Connect with us

OTOMOTIF

Pabrikan Mobil Belanda dan Bridgestone Bikin Mobil Listrik Tenaga Surya! – Berita Otomotif

Pabrikan Mobil Belanda dan Bridgestone Bikin Mobil Listrik Tenaga Surya! – Berita Otomotif


JAKARTA – Pabrikan mobil asal Belanda Lightyear berkolaborasi dengan Bridgestone mewujudkan mobil listrik bertenaga surya. Kendaraan ramah lingkungan ini rencananya dijual pada akhir 2021.

Mobil listrik yang bisa menyerap tenaga matahari itu, menurut keterangan resmi Bridgestone pada Selasa (4/5/2021), bernama Lightyear One. Bridgestone menjalin kerja sama eksklusif dengan startup yang berdiri pada September 2016 itu untuk mewujudkannya.

Lightyear One diklaim sebagai mobil listrik tenaga matahari jarak jauh pertama di dunia. Jarak tempuhnya digadang – gadang mencapai 725 km (WLTP).

Akselerasi 0 – 100 km per jam digapai kurang dari 10 detik.

Lightyear One, mobil listrik tenaga surya dengan ban Bridgestone

Lightyear One menggunakan energi 3 kali lebih efisien ketimbang mobil – mobil listrik yang kini dijual di pasar otomotif dunia. Di atapnya, terdapat panel surya besar yang akan menangkap energi matahari secara langsung dan mengisi daya baterai.

Rencananya, Lighyear One mulai menjalani serangkaian proses pengujian pada kuartal dua 2021. Komersialisasi alias penjualannya sendiri dijadwalkan sudah terjadi pada akhir kuartal keempat.

Ban Spesial Bridgestone Turanza – Eco

Bridgestone, produsen ban asal Jepang, berkontribusi dalam penciptaan Lightyear One dengan cara menciptakan ban khusus bagi Lightyear One. Ban yang dimaksud, Turanza – Eco mengombinasikan teknologi ban ringan ENLITEN dengan teknologi ologic untuk pertama kalinya.

Teknologi ENLITEN membuat ban memiliki hambatan gulir rendah, tapi dengan penggunaan bahan material mentah yang berkurang dalam proses produksi. Sementara, teknologi ologic mengacu pada desain yang membuat ban dapat melajukan mobil lebih jauh dalam satu kali putaran.

Desain ban berteknologi ologic yang inovatif antara lain terdapat pada permukaan telapak, diameter lebih besar, tekanan inflasi tinggi, plus desain ramping.

Bridgestone Turanza-Eco

Turanza – Eco diklaim membuat jarak tempuh kendaraan lebih panjang dibandingkan ban alternatif khusus mobil listrik dari Bridgestone lainnya sehingga mengurangi kerja baterai. Bridgestone membuatnya dengan teknologi pengembangan ban virtual yang menghemat jarak pengujian di trek sejauh 40 ribu km dan waktu pengembangan produk dan pengujian ban di luar ruangan hingga 50 persen.

“Bridgestone berkomitmen untuk mengurangi 50 persen emisi CO2 pada tahun 2030 dan menggunakan 100 persen bahan yang berkelanjutan pada tahun 2050 dan ini kemitraan strategis yang sangat penting untuk mencapai tujuan ini,” ucap Emilio Tiberio, COO&CTO Bridgestone Europe, Russia, Middle East, India, Africa. [Xan]

Advertisement
Click to comment

OTOMOTIF

Jeep Indonesia Siapkan SUV Penantang Toyota Fortuner – Mobil Baru

Jeep Indonesia Siapkan SUV Penantang Toyota Fortuner – Mobil Baru


JAKARTA – Besarnya pasar SUV di Indonesia membuat PT DAS Indonesia selaku distributor resmi Jeep di Tanah Air berinisiatif memperbanyak line up kendaraannya.

