Selatan. Pada saat grup dibubarkan pada tahun 1996, generasi pertama K-pop sedang dalam perjalanan.

Ini adalah grup yang mengikuti jejak Seo Taiji & Boys dalam hal musik dan gaya tarian. Label K-pop SM Entertainment dan DSP Media menciptakan boy band mereka sendiri, HOT dan Sechs Kies, dan penggemar dari kedua grup tersebut. memicu persaingan yang mendorong popularitas perusahaan. Mereka segera diikuti oleh girl grup – SM SES dan DSP’s Fin.KL Akhirnya, solois menjadi populer dan agensi baru ikut bermain. Ada SM BoA, JYP’s Rain, dan YG’s Se7en. Artis-artis ini masih populer sampai sekarang, dan perusahaan yang merawat mereka sekarang dikenal sebagai 3 Besar.

Sudah sangat populer di dalam negeri, K-pop perlahan mendunia di awal tahun 2000-an. Pertama, sekarang “Ratu K-pop” Ular boa membantu K-pop berkembang ke China dan Jepang. Kemudian tur dunia K-pop dimulai pada awal 2010-an, di generasi kedua, era Girls ‘Generation, Super Junior, TVXQ, 2NE1, dan DENTUMAN BESAR. Ini juga merupakan waktu para idola mulai berinteraksi lebih banyak dengan pendukung melalui pertemuan penggemar, dan pembaruan media sosial yang sering di Twitter, Cyworld, dan “kafe penggemar” seperti forum. Acara realitas seperti “Girls ‘Generation Pergi ke Sekolah“Dan” Star Life Theatre “juga membagikan kehidupan panggung grup K-pop di luar panggung kepada penggemar, menciptakan hubungan yang lebih pribadi. Generasi ini murni pop, namun sangat eksperimental. Pikirkan: hit internasional Wonder Girls “Tak seorangpun. ” Pada tahun 2012, hit viral PSY “gaya GangnamTurun, mendorong K-pop lebih jauh ke dalam sorotan internasional.

Keterlibatan penggemar hanya diintensifkan dengan munculnya media sosial di pertengahan 2010-an, ketika kelompok generasi ketiga menyukai BTS, EXO, GOT7, Beludru merah, dan BLACKPINK memulai debutnya. Saat live-streaming menjadi populer, para idola semakin dekat dengan penggemar. Sekitar waktu ini, grup juga dibentuk dalam reality show, seperti TUJUH BELAS, MONSTA X, iKON, DUA KALI, Stray Kids, dan PEMENANG.

Sekarang di generasi keempat, bertindak seperti ITZY, LOONA, txt, æspa dan ENHYPEN semuanya dibuat dengan mempertimbangkan audiens internasional. Anggota SM Super M, misalnya, dipilih sendiri dari grup label yang ada, khususnya untuk memanfaatkan penggemar global.

Di bawah ini adalah daftar putar yang diurutkan menurut suasana hati, untuk membantu Anda memulai perjalanan K-pop Anda. Tentu saja, K-pop lebih dari sekedar lagu. Ada produksi, merchandise, dan fandom. Tapi musik adalah inti dan tempat yang bagus untuk memulai.

catatan: Meskipun ada banyak genre di bawah K-pop, kami berfokus pada “pop idola” untuk daftar putar ini, itulah mengapa Anda tidak akan melihat tindakan seperti Epik High, Zico, HYUKOH, dan BOL4.

Jadi Anda ingin masuk ke… K-pop ceria?

Aegyo adalah istilah Korea yang secara kasar berarti “bertingkah manis”. Ini adalah genre umum di K-pop, terutama dengan idola. Boy band dan girl group bertingkah lucu di variety show, seperti yang terlihat di “Apa yang saya lakukan?,“”Jadi milikku, “Dan”Yam Yam Song, ”Semuanya disusun dan ditulis oleh Hyojung Oh My Girl untuk variety show Korea Idola mingguan.

