Business is booming.

Nggak Pernah Berantem Sama Kekasihmu? Ini Pendapat Para Ahli | Keepo.me


Hubungan harmonis

Hubungan harmonis | www.elitedaily.com

Ini analisa para ahli tentang hubungan yang bebas dari pertengkaran!

Mendengar hubungan cinta tanpa bumbu pertengkaran sepertinya sesuatu yang sangat langka dan susah untuk dipercaya jika benar-benar ada. Sebuah survey dari Esure menunjukkan jika sepasang kekasih setidaknya bertengkar sebanyak 2.455 kali dalam setahun.

Fakta ini membuat mencari rahasia keharmonisan hubungan tanpa pertengkaran pun sepertinya sangat susah untuk didapat. Namun, sepertinya ini bisa saja terjadi jika hubungan itu memang didasarkan dengan kesepatakan untuk tidak bertengkar sejak awal.

Seorang ahli psikologi bernama Joshua Klapow, PhD., pernah mengungkapkan pendapatnya dalam The Kurre and Klapow Show, jika ada sepasang kekasih yang tidak pernah berantem dan beda pendapat, maka mereka berhasil mengungkapkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dalam situasi yang benar-benar dewasa dan terbuka satu sama lain.

Namun, itu bukan satu alasan saja. Ada beberapa alasan yang ternyata menjadi salah satu hubungan yang super harmonis itu.

1.

Memahami situasi konflik

Hubungan harmonis

Memahami konflik | unsplash.com

Pemahaman menjadi salah satu alasan kenapa hubungan bisa harmonis dengan sedikit sekali pertengkaran. Mengatur konflik dengan kepala dingin bukanlah sesuatu yang mudah, harus ada kerjasama dan kesepahaman yang terbangun dengan baik yang membuat konflik itu bisa dihindari.

Adanya pemahaman yang dewasa dalam menghadapi konflik menurut Klapow, bisa menghindarkan dari miskomunikasi dan mispersepsi yang sering terjadi dalam hubungan cinta.

2.

Berhasil menahan ego

Hubungan harmonis

Menahan ego | nytimes.com

Tidak butuh adanya pertengkaran dalam mengatasi setiap masalah merupakan hasil dari komunikasi yang berjalan baik dalam hubungan cinta. Namun, menjalin komunikasi ini dibutuhkan sesuatu yang sangat fundamental seperti menahan ego. Menurut Klapow, menahan ego ini bisa dikaranekan banyak hal, salah satunya karena memang ingin mengalah dan tidak ingin membuat suasana dipenuhi dengan bara api perdebatan.

Baca Juga: Inspirasi Gaun Pernikahan Adat Lengkap dengan Hijab, Glamor di Hari Bahagia

4.

Menghargai menjadi dasar hubungan mereka sejak awal

Hubungan harmonis

Menghargai pasangan | decider.com

Menghargai satu sama lain merupakan kunci keharmonisan. Kadang, diawal hubungan kita masih ‘tidak mengenal’ siapa pasangan kita baik dari pola pikir dan sifatnya. Namun, ketika pasangan ini sudah bersepakat dan menjadikan rasa saling menghargai menjadi salah satu pondasi hubungan mereka, setiap perdebatan tidak akan berjalan sengit dan cenderung ringan dan santai. Tidak ada teriakan, tidak ada tampang cemberut, hingga perasaan sakit hati.

Artikel Lainnya

Menjaga hubungan harmonis memang butuh kerja keras apalagi jika kita memiliki pasangan yang keras kepala dan temperamental. Memiliki hubungan cinta yang tanpa perdebatan pun kadang menjadi impian banyak orang, langgeng dan romantis.

Namun, jika itu memang susah tercipta, juga merupakan sesuatu yang wajar. Karena, tidak mudah menggabungkan pola pikir dua orang dalam sebuah komitmen hubungan cinta. Jika kamu merasa masih sering bersilang pendapat dan berdebat dengan pasanganmu, coba deh, pahami pandangan ahli diatas. Bukan tidak mungkin, hubunganmu akan makin harmonis dan semakin sedikit perdebatan yang terjadi.

Tags :