Menariknya, SUV yang akan mereka hadirkan tersebut hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan. Rencananya, mobil tersebut akan bersaing langsung dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

“Namanya belum ada tapi dimensinya tidak jauh berbeda dengan medium SUV yang ada saat ini di Indonesia. Tapi mobil tersebut telah didesain sedemikian rupa agar memiliki aerodinamika maksimal sehingga akan meningkatkan kenyamanan berkendara,” ungkap Dhani Cahya, Chief Operating Officer PT DAS Indonesia Motor beberapa waktu lalu.

Rencananya, mobil tersebut akan diproduksi di India dan PT DAS Indonesia Motor akan mengimpornya secara utuh dari negara tersebut. Dengan demikian maka harga dari SUV tersebut diharapkan bisa lebih kompetitif.

Jeep Compass

“Jeep memiliki beberapa pabrik dan India adalah salah satunya. Saya rasa tidak perlu meragukan kualitas dari mobil yang kami tawarkan karena setiap pabrik sudah memiliki standarisasi tinggi sehingga mutunya tetap terjamin. Untuk harga mungkin ada di sekitar Rp 700 jutaan,” tambahnya kemudian.

Tak hanya akan meluncurkan SUV 7 penumpang, Ia juga menegaskan komitmennya untuk meluncurkan beberapa SUV baru di tahun ini. Salah satu model yang paling dekat dengan waktu peluncurannya adalah Jeep Compass.

Mobil ini rencananya akan diluncurkan lebih dahulu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 mendatang. Rencananya, mobil dengan kapasitas lima orang penumpang tersebut akan dijual dengan harga Rp 600 jutaan.

Dengan banyaknya pilihan dan harga kompetitif, maka bukan tidak mungkin Jeep akan menjadi salah satu pilihan utama pecinta SUV di Indonesia. Kondisi tersebutlah yang diharapkan oleh PT DAS Indonesia Motor yang memang tengah berusaha untuk menjadi salah satu pilihan utama di segmen premium.

“Kami memang ingin melakukan gerakan yang agresif dan menjadi salah satu volume maker untuk segmen mobil premium di Indonesia. Tapi tetap tidak menghilangkan kesan mewah pada kendaraan kami,” pungkas Dhani Cahya.

Continue Reading

OTOMOTIF

Bukan untuk Kaum Mendang-Mending, Bugatti Rilis Meja Biliar Harga Rp4 M – Berita Otomotif

Bukan untuk Kaum Mendang-Mending, Bugatti Rilis Meja Biliar Harga Rp4 M – Berita Otomotif


STRASBOURG – Di era pandemi virus Corona (Covid-19) yang mempengaruhi ekonomi dunia, Bugatti merilis meja biliar supermahal yang pastinya bukan untuk kaum mendang-mending.

Pabrikan – pabrikan mobil mewah sering meluncurkan dan menjual aksesori atau produk non-otomotif berharga selangit. Termasuk Bugatti.

Pabrikan supercar dan hypercar asal Prancis tersebut, seperti dilaporkan Carscoops baru – baru ini, meluncurkan meja biliar spesial untuk orang – orang berduit di tengah pandemi Covid-19. Jumlahnya terbatas, hanya 30 unit.

Meja biliar bernama ‘Bugatti Pool Table’ ini diciptakan melalui kolaborasi dengan IXO. Menggunakan berbagai material istimewa, banderolnya setara rumah atau apartemen mewah.

 Bagaimana tidak, harga meja biliar Bugatti ini adalah 250 ribu euro atau sekitar Rp4,30 miliar (1 euro = Rp17.219,39).

“Merupakan suatu kesenangan bekerja sama dengan partner perakitan yang mencerminkan kualitas sebuah Bugatti. Melalui nilai – nilai yang kami bagi bersama, kami bisa yakin Bugatti Pool Table dibuat dengan material berkualitas amat tinggi, dengan standar tinggi sebuah produk edisi terbatas, juga dengan menggunakan teknologi maju,” ucap Stephan Winkelman, Presiden Bugatti.