Lalu ada lagu-lagu cerah, gemerlap, dan gelisah yang membuat Anda mabuk serotonin. Ini biasanya memiliki hook adiktif yang membuat Anda bernyanyi, seperti “Likey, likey, likey” di lagu TWICE yang berjudul, Anda dapat menebaknya, “Likey.” Mereka juga mungkin seperti kebanyakan orang berpikir K-pop terdengar seperti.

Meskipun lagu-lagu ini sering memiliki lirik yang manis dan ceria, mereka juga bisa memiliki arti yang lebih dalam. “Likey,” misalnya, adalah tentang standar kecantikan yang tidak realistis dan sangat ingin mendapatkan suka di media sosial. “Aku menahan nafas untuk menarik ritsletingnya, mengencangkan kembali pinggangnya // Hibur aku, aku sudah selesai mendandani sayang,” liriknya.

Meskipun mereka dipengaruhi oleh berbagai genre, banyak artis K-pop masih memiliki setidaknya satu ons kelucuan dalam lagu mereka. Ini bisa berupa surat cinta seperti “To My Boyfriend” Fin.K.L dan “Boy With Luv” dari BTS, atau ode motivasi untuk momen bahagia seperti “Good Day” IU dan “Cheer Up” TWICE.

Daftar Putar: “Cheer Up” – TWICE / “To My Boyfriend” – Fin.KL / “Likey” – TWICE / “Crown” – TXT / “Good Day” – IU / “Hi High” – Loona / “Oh My” – SEVENTEEN / “Roly Poly ” – T-ARA /” Boy With Luv “- BTS ft. Halsey /” Replay “- SHINee /” Just Right “- GOT7 /” Get Cool “- Stray Kids /” Hold “- PEMENANG

Jadi Anda ingin masuk ke… hype K-pop?

Kebalikan dari playlist sebelumnya, di sinilah letak semua kekejaman yang menyeringai. Misalnya, “Wannabe” ITZY dan hit abadi 2NE1 “I Am The Best” meneriakkan kepercayaan diri. Semakin banyak Anda bernyanyi mengikuti liriknya, semakin Anda merasa seperti bos.

Grup lain yang menganut konsep ini termasuk MONSTA X, (G) I-DLE, BLACKPINK, dan BTS. Rapper dari grup ini biasanya merilis karya solo, seperti single rapper 2NE1 CL, “The Baddest Female,” album rapper BIGBANG G-Dragon, Satu diantara, dan mini album solo mendatang dari rapper MONSTA X I.M. Dualitas.

Daftar Putar: “Hard Carry” – GOT7 / “Lion” – (G) I-DLE / “Wannabe” – ITZY / “Bang Bang Bang” – BIGBANG / “Boss” – NCT U / “I Am The Best” – 2NE1 / “Hip “- MAMAMOO /” Kill This Love “- BLACKPINK /” Bad Boy “- Red Velvet /” Mr. Simple “- Super Junior /” So Cool “- SISTAR /” Superman “- Super Junior /” Don’t Call Me “- SHINee

Jadi Anda ingin masuk ke… K-pop yang emosional?

Sisi yang lebih lambat dari K-pop menggunakan balada dan R&B, dan berfokus pada vokal. Dalam beberapa kasus, dengan nada tinggi pada desibel yang menusuk telinga. Lagu-lagu ini tidak sederhana memukul Anda merasakan, mereka menghancurkan kamu. Dan mereka adalah beberapa yang paling ikonik dalam diskografi artis, sering dinyanyikan untuk memperingati acara emosional atau mengakhiri konser.

Artis di bawah SM Entertainment, misalnya, biasanya berkumpul dalam acara bersama untuk menyanyikan lagu klasik HOT “Harapan.” Ada lagu debut Girls ‘Generation “Into The New World,” dan “No. 1. ” BTS memiliki “Spring Day,” dijuluki sebagai “ratu” dari diskografi mereka.

