Business is booming.

Pandjaitan mengundang Menlu China ke Danau Toba


Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengundang Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Danau Toba di Sumatera Utara di sela-sela kunjungan resminya ke Indonesia.

Yi tinggal di Indonesia dari 12 hingga 13 Januari 2021, sebagai bagian dari rangkaian kunjungan ke negara-negara ASEAN. Dalam kunjungannya, ia menemani Pandjaitan ke beberapa situs sejarah di sekitar Danau Toba dan menikmati pemandangan perbukitan di Kaldera.

Dalam sebuah postingan di akun Instagram miliknya (@) luhut.pandjaitan Rabu lalu, Pandjaitan mengungkapkan telah beberapa kali mengundang Wang Yi ke tanah airnya di kawasan Danau Toba.

“Beberapa kali dalam perjalanan saya ke China, saya sering mengajaknya mengunjungi tanah air saya, dimana Danau Toba berada, karena saya tahu bahwa Tuan Wang Yi memiliki hobi hiking dan memang sudah lama berencana melihat potensi pariwisata di sini. . Hari ini, saya secara khusus menemani dia dan rombongan untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di sekitar Danau Toba, ”terangnya.

Pandjaitan mengatakan, dirinya dan Yi juga membahas kerja sama investasi, beberapa proyek strategis, pariwisata, dan pemulihan ekonomi nasional.

“Saya menyampaikan harapan saya mengenai komitmen yang kuat untuk melaksanakan perjanjian strategis bilateral antara kedua negara; Sebelumnya, sore ini Pak Wang Yi bertemu dan mendengar secara langsung harapan Presiden Jokowi atas kerjasama kedua negara sahabat, ”ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasinya telah mendapat kesempatan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama di beberapa bidang strategis kedua negara.

Ia mengaku bersyukur telah dipercaya dan terlibat langsung dengan tugas pengembangan potensi tanah air dan penetapannya sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

“Saya berharap upaya-upaya kecil ini membawa manfaat dan berkah yang besar bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi masyarakat Toba Samosir yang selama ini memiliki kebanggaan dan cinta tanah air,” tandasnya. (INE)
Berita Terkait: Pandjaitan, Wang Yi bertemu di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara
Berita Terkait: Pandjaitan bertemu FM China, membahas kerja sama menghadapi COVID-19
DIEDIT OLEH INE