Bugatti Pool Table

Meja biliar Bugatti diklaim memenuhi standar para pemain profesional. Produk dibuat dengan Computer Numerical Control (CNC) Machine dan menampilkan aluminium hasil polesan dan anodasi, kantung bola yang memperlihatkan material baja antikarat dan kulit mewah, sekrup – sekrup titanium, dan lain – lain.

Setiap unit disertai logo resmi Bugatti plus pelat unik yang bertuliskan nomor produksi dari 1 sampai 30, sesuai urutan penciptaannya.

Terdapat aksesori – aksesori tambahan yang ditawarkan tanpa biaya ekstra. Di antaranya ialah wall cue (gantungan tongkat biliar) dari bahan serat karbon yang memiliki layar 13 inci terintegrasi untuk menampilkan skor.

aksesori meja biliar Bugatti

Tentu saja, meja biliar Bugatti juga didesain agar bisa dipasang dan dimainkan di dalam kapal yacht milik para konglomerat yang tak merasa berat membelinya di tengah gangguan pandemi. Ada opsi sistem penyesuaian kaki – kaki yang diotaki sensor giroskop plus motor servo.

Alhasil, kaki – kaki dari meja biliar Bugatti dapat menyesuaikan diri dengan pergerakan kapal hanya dalam 5 milidetik. Penyesuaian tersebut diklaim bebas dari suara maupun getaran sehingga orang – orang berduit bisa tetap bermain biliar dengan asyik tanpa merasakan adanya gangguan. [Xan]

Continue Reading

OTOMOTIF

Pos Penyekatan Mudik Bertambah Jadi 381 Titik, Ini Lokasinya – Berita Otomotif

Pos Penyekatan Mudik Bertambah Jadi 381 Titik, Ini Lokasinya – Berita Otomotif


JAKARTA – Korlantas Polri resmi menambah titik penyekatan mudik pada Operasi Ketupat 2021.

Jika sebelumnya pos penyekatan hanya mencapai 333 titik, maka kini jumlah pos meningkat menjadi 381 titik penyekatan. Dengan bertambahnya jumlah titik penyekatan maka diharapkan tidak akan ada lagi pelanggaran larangan mudik oleh masyarakat.

“Sudah (dibangun pos), jadi ada 381. Evaluasi jalur alternatif ditambah lagi. Supaya rapat,” terang Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan.

Titik penyekatan tersebut telah tersebar di jalan arteri sepanjang Palembang hingga Bali. Penambahan titik penyekatan khususnya menyasar jalur alternatif. Penyekatan jalur alternatif dinilai sangat penting karena umum digunakan masyarakat saat mudik.

Pos Penyekatan Mudik

Secara terperinci, 381 lokasi penyekatan arus lalu lintas yang disiapkan Korlantas yaitu, 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah Sumatera Selatan. Ada juga 9 titik di wilayah Kepolisian Daerah Lampung, 16 titik di wilayah Kepolisian Daerah Banten, 14 titik di wilayah Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Lalu, 158 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Barat, 85 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Tengah, 74 titik di wilayah Kepolisian Daerah Jawa Timur. Kemudian, 10 titik di wilayah Kepolisian Daerah DI Yogyakarta, dan 5 titik di wilayah Kepolisian Daerah Bali.

Sementara itu, Irjen Istiono menegaskan bahwa setiap kendaraan yang melewati pos penyekatan akan diperiksa kelengkapan dokumen seperti surat ijin keluar masuk wilayah. Selain itu, di lokasi tersebut juga akan dilakukan pemeriksaan hasil tes antigen atau PCR terkait virus corona.

Bila ditemukan calon pemudik tidak dapat menunjukkan kelengkapan dokumen harus putar balik dan tidak bisa melanjutkan tujuan. Ia pun menegaskan bahwa tidak ada hukuman seperti tilang dalam pelanggaran ini.

“Hanya putar balik,” tegasnya kemudian.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah melarang mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021. Peraturan itu ditetapkan pemerintah lewat Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah. [Adi/Had]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close