Jika Anda sedang dalam perjalanan untuk jatuh ke dalam fandom tertentu – baik itu BTS ARMY atau ReVeluv Red Velvet – Anda pasti akan memiliki keterikatan emosional dengan lagu-lagu ini. Grup K-pop sering memiliki lagu yang murni didedikasikan untuk pendukung mereka sebagai “terima kasih” untuk tetap bertahan. Sama seperti penggemar yang menangis bersama idola mereka saat EXO menampilkan “Promise (EXO 2014),” Anda mungkin menginginkan beberapa jaringan saat mendengarkan ini.

Daftar Putar: “It’s Okay” – BTOB / “Hope” – HOT / “Psycho” – Red Velvet / “Into The New World” – Girls ‘Generation / “Spring Day” – BTS / “I Miss You” – MAMAMOO / “To Mother” – tuhan / “Janji (EXO 2014)” – EXO / “Tidak. 1 “- BoA /” Breathe “- Lee Hi /” Empty “- WINNER /” Answer “- ATEEZ /” LONELY “- SISTAR /” Eyes Nose Lips “- Taeyang (BIGBANG)

Jadi Anda ingin masuk ke… dance K-pop?

Ini adalah genre yang paling dipengaruhi oleh EDM dan musik dansa. Jadi jika Anda bisa membayangkan lagu-lagu seperti “Fantastic Baby” BIGBANG, “Stay Tonight” dari Chungha, dan lagu debut BLACKPINK “Boombayah,” diputar di sebuah klub, itulah alasannya. Secara lirik, lagu-lagu ini biasanya memberdayakan, membuat mereka membuat ketagihan setiap hari. K-pop tidak pernah lengkap tanpa koreografi, tetapi yang paling jelas terlihat di sini, di mana break dance adalah sorotannya.

Daftar Putar: “Boombayah” – BLACKPINK / “Step” – KARA / “Stay Tonight” – Chungha / “I Got A Boy” – Girls ‘Generation / “Dynamite” – BTS / “Miroh” – Stray Kids / “Sorry Sorry” – Super Junior / “Blue Hour” – TXT / “Fantastic Baby” – BIGBANG / “Really Really” – WINNER / “Hands Up” – 2PM / “Hot Issue” – 4Minute / “(‘Cause) I’m Your Girl” – SES

Jadi Anda ingin masuk ke… fusion K-pop?

Meskipun kami telah mencoba mengategorikan playlist ini, kenyataannya adalah, K-pop memiliki banyak area abu-abu, mengaburkan batasan bahasa dan genre. Kebanyakan grup memiliki pengaruh ganda dan ini tercermin dalam diskografi mereka.

Seo Taiji & Boys dikenal karena bereksperimen dengan berbagai gaya dan membuat perpaduan yang aneh dan tidak terduga. Mereka mencampurkan hip-hop dan musik tradisional di “Hayeoga”, mengambil musik heavy metal di “Classroom Idea”, dan menggabungkan techno dan rap gangsta dalam “Come Back Home”. Ini bergema ke generasi K-pop berikutnya. “Hurricane Venus” dari BoA menggabungkan musik elektronik dengan paduan suara dance-pop yang lancang, sementara 2NE1 menampilkan kombinasi unik dari reggae, hip hop, dan dubstep untuk “Come Back Home.”

Daftar Putar: “Idol” – BTS / “Bae Bae” – BIGBANG / “Something” – TVXQ / “Zimzalabim” – Red Velvet / “Ring Ding Dong” – SHINee / “Cherry Bomb” – NCT 127 / “Perfect Man” – SHINHWA / ” Dive ”- iKON /“ Hurricane Venus ”- BoA /“ Why So Lonely ”- Wonder Girls /“ Come Back Home ”- 2NE1 /“ One More Time ”- Super Junior ft. Reik